Sunday, 25 August 2019

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Manfaatnya Jalan Kaki Bagi Kesehatan dan Lingkungan
Sebenarnya sejak lama jalan kaki sudah ditanamkan dari orang tua saya, kalau ke pasar ke rumah saudara yang jaraknya masih bisa ditempuh dengan jalan kaki, pasti mereka mengajak kita berjalan dan juga jadi teringat masa-masa sekolah dari SD- SMP, selalu jalan kaki walaupun jarak sekolah itu cukup jauh tetapi karena jalan bersama teman-teman jadi tidak terasa capenya. Nah pas masuk SMA itu baru naik kendaraan umum karena jaraknya sudah jauh sekali dari rumah. 

Manfaat jalan kaki


Jalan kaki sebenarnya banyak sekali manfaatnya, baik untuk segi kesehatan juga polusi lingkungan. hanya sayangnya semakin kesini budaya jalan kaki khususnya di daerah Jabodebek semakin berkurang, karena rasa malas, ingin praktis, dan ingin cepat sampai. Atau istilah anak-anak sekarang mager (malas gerak). 


Nah ini manfaatnya jalan kaki yang mungkin akan membuat kita berpikir ulang dan akan meluangkan waktu berjalan kaki setiap harinya. Ada beberapa alasan yaitu 

Pertama alasan kesehatan, dari segi kesehatan banyak sekali manfaatnya dan dampaknya bisa langsung dirasakan oleh tubuh, antara lain :

Melancarkan sirkulasi darah 
Berjalan kaki di pagi hari juga berfungsi sebagai latihan yang mampu mempercepat detak jantung hingga memompa darah ke seluruh tubuh, dan sirkulasi darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

Mencegah Diabetes 
Jalan kaki secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian beberapa ahli kesehatan katanya, dengan selama 30 menit saja, mampu mencegah diabetes dengan berjalan kaki secara rutin.

Menguatkan otot 
Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga.

Menurunkan Berat badan 
Berat badan yang berlebihan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar orang, juga memiliki potensi tubuh terjangkit dengan penyakit-penyakit kronis. Seperti obesitas, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berjalan kaki karena dapat membakar kalori jika dikerjakan secara rutin.

Mencegah osteoporosis 
Kesehatan tulang tidak hanya membutuhkan kalsium dan manfaat vitamin D, melainkan juga butuh gerakan yang rutin seperti jalan kaki, maka tulang kita akan bertahan lebih lama dari ancaman osteoporosis.

Sebenarnya masih banyak manfaat jalan kaki untuk kesehatan, apalagi jika kita memulainya dari sekarang tubuh menjadi tidak cepat lelah dan tidak mudah sakit, Nah adalagi jalan kaki juga mencegah jerawat dan kulit kusam karena kotoran yang ada dibalik kulit dapat keluar melalui keringat.
Manfaat jalan kaki

Kemudian alasan kedua jalan kaki akan mengurangi polusi udara, jika banyak diantara orang-orang yang melakukan aktivitas diluar kemudian memilih berjalan kaki tentunya otomatis kendaraan pribadi dijalan raya akan berkurang dan akan memilih tranpostasi umum pastinya, yang kini di semakin baik pelayanannya terlebih sudah ada bus Trans Jakarta, MRT dan LRT.

Alasan ketiga adalah hemat, jalan kaki membuat kita hemat dari biaya bensin/bahan bakar untuk kendaraan dan juga tentunya hemat karena semakin jarang sakit dan dapat manfaat dari jalan kaki yang telah disebutkan diatas.

Nah, karena semakin banyaknya jumlah kendaraan dan polusi juga berkurangnya rasa kesadaran untuk berjan kaki maka Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub mengadakan gerakan Kampanye Jalan Hijau.
manfaat jalan kaki

Kampanye Jalan Hijau bertujuan untuk mendorong semaksimal mungkin masyarakat untuk berpindah dari kendaraan (bermotor) pribadi ke angkutan umum massal dan berjalan kaki. Jalan hijau mengandung pengertian semakin banyak masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan angkutan umum dan berjalan kaki maka jalan akan menjadi semakin ramah lingkungan (hijau), yang akan memberikan banyak dampak positif baik secara individu maupun bagi masyarakat secara umum. 

Ada 2 alasan kenapa kampanye ini dilakukan karena adanya : 
  • Pertama isu transportasi bahwa lalu-lintas semakin macet dengan tingginya penggunaan kendaraan (bernotor) pribadi dan masih belum maksimalnya pemanfaatan angkutan umum massal dan aktifitas berjalan kaki. Bahkan terdapat kecenderungan jarak-jarak tertentu yang seharusnya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, kini masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda motor. 
  • Kedua isu kesehatan fakta menunjukkan kemacetan akibat tingginya penggunaan kendaraan pribadi (bermotor) menyebabkan polusi udara parah yang berdampak serius bagi kesehatan. Selain itu tingginya penggunaan kendaraan pribadi terutama sepeda motor menyebabkan kecenderungan masyarakat menjadi kurang bergerak sehingga resiko terkena penyakit non infeksi menjadi semakin tinggi pada usia muda. 
Saat ini rata-rata orang Indonesia sangat minim dalam hal berjalan kaki, rata rata hanya 3000 langkah/hari, seharusnya minimal 6000 langkah/hari atau idealnya 10.000 langkah/hari. Kondisi ini menyebabkan faktor resiko terkena penyakit non infeksi di Indonesia karena kurang gerak fisik berdasarkan data dari Kemenkes meningkat dari semula 26,1 % (2017) menjadi 33,5 % (2018).

manfaat jalan jaki

manfaat jalan kaki

Kegiatan dalam kampanye #Jalanhijau ini dilakukan di 4 titik yaitu Bekasi, Depok, Dukuh Atas dan Juanda yang melibatkan taruna/ni dari Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), yang mengenakan kaos berwarna kuning memberi makna sinar matahari, sesuai dengan pendekatan penyampaian pesan yang dilakuan dalam kampanye ini yaitu pendekatan benefit kesehatan.

Aktifitas berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum akan banyak terpapar sinar matahari yang berdampak pada kesehatan. Sementara warna putih yang berarti bersih, mewakili makna ketulusan dan kesediaan untuk melakukan aktifitas berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum massal untuk kepentingan bersama. Makna ramah lingkungan (go green) diwakili dengan penggunaan syal hijau oleh setiap petugas.

Aktivitas yang dilakukan dengan turun ke jalan, membawa poster dan memberikan apreasiasi kepada pejalan kaki dengan memberikan masker, pin atau tumbler. Semoga saja setelah diberikan apresiasi ini semakin banyak masyarakat tersadar akan manfaat jalan kaki bagi  kesehatan dan lingkungan. Yuks lakukan mulai detik ini biasakan berjalan kaki dan kalau dekat jalanin aja.

Semoga bermanfaat ya.
utieadnu

No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ