Program JNE Goll Aborasi Bisnis Online Untuk Dukung UMKM

Program JNE  Goll Aborasi Bisnis Online Untuk Dukung UMKM Pasuruan
Hai semua semoga selalu sehat-sehat ya… eh iya mau tanya nich,, koleksi pakaian di lemari kamu mendominasi brand lokal atau brand luar… semoga brand lokal ya, karena dengan kita menggunakan produk lokal berarti kita telah ikut membantu UMKM untuk berkembang. Kok bisa,,,,, ? ini alasanya...

jne-goll-aborasi-bisnis-online

Seperti yang kita ketahui nih, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor penyumbang ikut terpengaruh saat kondisi pandemi seperti sekarang. Walau begitu, UMKM menjadi salah satu sektor penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar bagi Indonesia.

UMKM berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM, sektor UMKM pada tahun 2020, di mana UMKM menyumbangkan lebih dari 60 persen dari PDB nasional. Oleh karena itu, perlu adanya dorongan dan kolaborasi dari setiap pemangku kepentingan dan mitra untuk memajukan UMKM di tengah masa masih pemulihan pandemi ini.

Goll…Aborasi Bisnis Online

Dan salah satu kita sebagai orang terdekat pengguna dan pemakai. Harus mencintai produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM. Dan juga yang kini sedang dilakukan oleh JNE Express yang bekerja sama dengan MarkPlus, Inc, menggelar webinar bertajuk JNE Ngajak Online 2021 yang diadakan di 59 kota di seluruh Indonesia. Pasuruan menjadi kota kedua diadakannya gelaran webinar online ini.

Mengusung tema “Goll…Aborasi Bisnis Online” diharapkan webinar ini dapat memberikan suntikkan semangat bagi pelaku UMKM, khususnya di Pasuruan untuk bersaing di dunia digital, baik pada skala nasional maupun global.

Rencananya juga akan diselenggarakan di 60 kota di seluruh Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT kota-kota di Indonesia. Workshop akan diselenggarakan secara virtual dalam bentuk webinar. Hal ini dilakukan guna mendukung para pengusaha Magelang. Program berisi pelatihan gratis bagi pengusaha dan UMKM.

Tujuannya agar produk berkualitas yang dihasilkan dapat dipasarkan secara luas melalui langkah-langkah strategis di era digital. Dalam kesempatan ini JNE menghadirkan :
  • Muhammad Taufiqi Co-Founder Kelana Scarves.
  • Haris Prasetyo Owner dari Qrani Hijab
  • Dwi Setyaningsih Kepala Cabang JNE Pasuruan
jne-dukung-umkm
Narasumber goll aborasi bisnis online
UMKM Pasuruan

Strategi UMKM Saat Menghadapi Pandemi

Taufiqi berbagi cerita mengenai strateginya menghadapi tantangan Industri Fashion di Masa Pandemi secara online. Katanya ”Kita dulu hanya menjual hijab karena istri memiliki passion di bidang fashion,”

“Tidak seperti UMKM umumnya yang merasakan dampak negatif dari pandemi Covid, justru merasakan dampak baik. Karena pandemi kita buka toko offline, yang semula hanya online saja sehingga semuanya lebih teratur. Dulu full online dari semua marketplace, toko offline kami justru aman karena pandemi sangat berdampak di kota kota besar tapi tidak untuk di daerah kami.”

Sebagai sosok yang bergerak di industri fashion, dia menilai pentingnya memahami social media marketing dan juga trend fashion yang ada di masyarakat. Mulai belajar marketing dari seperti apa caranya menjual di Instagram, facebook dan WhatsApp itu seperti apa, selain itu juga belajar sosial media ads.

Sedangkan Haris juga akan memberikan kiat-kiatnya untuk tetap mengembangkan produk meskipun sempat diterpa pandemi. Dia bercerita soal perjalanan bisnisnya. “Awal saya bertemu calon istri, saya berkolaborasi dan mengembangkan produk hijab. Di bidang marketing saya menggunakan media sosial dan semua marketplace, Alhamdulillah dalam 2 bulan kita dapat menjual 1000 lebih.”

Haris juga percaya bahwa keunikan atau diferensiasi memainkan peranan penting “Nilai value sangat penting bagi brand kami, value kita yaitu kita bisa custom model dan warna apapun. Untuk mendapatkan Awareness yang lebih besar, kami menggunakan Facebook dan Instagram Ads, kita mempelajari sosial media marketing untuk meningkatkan bisnis kami

Dan Dwi Setyaningsih menyampaikan, “UMKM di Pasuruan memiliki potensi besar untuk berkembang apabila dapat memaksimalkan penjualan secara online. Karena itulah JNE hadir dan menyelenggarakan program webinar dengan tema “Goll..Aborasi Bisnis Online”.

‘’Guna memberikan inspirasi maupun pengetahuan kepada para pengusaha di Pasuruan dan sekitarnya. Ditambahkannya salah satu aktivitas yang terpenting dalam bisnis online adalah pengiriman, yang dapat menentukan keberhasilan suatu transaksi online. Mulai dari cara pengemasan paket, pemanfaatan produk layanan JNE sesuai kebutuhan, dan yang lainnya.”

Program untuk mendukung UMKM Pasuruan agar terus berkembang, JNE Pasuruan memberikan solusi bagi para UMKM Pasuruan seperti workshop gratis untuk para UMKM Pasuruan, tersedia juga layanan free pick up di berbagai wilayah.

Selain itu, JNE menghadirkan program apresiasi untuk loyal customer seperti member JNE Loyalty Card (JLC) yang mana para UMKM bisa mendapatkan hadiah menarik, dan promo diskon ongkir.

Katanya lagi “Kita sudah bekerjasama dengan brand lokal, 2 diantaranya yaitu narasumber kita hari ini untuk mewakili UMKM Pasuruan.”

Dan JNE Goll..Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan merupakan kota ke 10 dari webinar JNE Ngajak Online 2022, Goll…Aborasi Bisnis Online 2022 dari 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Pasuruan, gelaran roadshow ini akan hadir di Kota Jember.

Selain penjelasan mendalam mengenai strategi distribusi paket serta pemasaran pada trend digital, JNE juga memberikan berbagai fasilitas bagi peserta webinar. Diantaranya adalah bonus 10 poin bagi member pendaftar baru JLC dan 10 poin bagi peserta yang sudah terdaftar. Dalam webinar JNE Ngajak Online 2022 peserta juga akan mendapatkan sertifikat webinar.

Semoga ya dukungan JNE ini bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan jasa lainnya dan JNE tetap menjadi pioner dan terus berlangsung program JNE goll aborasi bisnis online untuk dukung UMKM ini.

Dan kita sudah saatnya dukung UMKM sekitar juga,  kalau bukan kita siapa lagi untuk membeli produk-produk mereka.

Semoga bermanfaat
utieadnu

13 comments

  1. Memang mutlak sih yaa di zaman now UMKM menggunakan dan mempelajari social media marketing. Rugi banget kalau tidak belajar.

    ReplyDelete
  2. Bagus juga cara JNE gandeng UMKM
    selain meningkatkan bisnis UMKM juga meningkatkan core bisnis mereka

    ReplyDelete
  3. Kerennya program JNE itu terus menerus berkesinambungan dari satu daerah ke daerah lain di Indonesia. Semoga manfaatnya gak hanya dirasakan oleh UMKM setempat, tapi juga mengalir ke UMKM daerah lain yang ikut terinspirasi dengan program Goll..Aborasi Bisnis Online 2022.

    ReplyDelete
  4. Keren ya JNE, nggak cuma fokus dengan kesuksesan sendiri di bidang jasa pengiriman, tapi mengajak pelaku UMKM untuk sukses juga dengan memberikan berbagai program untuk memajukan UMKM.

    Gimana caranya bisa ikut menyimak webinar program Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 yang diselenggarakan oleh JNE gini mbak? Kayaknya dilaksanakan di berbagai kota ya, kemarin saya baca ada yang di Cilegon, Jember dan sekarang di Pasuruan.

    ReplyDelete
  5. Wah pedagang2 online kudu manfaatin promo JLC nih supaya pelanggannya juga merasakan dampak baiknya. Pelanggan seneng, jualanpun laris yaa.
    Keren nih JNE sejak dulu selalu aktif bikin workshop ya, bahkan setelah suasana pandemi kondusif kyk sekarang juga menggandeng UMKM utk maju bareng2 :D

    ReplyDelete
  6. Pakai brand lokal menandakan bahwa produk Indonesia tidak kalah dari kualitas dan harga. Makin banyak umkm online bersama JNE maka ekonomi keluarga meningkat dan pengangguran berkurang

    ReplyDelete
  7. Salut dengan JNE, gencar memberikan dukungan pada UMKM. Kalau programnya berkelanjutan, terus diadakan dan semakin meluas, akan ada banyak UMKM terbantu usahanya, menjadi berkembang, maju, dan melesat jauh.

    ReplyDelete
  8. Senang dan salut baca ini
    Apa yang dilakukan oleh JNE ini sangat inspiratif
    JNE membantu UMKM agar bisa berkembang di era digital seperti ini ya mbak

    ReplyDelete
  9. JNE konsisten ya buat terus mendukung UMKM lokal. Sinergi sesama usaha lokal gini nih yang memperkuat perekonomian negara, insyaallah...maju bersama, berubah bersama.

    ReplyDelete
  10. UMKM saat sedang lesu akibat pandemi gini memang butuh suntikan semangat (dan mungkin dana juga :) ), ya. JNE melalui acara dengan tema Goll...Aborasi Bisnis Online jadi salah satu penyemangat itu. Semoga diikuti oleh pihak-pihak lain ya Mbak. Dan UMKM Indonesia akan semakin berjaya. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. Belajar internet marketing memang penting ya mbak, buat beradaptasi dengan keadaan sekarang yang semuanya sudah go digital. Keren JNE, memberi manfaat untuk para UMKM dengan webinarnya

    ReplyDelete
  12. Yap ini nih yang dibutuhkan oleh UMKM di Indonesia. Kesempatan untuk berkolaborasi dan meningkatkan exposure brand. Semoga bangkit semua ya pasca pandemi ini, aamiin YRA.

    ReplyDelete
  13. JNE konsisten ya buat terus mendukung UMKM lokal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏