Thursday, 29 August 2019

Balapan dengan Mobil Yaris Kenapa Tidak?

Balapan dengan Mobil Yaris Kenapa Tidak?
Mobil yaris keluaran Toyota Team yang menyasar pasaran anak muda, tampil lebih terlihat lebih sporty ketika dipakai balapan, apalagi perpaduan warna merah putih hitam terlihat keren sekali. Yaris merupakan hatctback yang mempunyai banyak keunggulan, selain nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari kata Bpk. Dimas Aska selaku perwakilan Toyota Astra Motor diacara Viva Talk Life, Unleash Your Fun di Jakarta. Mobil ini juga mempunyai kemampuan terbaik di lintas balapan. 

Terbukti menjadi terdepan ketika di ajang Toyota Gazoo Racing di sirkuit Fuji. Pada kelas ini, spesifikasi mobil digunakan relatif standar sama seperti yang dipasarkan pada umumnya dengan modifikasi standart. Berbekal mekanis 2NR-FE 1,5 liter dual VVT-i, yaris mempunyai tenaga 107 PS dan torsi 140Nm.
Mobil yaris

Fitur Keselamatan Toyota Yaris Terbaru
Bpk Dimas melanjutkan yaris kini dibekali dengan beberapa fitur canggih dan handal. Salah satunya yaitu pengereman yang sudah berteknologi ABS, EBD, dan BA. Tidak hanya soal pengereman. Yaris juga dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC) untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung.

Ada juga fitur Hill-Start Assist (HSA) untuk memudahkan kendali kendaraan di tanjakan. Fitur keselamatan lainnya yaitu tersedia airbag di tujuh titik dan jok ISOFIX, juga kenyamanannya dilengkapi menggunakan transmisi CVT paddle shift sehingga sangat nyaman sesuai dengan jalan di Indonesia, yang banyak tanjakan, menurun, berbelok apalagi kalau di Jakarta banyak polisi tidurnya.
Mobil yaris

Hadir juga Demas Agil pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) di kelas Touring mengatakan berkompetisi dengan mobil yang memiliki spesifikasi dan kelas mesin yang berbeda ternyata cukup mudah. Ada strategi yang jitu dan konfigurasi mobil yang tepat untuk dapat memenangkan balapan, memacu performa yaris secara maksimal dalam bersaing dengan mobil balap lain ternyata bisa dan menjadi yang terdepan.

Demas agil menjadi pembalap di Toyota Team sudah sejak 6 tahun silam, yang sebelumnya di gokart ini, mengakui bahwa dunia balap Indonesia cukup berkembang pada 3 taun terakhir. Yaris menjadi andalan, karena unggul dari sisi kenyamaman, irit dan fun digunakan sehari-hari maupun balapan, dengan mesin N2R cukup efisien dan berperforma keren.

Ketika saya foto dengan mobil yaris baru tahu banget kalau mobil buat balapan itu kosong ternyata untuk mengurangi beban agar bisa berlaju cepat. Seperti apa sih bentuk dan hasil modifikasi spek balap yang terdapat pada yaris ini?
Mobil yaris

Bodi sedikit lebih lebar atau gemuk
Mobil balap, pasti bagian bodi dirubah total pada seluruh bagian, mulai dari bemper depan, side skirt, juga bemper belakang, dan spoiler/ducktail. Perubahan ini memang tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan yaris versi standar. Tentu ini dimaksudkan untuk meningkatkan stabilitas dan mengurangi angin yang masuk lewat bawah mobil saat melaju kencang.

Mobil dengan warna sporty
Mobil-mobil balap TTI memiliki desain livery yang sama pada tiap mobilnya, yakni menggunakan varian modern stripe dipadu dua warna, yaitu merah dan hitam, yang melapisi warna dasar putih dari mobil. Terdapat juga beberapa stiker sponsor, serta nomor pembalap. Biasanya stiker ditempel sebagai bentuk menghargai pihak-pihak yang bekerja sama dan terlibat dengan tim balap ini
Mobil yaris

Interior kosong
Nah ini ketika saya membuka pintu mobil ternyata interiornya kosong, jok yang tersisa hanyalah untuk pengemudi. Biasanya, interior pada mobil balap dibuat kosong seperti ini karena pengurangan beban sehingga mobil bisa melaju lebih gesit. Tidak lupa, bagian interior juga dilengkapi dengan roll bar, full dari depan sampai belakang. Roll bar ini berfungsi untuk mencegah atap mobil agar tidak ringsek saat mobil mengalami kecelakaan sampai terguling. Ini juga termasuk salah satu bentuk pengaman bagi pembalap.
Mobil Yaris

Selain itu, untuk pengaman terdapat juga tabung pemadam api di sebelah jok pengemudi. Pada bagian dasbor, mulai dari setir, speedometer, dan instrumen lainnya sudah menggunakan spek balap, seperti gauge yang menunjukkan temperatur mesin, tekanan oli, dan lainnya. Jok juga sudah menggunakan bucket seat, yang lebih enteng dibanding jok standar, juga mampu melindungi pembalap dengan lebih erat agar tidak mudah terguncang saat melaju dengan kecepatan tinggi.
Mobil yaris

Velg/ban lebih pendek
Katanya kalau mobil balap pasti suspensi sudah dirubah dengan yang lebih pendek. Biasanya menggunakan coilover agar bisa diatur tinggi rendahnya, sesuai medan balap yang dilalui nanti. Agar meningkatkan daya rigid upaya lebih stabil.

Velg yang digunakan berikuran 15 - 16 inchi, menggunakan yang racing dan ringan, juga tentunya menggunakan ban khusus untuk balap. Dan ini dimaksudkan untuk membuat mobil agar dapat bergerak lebih lincah dan stabil.
Mobil yaris

Knalpot racing
Menggunakan knalpot racing full system. Ini ditujukan untuk melancarkan pembakaran dari mesin sehingga dorongan tenaga yang dihasilkan lebih besar.

Mesin Mobil 
Pastinya tidak diragukan, sayang kemarin kap mobilnya tidak dibuka padahal mau di foto, mau tahu apa tipe mesinnya, yang pastinya spesifikasi mesin sedikit berbeda dari versi standarnya, tentunya itu juga merupakan rahasia dari Toyota Team agar kemampuan balapnya tidak mudah ditiru dengan pesaing mobil balap lainnya.
Mobil Yaris
Pict by team viva
So,, mobil yaris ini karya anak bangsa, pabriknya di Kerawang tentunya kita patut berbangga bahkan katanya ada spesifikasi mesin yang di ekspor untuk digunakan diluar ujar Bpk Dimas mengakhiri pembicaraanya. 

Acara ini bemanfaat sekali bisa melihat mobil yaris dari dekat dan melihat interior dalamnya yang biasanya saya hanya melihat mobil balap di televisi dan di pameran mobil di ICE BSD kemarin, ada mobil yaris tipe balap juga dipamerkan. Jadi balapan pakai mobil yaris kenapa tidak? Performanya keren dan sudah terbukti di arena balap nasional maupun internasional.

Semoga bermanfaat ya
Utieadnu

No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ