Wednesday, 21 August 2019

Tips Membangun Kedekatan Bersama Anak

Tips Membangun Kedekatan Bersama Anak
Hai.. Mom’s, masih ingat tanggal 23 Juli 2019 kemarin adalah merupakan hari yang penting bagi anak-anak Indonesia, yaitu Hari Anak Nasional yang ke-35. Awal mulainya hari anak nasional ditetapkan oleh Presiden RI ke-2 Bpk Soeharto, melalui kepres No.22 tahun 1984 yang isinya Anak-anak dianggap sebagai aset penting. Anak harus dilindungi untuk kemudian menjadi penerus bangsa.

Tentunya termasuk anak-anak kita ya mom’s mereka calon penerus bangsa bukan tidak mungkin diantara mom’s yang membaca blog saya kelak menjadi pemimpin-peminpin negeri ini. Agar anak-anak tumbuh menjadi generasi yang cerdas, sehat dan tentunya berpendidikan. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi orangtua. Bagaimama membentuk anak-anak sukses dan maju.
panduanbunda

Ada hal-hal yang saya lakukan setiap hari dirumah mungkin bisa bermanfaat agar anak-anak kita merasa nyaman dan bahagia tentunya. Orangtua menjadi teman yang asik untuk anak-anak. Hal yang utama adalah kedekatan kita mom’s dengan anak sangat berarti. Kebersamaan kita bersama sikecil merupakan moment yang akan diingat sepanjang hayatnya kelak. 

Katanya kedekatan anak dengan orangtua adalah fondasi penting bagi tumbuh kembang anak. Kelekatan, kehangatan dan rasa cinta kasih kita dapat mencegah perilaku yang tidak baik saat anak tumbuh dewasa. Kedekatan yang dijalin oleh orangtua kepada anak sejak dini juga, akan berguna dalam pembentukan karakter anak-anak, dan akan mempengaruhi kecerdasan si anak. Seiring dengan pertumbuhan anak, ikatan emosional ini dapat berkembang melalui beberapa hal yang dapat kita lakukan bersama mereka sehari-hari.

Tips Membangun Kedekatan Bersama Anak
Membacakan dongeng ketika tidur
Dari usia anak saya 2 tahun ketika dia mulai bisa bicara, mendongeng adalah hal rutinitas yang dilakukan setiap malam. Karena dengan mendengarkan dongeng daya imaginasi anak-anak akan berkembang. Dengan bertambahnya daya imaginasi tentunya perkembangan otak anak akan juga bertambah. Oh iya tentunya sebelum mendongeng rutinitas sebelum tidur selalu saya lakukan bersama seperti mengogosok gigi dan berwudhu.

Melibatkan kegiatan membantu orangtua
Membangun kedekatan dengan anak tidak berarti membuat si anak hanya berdiam diri dilayani semua kebutuhannya. Anak tetap harus diberi kesempatan untuk melakukan aktivitas harian, seperti belajar makan sendiri, mandi sendiri, toilet learning, menyiram tanaman, menyiapkan makanan bersama, sampai ikut mengangkat baju. Manfaat banyak sekali tentunya bisa melatih kemandirian dan disiplin juga. Dan saya selalu mnyelipkan kata-kata pujian dan ucapan terimakasih ketika anak-anak menyelesaikan tugas.nya

Bermain bersama anak
Mom’s tentunya kita tahu pasti sudah memahami betul bahwa dunia anak-anak adalah bermain. Kegiatan itu memiliki peran penting untuk tumbuh kembangnya. Biarkan anak-anak bermain dengan teman sebaya karena akan ada banyak manfaatnya antara lain, meningkat komunikasi anak, belajar bersosialisasi, menambah pengalaman juga bisa meningkat kepercayaan diri anak. Tentunya tidak harus setiap hari anak-anak bermain diluar apalagi jika cuaca tidak mendukung. 

Ada salah satu permainan yang bisa kita lakukan bersama anak-anak dirumah. Yaitu games. Kita tahu dunia digital tidak bisa kita pungkiri mengenalkan permainan games di handphone ataupun laptop tentunya tidak bisa dihindari. Namun tugas kita orangtualah yang bisa mengambil alih memberikan permainan games yang baik untuk anak-anak. 
panduanbunda

Salah satunya di permainan games https://panduanbunda.com//hadiahdaribunda. Dalam rangka menyambut hari anak nasional paduan bunda mengajak kita orantua untuk bermain bersama anak lewat programnya “hadiah dari bunda”. Games seru yang terdiri dari beberapa level dan nantinya akan ada hadiah yang menarik untuk anak-anak kita seperti creativity table, magnetic, playdoh, scooter hingga lego Toystory. 
panduanbunda

panduanbunda

Games ini bisa sekali menjadi pilihan yang tepat bisa dilakukan bersama-sama karena setiap level permainan sangat edukatif dan bisa bekerjasama antara mom’s dan buah hati. Kapan lagi bermain dengan anak-anak tetapi dapat hadiah yang menarik dengan cara yang mudah dan bersama-sama lagi bermainnya dengan buah hati tercinta. Dan semoga tips membangun kedekatan bersama anak, dapat bermanfaat ya,,

Untuk lebih jelasnya follow
Instagram : @panduanbunda
Facebook : https://www.facebook.com/panduanbunda
Website : https://www.panduanbunda.com
Twitter : https://www.twitter.com/panduanbunda

Utieadnu

22 comments :

  1. Keren banget ya konten2 di PanduanBunda ini
    Sangat berfaedsah buat ortu jaman now
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Aku kalau main sama keponakan aja senengnya masyaallahh,
    Boleh deh kalau games itu buat mainan bareng keponakan aku nih, mbak.
    rurohma[dot]com

    ReplyDelete
  3. Wah asyiknya main games bareng di panduanbunda, ya.
    Waktu anak-anak masih kecil dulu, aku biasanya suka bacain dongeng sebelum tidur dan mainan bareng. Sekarang mereka sdh besar, jadi membangun kedekatan bersama anak beda lagi bentuknya :)

    ReplyDelete
  4. sekarang banyak ya fasilitas canggih yang membantu ortu dekat dengan anak... coba ah dengan cara games ini..

    ReplyDelete
  5. Gamesnya bagus karena selain mendidik juga mendidik. Hadiahnya pun cakep-cakep. Ini sih semuanya bisa senang

    ReplyDelete
  6. Bonding sama anak itu memang paling menyenangkan dan juga bisa membuat si kecil merasa senang dan bahagia ya mbak. Ini mainannya edukatif sekali ya, bisa main sambil dapat hadiah juga loh. Jangan lupa nanti aku dibagi ya.

    ReplyDelete
  7. Bonding antara ibu dan anak sangat penting ya mba, biar komunikasinya lancar dan anak nyaman sama kita

    ReplyDelete
  8. Sejak anak-anak masih kecil bgt, semua poin aku dan suami lakukan. Makin gede tantangan beda lagi. Wkwkwk. Skrg sekadar agar para pra abgku mau keluar sama mamak dan bapake, harus disiasati dg diajak ke mall atau cafe. Mulai pada punya keasyikan sendiri. Maka nikmatilah selagi mereka kecil2.

    ReplyDelete
  9. Anakku udah gede semua, ntar aku rekomendasikan pada ponakan yang punya anak balita. Bagus sih bisa jadi panduan mendekatkan diri dengan anak-anak ya

    ReplyDelete
  10. Anakku udah besar jadi gak dongengin lagi nih paling main sama-sama aja atau belajar bareng. Aplikasinya boleh juga nanti aku share ke sepupu yang masih punya anak kecil

    ReplyDelete
  11. Wah seru juga permainannya pengen cobain bareng anak, bener bondong erat dengan anak, anak cerita apa saja dengan kita, jadi bekal jika ia remaja kelak ya insya Allah kita jadi sahabatnya..

    ReplyDelete
  12. Sepakat banget. Main bareng anak bisa membuat bonding. Anakku juga suka game dari panduan bunda lho. Seru

    ReplyDelete
  13. Seru nih permainan di PanduanBunda, pengin nyoba satu-satu sekalian buat selingan kalau lagi mentok ide main sama anak.

    ReplyDelete
  14. penting sekali banyak melakukan aktivitas bersama anak ya Mba, walau hanya bermain handphone, perlu tetap ditemani dan bermain yang baik,

    ReplyDelete
  15. Bener banget mom emang anak itu butuh bonding dan kasih sayang dari kita ya mom termasuk bercerita kepada anak gt

    ReplyDelete
  16. Kedekatan ibu dan anak jadi tabungan kenangan dan tabungan amal buat orang tuanya juga ya mbak. Nanti pas mereka dewasa pasti kangen masa2 ini

    ReplyDelete
  17. Setuju banget.
    Memang lebih afdol jika orang tua tetap terlibat saat bermain dengan anak, karena dari sanalah tumbuh kedekatan dan kebersamaan.

    ReplyDelete
  18. Kalau main gamesnya barengan dengan ibu gini sih enak ya, jadi ada interaksi anak dengan orang tua, sekalian sang ortu menjelaskan apa saja yang sekiranya bocah kurang paham.

    ReplyDelete
  19. Penting banget kalau kita sebagai orang tua mendampingi dan ikut bermain bareng anak meskipun mainannya kembali ke tablet atau handphone.

    ReplyDelete
  20. keren nih gamenya bisa mendekatkan anak dan bunda, aku pengen download juga masih bisa kan ya? Cuss ah

    ReplyDelete
  21. Bener utie, aku sama anak udh kayak temen, suka curhat

    ReplyDelete
  22. Wah iya mba. Zaman sekarang perlu banget kita bisa membangun chemistry dengan anak2 ya. Makn bersama, jalan bersama. Dan bener sih kalau ada panduan begini jadi lebih terarah ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏