30 Hari Jadi Manfaat, Memberikan Takjil di Jalan Raya

30 Hari Jadi Manfaat, Memberikan Takjil di Jalan Raya

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” 
(HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098).

Ramadan siapa yang tidak senang menyambutnya, merupakan suatu moment khusus disediakan Allah Swt kepada kita semua. Karena bulan Ramadan memiliki banyak keutamaan yang tidak dimiliki bulan lainnya. Allah Swt menyediakan berbagai keutamaan ini kepada orang-orang yang memperbanyak ibadah di bulan Ramadan.

Inilah rahmat dan nikmat Allah swt yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya yang memanfaatkan moment ini dengan memperbanyak ibadah. 30 hari jadi manfaat untuk berbuat kebaikan dan harus bersyukur kepadaNya dengan dipertemukan dengan bulan Ramadan ini.

takjil-on- the-road

Banyak keistimewaan di bulan Ramadan ini yang pastinya kita semua sudah mengetahui, Bulan diturunkannya Al-Quran, amal sholeh yang pahalanya berlipat ganda, bulan penuh ampunan dan terdapat malam Lailatul Qadar, malam kemulian yang lebih baik dari 1000 bulan. Karena keistimewaan inilah kita harus benar-benar memanfaatkannya untuk selalu berbuat kebaikan

Berbagi Takjil Selama 30 Hari.

Nah aku mau cerita, kebetulan kegiatan sudah berjalan hampir 5 tahun dan berhenti karena pandemi kemarin. Awalnya ide ini muncul karena melihat jalan raya dekat rumah kami. Setiap jam pulang kantor selalu macet. Kemacetan itu terurai cukup lama.

30-hari-jadi-manfaat
Suasana setiap menjelang adzan maghrib
di Masjid Nurul Iman

Dan diantara kami berlima pernah mengalami terjebak di kemacetan terlebih lagi saat bulan puasa lupa membawa bekal. Posisi sedang membawa mobil tidak mungkin untuk minggir akhirnya menahan buka sampai tiba di rumah.

Akhirnya mulai nih kami, mengumpulkan uang pribadi masing-masing untuk membuat makanan kecil untuk takjil, membeli kurma, membuat makanan kecil dan membeli air mineral. Kadang kalau memang kita semua tidak sempat untuk membuat takjil, membeli di lingkungan rumah kami karena saat bulan ramadan banyak warung dadakan yang muncul yang dagang depan rumah mereka masing-masing. Dengan membeli dagangan mereka juga salah satu memberikan kebahagian.

Kesemuanya kami bungkus di dalam plastik agar mudah dibawa. Hampir 50 - 100 bungkus di minggu pertama bulan ramadan. Dibagikan mulai pukul 17:30 - sampai tiba waktu adzan maghrib. Kesemua pengendara yang lewat tanpa terkecuali.

 

Ternyata diluar dugaan banyak sumbangan yang masuk karena melihat kegiatan kami dan kebetulan memang kami membagikannya dekat masjid. Dari yang langsung memberikan nasi kotak, air mineral kurma bahkan ada yang memberikan uang cash.

Akhirnya uang amanah itu kami memperbanyak bungkusan takjil sampai menyediakan meja prasmanan yang berisi nasi kotak untuk ifthar orang-orang yang mampir untuk sholat maghrib.

Sempurnakan Puasa dengan Zakat

Kita semuanya bisa memanfaatkan momen Ramadan ini dengan berbuat kebaikan. Dan jadi manfaat untuk orang banyak, banyak amalan yang bisa kita lakukan bukan hanya memberi takjil di jalan. 

Bisa dengan sedekah, memberikan sumbangan ke masjid-masjid yang sedang dibangun dan lain-lain. Selain melakukan amalan wajib tentunya.

Nah salah satu rangkaian pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadan adalah menunaikan kewajiban berzakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal (harta), meskipun untuk zakat mal tidak harus di bulan Ramadan bisa dilakukan kapan saja setelah sampai nisab dan haulnya.

Zakat selain mengandung ibadah kepada Allah SWT juga merupakan ibadah sosial karena zakat berkaitan langsung dengan sesama manusia sehingga dengan menunaikan zakat akan memberikan dampak pada hubungan kemanusiaan.

Nah zakat fitrah ini jika diandaikan dengan orang berpuasa maka zakat adalah berbukanya orang berpuasa karena dilaksanakan di akhir puasa sebelum tiba hari raya Idul Fitri, meskipun demikian membayar zakat di awal atau pertengahan bulan Ramadan juga dibolehkan.

Kalau aku pribadi memilih di awal karena takut terlupa. Kalau sudah di akhir-akhir pasti akan sibuk dengan hal lainnya seperti persiapan mudik atau membuat olahan lebaran.

Ada cara mudah yang bisa kita pilih untuk membayar zakat fitrah salah satunya lewat Dompet Dhuafa. Pembayaran zakat fitrah dengan sejumlah uang saat ini dapat dilakukan dengan mudah secara online melalui ponsel atau handphone.

Pastinya kita sudah kenal dengan Dompet Dhuafa. Dompet dhuafa adalah lembaga amil zakat yang memiliki berbagai program kemanusiaan, seperti zakat, Infaq, shadaqah, wakaf, dan program lain yang ditujukan untuk memberikan manfaat dan mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa. 

Adapun untuk membayar zakat fitrah secara online lewat Dompet Dhuafa dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Tersedia cara pembayaran bisa melakukan, e-wallet dan transfer rekening.

Juga ada fitur yang memudahkan kita yang masih bimbang menghitung zakat fitrah yang wajib ditunaikan, yaitu fitur kalkulator zakat untuk menghitung besaran zakat fitrah yang harus dibayarkan.

Segera tunaikan zakat untuk menyempurnakan puasa. Dan terus berbuat baik di sisa Ramadan ini. Ada banyak ide kebaikan yang bisa kita buat. Kalau tidak bisa sendiri bisa dilakukan bersama teman-teman, saudara atau siapapun. Tidak harus menunggu punya uang banyak. Seperti yang aku lakukan bersama teman-teman hanya sebagai contoh kecil saja. Semoga bermanfaat ya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jadi Manfaat yang diselenggarakan oleh Dompet dhuafa.

lomba-blog-dompet-dhuafa



utieadnu

*Hadist berbuka puasa diambil dari https://kemenag.go.id/read/hikmah-sunnah-sahur-dan-berbuka-puasa

10 comments

Okti Li said...

Euforia Ramadan seolah masih terasa saja ya hingga sekarang ini. Berbagi takjil, infak dan shadaqah, duh belum acara buka puasa bersama
Semoga Ramadan tahun depan tetap bisa jadi manfaat. Aamiin...

Yuni Binti Saniro said...

Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah. Betapa beruntungnya orang yang memanfaatkannya untuk kebaikan. Seperti bagi-bagi takjil pada orang-orang yang nggak sempat membeli. Yah, terjebak macet bikin kita nggak sempat persiapan takjil kan.

mochferrydc said...

Memberikan manfaat bagi muslim lainnya bagian dari membangun hubungan sosial dengan manusia, program Dompet Dhuafa menginspirasi kebaikan.

ida said...

Masya Allah berbagi takjil di bulan Ramadhan perbuatan mulia luar biasa. Mengcopy paste amalan puasa orang2 yang menerima takjil. Barokallohu fikum...

Dee_Arif said...

Bulan Ramadhan adalah bulan oenuh keberkahan
Membuat kita selalu semangat berbagi kebaikan ya mbak
Termasuk bagi-bagi takjil di jalan

Fenni Bungsu said...

Membagikan hidangan saat di bulan Ramadhan kepada yang berpuasa, akan mendapatkan kebaikan luar biasa pastinya.
Semoga kita dapat bertemu lagi dengan bulan Ramadhan berikutnya ya mbak

Nanik nara said...

Salut mbak dan juga teman-teman, berawal dari mengumpulkan uang peribadi untuk memberikan takjil pada pengguna kendaraan. Pastinya sangat bermanfaat buat mereka yang bisa jadi rumahnya jauh, terjebak kemacetan pula, sehingga melewatkan waktu berbuka dengan masih berada di jalan.

Saya pun kemarin bayar zakar fitrah lewat online saja mbak. Dari aplikasi bebas memilih penyelenggaranya

nurul rahma said...

Salut bangeett!
Beneran euy, Ramadan itu bukan bulan biasa
makin semangat berbagi dan berbuat baik yaaa

Zakia Widayanti said...

Berbagi gini memang menyenangkan, apalagi bagi-bagi makanan untuk orang berbuka.

Sarieffe said...

Kegiatannya bermanfaat banget mba, terlebih memberi makan atau takjil untuk orang berpuasa ini nilainya sama dengan pahala puasanya ya mba. MasyaAllah