Thursday, 15 August 2019

Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Anak-anak kita

Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Anak-anak kita 

Pendidikan adalah modal dasar bagi anak-anak kita kelak, kadang begitu besarnya biaya pendidikan sampai orangtua rela mengeluarkan biaya yang besar untuk memberikan kualitas pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Hampir setiap tahunnya di Indonesia terutama, biaya pendidikan semakin meningkat dan itu biasanya seiring kenaikan inflansi. Kadang begitu melihat anggaran rencana biaya sekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi membuat kita terhenyak dan berguman,, “bisa tidak ya,, saya sebagai orangtua memberikan pendidikan yang layak buat anak-anak saya?’.

Tetapi semua itu ada solusinya jika kita telah merencanakan dari awal sebelum anak-anak kita memasuki usia sekolah yaitu asuransi pendidikan. Mengapa harus dari awal?, agar premi yang ditanggung lebih murah mengingat jangka waktunya lebih panjang. 

Saya memiliki dua anak kebetulan sekarang mereka duduk dibangku SMP, laki-laki dan perempuan, yang laki-laki kelas 9 sedangkan yang perempuan kelas 7. Untuk asuransi pendidikan saya mengambil jangka waktu 18 tahun, dan biaya ini untuk dipergunakan biaya pendidikan ketika mereka masuk perguruan tinggi. Dan untuk membayar preminya agar tidak terlalu memberati saya memilih premi secara auto debit dari tabungan perbulannya.
asuransi pendidikan

Sedangkan untuk biaya pendidikan saat ini saya menyisihkan dari pembagian gaji perbulannya yang telah dipos-poskan sebelum dikeluarkan. Mengapa saya memaksakan diri untuk ikut asuransi pendidikan anak? tentunya ada beberapa alasan yang memang kita tidak tahu kedepannya nanti apa yang terjadi dengan kita sebagai orangtua. Walaupun kita berharap dapat menyaksikan mereka tumbuh besar, dewasa dan sukses. Terkena musibah, kecelakaan, atau kematian yang tentunya pasti dan kita tidak tahu kapan. Sehingga anak-anak tidak akan mengalami kesulitan dalam membiayai sekolah sampai jenjang yang dicita-citakan.

Nah, dalam mememilih asuransi pendidikan hal yang perlu diperhatikan adalah asuransi yang mempunyai manfaat ganda atau istilahnya dwiguna. Yaitu asuransi yang bersifat tabungan bukan proteksi artinya jika pemegang polis meninggal ditengah jangka waktu polis belum berakhir seluruh biaya pertanggungan pendidikan yang disepakati dari awal akan diganti penuh. Sedangkan kalau proteksi katanya hanya mengganti biaya bila di jangka waktu terjadi musibah baru dibayar jika tidak terjadi musibah tidak dibayar.

Intinya kita harus tahu dulu dan memilih asuransi pendidikan yang tepat buat anak-anak kita. Walaupun tidak bermanfaat sekarang asuransi akan bermanfaat jika suatu saat kita membutuhkan layaknya seperti payung. Penting bagi orangtua seperti kita untuk memiliki asuransi pendidikan agar masa depan pendidikan anak terjamin.

Sebenarnya ketika kita sudah berkeluarga, ada banyak hal yang harus dipikirkan serta dipersiapkan, bukan hanya soal pendidikan dan masa depan anak tetapi seluruh ruang lingkup keluarga menjadi urusan kita sebagai orang tua. Terlebih memang yang menjadi konsen utama menyangkut urusan anak-anak dari biaya yang paling kecil, terencana hingga ada biaya yang tidak terduga.
asuransi pendidikan

Kita sebagai orangtua terlebih ibu harus benar-benar bisa mengatur keuangan dan itu menjadi hal yang sangat penting. Kita harus bisa siap menerima keadaan yang akan terjadi nantinya dan dalam kondisi apapun. Sepertil ituah yang asuransi tawarkan, memilih asuransi merupakan solusi bagi kita agar bisa mengatur keuangan keluarga lebih bermanfaat.

Dengan memiliki asuransi intinya keluarga kita akan lebih terlindungi dimasa-masa yang mungkin nanti kondisi sulit yang tiba-tiba datang. Jadi bagaimana teman masih ragukah untuk mendaftarkan asuransi pendidikan untuk masa depan anak-anak kita?

Semoga bermanfaat,,
Utie Adnu

18 comments :

  1. Aku juga punya nih asuransi pendidikan, karena awal buka dulu emang tujuan untuk kebutuhan pendidikannya Kelvin sih. Karena tau sendiri deh sekarang biaya pendidikan lumayan juga.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya kalau sudah berkeluarga saya juga akan menganggarkan pos keuangan untuk memiliki asuransi pendidikan anak, mbak.

    ReplyDelete
  3. Untuk manfaat jangka panjang, memiliki asuransi sangat penting ya mak, terutama asuransi pendidikan anak, apalagi makin lama biaya pendidikan makin mahal, jadi harus dipersiapkan, istilahnya sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete
  4. Asuransi pendidikan utk anak salah satu bentuk tanggung jawab ortu juga ya mbak. Kira2 ada ngak ya mbak yg syariahnya? Seringnya klo mau ikut asuransi sering galaunya di situ,takut terkena riba hehe...

    ReplyDelete
  5. Asuransi pendidikan emang penting bgt direncanakan. Krn penting bgt utk masa depan anak2 kita. Dan emang lebih enak didebet dari tabungan kita ya, jadi gak repot.

    ReplyDelete
  6. Punya proteksi buat keluarga terutama anak-anak penting juga ya, tapi sebagai kelapa keluarga juga harus punay proteksi lebih.
    Asuransi yang mmeberikan perlindungan ganda lebih enak jadi selain ada perlindungan juga ada manfaat lainnya ya

    ReplyDelete
  7. Urusan asuransi pendidikan jadi concern aku sama pak suami. Dari awal Darell ku daftarin asuransi pendidikan, tujuannya sih biar bisa nabung sekalian buat kebutuhan sekolahnya. Meski paham betul rejeki Allah yang atur, hanya ini dilakukan semata sebagai persiapan aja

    ReplyDelete
  8. Saya setuju banget kita memiliki asuransi apalagi asuransi pendidikan. Ini salah satu asuransi wajib disamping kesehatan. Kalau udah ada ini, hati bisa tenang karena uang untuk sekolah anak sudah aman.

    ReplyDelete
  9. Setuju aku kak, kalau biaya pendidikan makin lama, makin melambung tinggi biayanya.. Aku pun sudah ada niatan untuk membuka asuransi, InshaAllah tahun depan targetku sudah mempunyai asuransi pendidikan buat anak-anakku

    ReplyDelete
  10. Benar mba biaya pendidikan anak2 hrs dipersiapkan dgn asuransi salah satunya, alhamdulillah sy udah asuransi pendidikan anak2, walaupun kerasa beratnya tiap awal bulan hhaha

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah aku sudah gunakan asuransi pendidikan untuk anak mba. Dan smoga itu salah satu ikhtiar terbaik. Aamiin

    ReplyDelete
  12. Setuju mba Utie.. dana pendidikan ini memang salah satu yang diutamakan buatku dan keluarga.. bagaimanapun dana pendidikan menjadi sangat penting jaman ini

    ReplyDelete
  13. Biaya pendidikan makin kesini makin mahil ya mba, buat masuk SD aja abis besar apalagi nanti semoga juga dengan prepare asuransi bisa ringan y mba

    ReplyDelete
  14. Memgelola risiko dengan mengalihkan sebagian ke asuransi merupakan upaya kita sebagai orang tua agar buah hati mendapatkan perlindungan pendidikan terbaik...

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata asuransi pendidikan penting juga, ya. Selama ini belum mikir ke sana, sih. Tapi keknya memang musti punya. Buat persiapan :)

    ReplyDelete
  16. Anak sulungku udah punya asuransi pendidikan yang proteksi ganda nih. Yang akan tetap cair asuransinya jika di tengah2 masa pertanggungan terjadi sesuatu kepada pemegang polisnya

    ReplyDelete
  17. Perlindungan anak sejak jauh jauh hari ya mba. Aku belum ngasuransiin pendidikan anak dll nih. Galau aku jadinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ