Thursday, 15 August 2019

Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Anak-anak kita

Asuransi Pendidikan untuk Masa Depan Anak-anak kita 

Pendidikan adalah modal dasar bagi anak-anak kita kelak, kadang begitu besarnya biaya pendidikan sampai orangtua rela mengeluarkan biaya yang besar untuk memberikan kualitas pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Hampir setiap tahunnya di Indonesia terutama, biaya pendidikan semakin meningkat dan itu biasanya seiring kenaikan inflansi. Kadang begitu melihat anggaran rencana biaya sekolah hingga ke jenjang perguruan tinggi membuat kita terhenyak dan berguman,, “bisa tidak ya,, saya sebagai orangtua memberikan pendidikan yang layak buat anak-anak saya?’.

Tetapi semua itu ada solusinya jika kita telah merencanakan dari awal sebelum anak-anak kita memasuki usia sekolah yaitu asuransi pendidikan. Mengapa harus dari awal?, agar premi yang ditanggung lebih murah mengingat jangka waktunya lebih panjang. 

Saya memiliki dua anak kebetulan sekarang mereka duduk dibangku SMP, laki-laki dan perempuan, yang laki-laki kelas 9 sedangkan yang perempuan kelas 7. Untuk asuransi pendidikan saya mengambil jangka waktu 18 tahun, dan biaya ini untuk dipergunakan biaya pendidikan ketika mereka masuk perguruan tinggi. Dan untuk membayar preminya agar tidak terlalu memberati saya memilih premi secara auto debit dari tabungan perbulannya.
asuransi pendidikan

Sedangkan untuk biaya pendidikan saat ini saya menyisihkan dari pembagian gaji perbulannya yang telah dipos-poskan sebelum dikeluarkan. Mengapa saya memaksakan diri untuk ikut asuransi pendidikan anak? tentunya ada beberapa alasan yang memang kita tidak tahu kedepannya nanti apa yang terjadi dengan kita sebagai orangtua. Walaupun kita berharap dapat menyaksikan mereka tumbuh besar, dewasa dan sukses. Terkena musibah, kecelakaan, atau kematian yang tentunya pasti dan kita tidak tahu kapan. Sehingga anak-anak tidak akan mengalami kesulitan dalam membiayai sekolah sampai jenjang yang dicita-citakan.

Nah, dalam mememilih asuransi pendidikan hal yang perlu diperhatikan adalah asuransi yang mempunyai manfaat ganda atau istilahnya dwiguna. Yaitu asuransi yang bersifat tabungan bukan proteksi artinya jika pemegang polis meninggal ditengah jangka waktu polis belum berakhir seluruh biaya pertanggungan pendidikan yang disepakati dari awal akan diganti penuh. Sedangkan kalau proteksi katanya hanya mengganti biaya bila di jangka waktu terjadi musibah baru dibayar jika tidak terjadi musibah tidak dibayar.

Intinya kita harus tahu dulu dan memilih asuransi pendidikan yang tepat buat anak-anak kita. Walaupun tidak bermanfaat sekarang asuransi akan bermanfaat jika suatu saat kita membutuhkan layaknya seperti payung. Penting bagi orangtua seperti kita untuk memiliki asuransi pendidikan agar masa depan pendidikan anak terjamin.

Sebenarnya ketika kita sudah berkeluarga, ada banyak hal yang harus dipikirkan serta dipersiapkan, bukan hanya soal pendidikan dan masa depan anak tetapi seluruh ruang lingkup keluarga menjadi urusan kita sebagai orang tua. Terlebih memang yang menjadi konsen utama menyangkut urusan anak-anak dari biaya yang paling kecil, terencana hingga ada biaya yang tidak terduga.
asuransi pendidikan

Kita sebagai orangtua terlebih ibu harus benar-benar bisa mengatur keuangan dan itu menjadi hal yang sangat penting. Kita harus bisa siap menerima keadaan yang akan terjadi nantinya dan dalam kondisi apapun. Sepertil ituah yang asuransi tawarkan, memilih asuransi merupakan solusi bagi kita agar bisa mengatur keuangan keluarga lebih bermanfaat.

Dengan memiliki asuransi intinya keluarga kita akan lebih terlindungi dimasa-masa yang mungkin nanti kondisi sulit yang tiba-tiba datang. Jadi bagaimana teman masih ragukah untuk mendaftarkan asuransi pendidikan untuk masa depan anak-anak kita?

Semoga bermanfaat,,
Utie Adnu

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ