Sunday, 27 January 2019

Tips Mempesiapkan Dana Pendidikan untuk Anak



Assalamualaikum,,,

Setiap anak membawa rezekinya tersendiri, pasti pernah mendengar kata-kata bijak seperti itu iya moms… akan tetapi rezeki yang telah ditetapkan tidak akan didapat kalau kitanya hanya diam dirumah tanpa berusaha dan mempersiapkannya semaksimal mungkin. Ketika anak lahir tentunya menjadi tanggung jawab kita sebagai orang tua mempersiapkan masa depannya, dari saat anak lahir memberikan nutrisi yang baik agar tumbuh optimal kemudian mempersiapkan pendidikannya agar kelak bisa bertahan dilingkungannya.

Kapan waktu yang tepat mempersiapkan dana pendidikan buat anak? Jawabannya tentunya sejak dini pada saat dia lahir tentunya kita sudah harus mempersiapkan semuanya, Seperti kita ketahui setiap tahun harga pendidikan di Indonesia meningkat sampai 25% pertahunnya, bisa dibayangkan saat anak kita nanti kuliah berapa besar biaya yang harus kita keluarkan, ada beberapa tips yang akan saya berikan bagaimana sebaiknya mempersiapkan dana pendidikan untuk anak?

Tips Mempesiapkan Dana Pendidikan untuk anak

Merencanakan Tabungan Pendidikan.
Nah ini biasanya kita dapat lakukan dengan membuka rekening tabungan khusus bagi sikecil, yang nanti akan kita ambil pada saat membutuhkannya. Ingatlah untuk memasukkan sejumlah uang secara teratur setiap jangka waktu tertentu misalnya setiap minggu atau setiap bulan. Berupayalah untuk menaikkan jumlah penyetoran dari waktu ke waktu agar bisa memenuhi target simpanan yang dikehendaki.

Deposito
Pilihan yang lain adalah deposito, kalau tabungan untuk anak mungkin uang yang akan kita peroleh tetap adakalanya sedikit berkurang karena biaya administrasi. Pilihan yang menarik adalah deposito. Deposito memang menawarkan cukup banyak kelebihan termasuk bunga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya. Namun ingat, deposito memiliki tenggang waktu dalam pengambilan dan penyetoran, sehingga uang yang ada tidak bisa diambil setiap waktu, tidak seperti rekening tabungan biasa.

Investasi Tanah atau Rumah
Untuk memliih jenis investasi ini memang diperlukan jumlah uang yang banyak akan tetapi sama halnya dengan biaya pendidikan investasi tanah dan rumah setiap tahunnya naik dan bisa hampir 100% per tahunnya, akan tetapi sebelum membeli jenis investasi ini perhatikan tata kota atau lokasi. Jangan sampai tanah yang kita beli terkena jalur hijau dari pemerintah.

Investasi Emas/Logam Mulia
Ini pilihan aman sayapun memilih investasi ini dikarenakan resiko untuk berkurangnya sangat sedikit dan bisa kita jual kapanpun ketika kita membutuhkannya.

Asuransi Pendidikan.
Dan terakhir adalah pilhan yang bijaksana dan wajib kita lakukan, karena asuransi pendidikan bersifat untuk kemaanan yang nantinya kelak akan bermanfaat buat anak-anak. Seperti yang ditawarkan oleh HappyOne.Id yaitu HppyEdu yang manfaat dan kegunaannya sangan banyak, cara keikutpesertaanyapun sangat mudah, polis dapat dikirim langsung ke email yang kita daftarkan. Dan anak-anak sudah bisa didaftarkan di usia 1 tahun.

HappyEdu
Memberikan perlindungan utama berupa santunan biaya pendidikan untuk anak apabila Tertanggung Utama meninggal dunia karena kecelakaan. untuk biaya pertanggunagan  dan preminya fleksible kita yang menentukan sendiri 

Dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu:
  • Santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan akibat kecelakaan.
  • Santunan rawat inap di rumah sakit akibat kecelakaan (minimal 5 hari dirawat berturut-turut).
  • Tunjangan kehilangan pendapatan karena cacat tetap keseluruhan.
  • Santunan biaya pemakaman
Syarat dan Ketentuan Umum
  • Berlaku 24 (dua puluh empat) jam sehari di manapun di seluruh wilayah teritorial Republik Indonesia atas risiko kecelakaan diri yang tidak dikecualikan dalam polis
  • Diperuntukkan bagi usia lebih dari 17 hingga 64 tahun.
  • Periode asuransi berlaku selama 1 tahun.
  • Memiliki anak kandung yang sah secara hukum usia 1 – 21 tahun.
HappyEdu Micro
Asuransi Mikro yang memberikan perlindungan berupa santunan biaya pendidikan untuk anak apabila Tertanggung Utama meninggal dunia karena kecelakaan, tunjangan perlengkapan sekolah apabila Tertanggung Utama meninggal dunia karena kecelakaan, dan santunan biaya pemakaman karena kecelakaan.

Syarat dan Ketentuan Umum
  • Berlaku 24 (dua puluh empat) jam sehari di manapun di seluruh wilayah teritorial Republik Indonesia atas risiko kecelakaan diri yang tidak dikecualikan dalam polis
  • Diperuntukkan bagi usia lebih dari 17 hingga 64 tahun.
  • Periode asuransi berlaku selama 1 tahun.
  • Memiliki anak kandung yang sah secara hukum usia 1 – 21 tahun.
Jadi, perlu bangetkan untuk mempersiapkan dari sedini mungkin dana pendidikan untuk anak kita, semoga tips-tips yang diatas bermanfaat ya, jangan sampai kita sebagai orang tua terlambat  dalam memulai penyiapan dana pendidikan itu sendiri kemudian langkah yang diambil. meminjam uang untuk membayar pendidikan anak. Kalau misalkan uang yang dipinjam tergolong kecil, maka bisa jadi hal ini tidak akan berdampak buruk, namun bila jumlah uang yang dipinjam tergolong besar, maka perlu berhati-hati mengenai sistem pembayarannya dikemudian hari.

Semoga bermanfaat ya.

No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏