Tips Makanan Praktis, Sehat dan Hemat Selama Bulan Ramadhan


Tips Makanan Praktis, Sehat dan Hemat Selama Ramadhan
Hai semua bagaimana puasanya semoga selalu lancar ya?... oh iya sudah mulai pusing nih menyajikan makanan untuk berbuka dan sahur. Yang pasti tidak dong ya… karena bulan ramadhan ini istimewa begitu juga kita dalam memberikan asupan untuk keluarga baik itu untuk buka puasa dan sahur.

Nah pada tanggal 20 April kemarin kebetulan aku datang nih di acara The worthy Talk yang diadakan oleh Startconn Berjaya Komunikasi di bilangan Jakarta Selatan.

tips-makanan-sehat-praktis-dan-hemat

Temanya sangat menarik sekali yaitu tentang bagaimana cara kita semua memperhatikan kombinasi gizi yang baik, namun tetap bisa mengolah dari bahan-bahan yang terjangkau dengan cara mudah dan praktis agar puasa tetap lancar.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bisa melalui hari dengan bugar dan sehat dan tetap produktif. Hadir di acara tersebut Wahyu Kurniawan SKM, MKM seorang ahli gizi dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Solusi Menghidangkan Makanan di Bulan Ramadhan yang Sehat, Praktis dan Hemat

Menurut Bpk Wahyu, kalau dari sudut ilmuwan puasa itu merupakan intermittent fasting (diet puasa) , Apa itu intermittent fasting. Intermittent fasting adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun di antara waktu tersebut, kita masih dapat mengonsumsi minuman.

tips-makanan-sehat-praktis-dan-hemat-selama-bulan-ramadhan
Wahyu Kurniawan

Dibandingkan dengan istilah diet yang biasanya merujuk pada pengurangan atau pembatasan makan, metode intermittent fasting cenderung lebih mengatur kebiasaan makan kita .

Diet puasa tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau dikonsumsi, tetapi kapan makan dan kapan harus berhenti makan alias puasa. Kalau bulan ramadhan sudah jelas saat buka dan sahur kita makan selebihnya puasa sampai 12 atau 13 jam.

Manfaat Intermittent Fasting

Pada dasarnya berpuasa sendiri memiliki peran yang baik dalam kesehatan, lebih-lebih cara berpuasa sudah dikenal sejak lama untuk bertahan hidup.

Pola makan sehari-hari mungkin tidak beraturan karena sering makan di luar waktu makan atau melewatkan waktu makan. Dengan menjalani intermittent fasting, dapat memperbaiki atau membentuk perilaku makan yang lebih sehat.

Metode ini melatih ketahanan tubuh agar tetap dapat menjalankan fungsinya walaupun sedang tidak mengonsumsi makanan dalam periode tertentu.

Intermittent fasting juga membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan kolesterol karena tubuh melakukan pembakaran lemak lebih efektif saat berpuasa, serta membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan.

Dengan begitu, tubuh akan terbantu untuk melakukan peremajaan dan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Diet puasa turut membuat respons tubuh dalam melawan atau mencegah kerusakan organ.

Ada beberapa manfaat dari puasa ramadhan ini
  • Manajemen Berat Badan, ini sebenarnya bonus, dari menjalankan kewajiban berpuasa. Profil kesehatan kita menjadi membaik. Bisa memprosional kadar lemak tubuh kita.
  • Perbaikan dalam profil kesehatan diantaranya gula darah. Nah Ramadhan bisa menjadi salah satu cara yang bisa memantau gula darah
  • Memanage kadar lemak secara keseluruhan, baik itu kolesterolnya, HDl nya juga.
Bagaimana panduan makan yang baik, selama bulan Ramadhan?

Panduannya yaitu dengan berpacu kepada isi piringku, saat ramadhan waktu makan yaitu sahur, buka puasa, lalu makan besar di malam hari. 

Kombinasinya utamakan karbohidrat komplek yang tinggi serat sehingga rasa kenyangnya bisa tahan lama, kemudian lauknya harus berkualitas karena protein itu yang kemudian yang memperlama proses pencernaan sehingga rasa kenyang itu bisa lebih lama. Yang terakhir sayur dan buah.

Pada saat sahur yang harus dikonsumsi, pastikan karbohidrat komplek, lauknya ditambah dari yang biasanya kemudian sayur dan buah, nah disarankan buah yang mengandung air, seperti, semangka, melon dan pepaya. Tetapi tetap harus minum minimal 4 gelas. Saat sahur dan 4 gelas saat berbuka atur sedemikian rupa, dan senyaman mungkin agar cairan tetap terpenuhi.

Nah kalau buka puasa, jangan berlebihan boleh yang manis, awalnya harus dahulukan dengan cairan seperti minum jus, buah dan beri jeda, jangan makan besar karena tiba-tiba perut kosong nanti akan cepat terasa begah. Dengan kata lain (energi yang rendah, kalorinya yang banyak)

Untuk makan malamnya bisa disesuaikan waktunya bisa dari jam 8 sampai jam 10 malam, variasi makanan disesuaikan dengan keinginan kita tapi tetap jangan berlebihan.

Bergizi Tidak Harus Mahal

Kunci dari makanan bergizi itu tidak harus mahal, contohnya Salmon itu memang bagus tapi dari segi harga memang mahal. Padahal ada yang lebih murah dan mudah didapatkan contohnya saja ikan kembung kandungan protein sama-sama mempunyai keunggulan omega 3. Kemudian contoh lainnya daun kelor.

Dengan kita melakukan puasa ramadhan dengan baik mindfulness kita bisa melatih dan bisa mengukur apa yang kita konsumsi, kita jadi punya ambang batas untuk makan. Dan tentunya kesehatan kita akan terjaga.

tips-makanan-sehat-praktis-dan-hemat
Ibu Suci Maulana founder Startconn
dan Ibu Mullie (@myfunfooddairy)

Kemudian acara diakhiri dengan demo masak Ayam Kari yang menggunakan bumbu A1 produksi dari A. K. Koh Enterprise. dan peralatan masak dari Ace Hardware

A.K. Koh. Enterprise telah berdiri sejak tahun 1986. Saat ini, pabrik berlokasi di Johor, Kawasan Industri Senai 3. Perusahaan telah berpengalaman dan berinovasi inovasi dari metode tradisional hingga metode modern produksi otomatis oleh mesin.

Produknya berupa rangkaian produk baru dari A1 Soup Spices hingga serangkaian mie lezat. telah diekspor ke lebih dari 20 negara, termasuk Cina, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris Raya, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Makau, Singapura, Vietnam, Thailand, Brunei, Indonesia, Filipina, Kamboja, Myanmar dan negara-negara lain.

tips-makanan-sehat-praktis-dan-hemat

tips-makanan-sehat-praktis-dan-hemat
Mie A1 Laksa

Kemarin aku mencoba sahur masak Mie A1 Laksa ini nikmat dan lezat banget, mudah lagi buatnya. Nah produk sari A. K. Koh Enterprise ini bisa didapatkan di supermarket terdekat seperti Grandlucky SCBD, All Fresh Pluit, Jakarta Fruit Market dan Aeon Mall BSD  ataupun e-commerce, official store a1akkohofficial Shopee, miea1 Toko Pedia.  

Bisa banget nih untuk sahur atau buka puasa kareca cara membuatnya yang praktis dan dengan bumbu pilihan yang bermutu tentunya.

Ok deh semoga bermanfaat ya, tips makanan praktis, sehat dan hemat selama bulan ramadhan dan semoga puasa kita lancar.


utieadnu๐Ÿ˜Š

9 comments

Mpo Ratne said...

Kesukaan papa Mpo nih kari laksa. Enak gurih gurih dan praktis lagi.

April Hamsa | Mom Blogger said...

Puasa memang terbukti sangat bagus buat kesehatan tubuh ya mbak. Wah aku baru tau ada produk mie A1 Laksa ini kyknya kok porsinya gede dan menggoda selera. Kapan2 mau ah nyicipin.

Susi Susindra said...

Menu berbuka di rumah kami termasuk sangat sederhana. Malahan tak ada kolak atau es karena anak tidak suka. Porsinya standar atau lebih sedikit karena biasanya jam 9an makan lagi. Jadi tetap memasak untuk 3 kali makan.
Mi laksanya kelihatan sangat menggoda.

lendyagassi said...

Produk baru yang asik banget ini..
Gak hanya sehat tapi juga memenuhi kebutuhan di saat sahur dan berbuka puasa. Mau coba Laksa juga... So Yummy~

Abdul Aziz said...

Jadi pengen coba laksa, soalnya setiap berbuka lebih cenderung berbuka dengan yang ringan aja menunya

Fenni Bungsu said...

Selama berpuasa jaga pola makan memang harus tepat. Apalagi nih buat yang mau melanjutkan dengan puasa Syawal, bisa diterapkan juga

Nurul Mutiara R.A said...

Baru tahu ada mie instan yang laksa. Jadi pengen nyobain mbak. Kebetulan belum pernah ngerasain. Kayaknya sih unik di lidah ๐Ÿ˜

Siti nurjanah said...

Ketika menjalankan puasa penting bgt mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur maupun berbuka puasa.
Dan Pastikan juga memberikan nutrisi pada tubuh dengan makanan yang sehat dan berkualitas tinggi.
Wah..terlihat enak mie instan laksanya, porsinya terlihat cukup banyak dan mengenyangkan

Ade UFi said...

Lebih praktis lagi kalua sahur bergizi pakai mie instan A1 Ak Koh ya, Mba ๐Ÿ˜