Mengenal Tugas Insan Transportasi

Mengenal Tugas Insan Transportasi di Kereta Api dan Bandara
Perjalanan ke Surabaya kemarin ada hal-hal baru yang saya dapatkan mengenai beberapa tugas insan transportasi yang selama ini tidak diketahui secara mendetail oleh masyarakat luas.

Ternyata tugas-tugas insan transportasi ini  memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga keselamatan dan jika hal itu luput tidak dilakukan akan berbahaya untuk keamanan pengguna transportasi.

Pertama saya akan menceritakan orang-orang dibalik layar angkutan kereta api.

petugas- ppka

Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA)

Petugas PPKA singkatan dari Pengatur Perjalanan Kereta Api yaitu petugas yang mengatur perjalanan kereta api, petugas ini yang memberi izin masuk dan keluar kereta api dari wilayah/stasiun mereka bekerja biasanya membawa tanda bundar hijau atau kalau malam menggunakan eblek (lampu yang berwarna hijau)
mengenal tugas-insan-tranportasi
Eblek, 

Di Stasiun Surabaya Pasar Turi saya bertemu dengan Pak Hanief yang hampir 10 tahun menjadi PPKA di stasiun Pasar Turi.

Adapun tugas dari PPKA adalah 
  • Penyusunan garis besar perjalanan kereta api, tentang jenis, banyak, jadwal, dan rangkaian kereta api yang akan dijalankan di lintas yang bersangkutan berdasarkan kebutuhan angkutan;
  • Pembuatan rencana perjalanan kereta api;
  • memberikan izin kereta yang masuk atau keluar dari stasiun
  • Pembuatan grafik perjalanan kereta api (gapeka);
  • Perubahan, penambahan dan/atau pengurangan perjalanan kereta api Penentuan kereta api yang jalan, pembatalan dan pengumuman perjalanan kereta api.

juru-langsir
Bpk Yusuf Juru Langsir (insan transportasi)

Juru Langsir

Nah ini pun tidak kalah penting dengan petugas PPKA, Juru langsir di Stasiun Pasar Turi Surabaya bernama Bpk Yusuf pun sudah lama bekerja sebagai juru langsir, mengikuti juru langsir bekerja kamu harus siap berlari atau berjalan cepat karena dari ujung ke ujung mereka harus berlari untuk melihat posisi gerbong.

Tugas dari juru langsir ini adalah
  • Menyusun Kereta api rangkaian gerbong dari angka (1-10)
  • Menambah dan mengurangi jumlah gerbong
  • Mengatur lokomotif sedang berubah posisi, yang awalnya di depan kembali ke belakang
  • Mengatur Lokomotif akan bergantian dengan lokomotif yang lainnya
Lebih mendetailnya juru langsir yang sebenarnya bukan hanya menengok kanan dan kekiri saja untuk menyusun sebuah rangkaian kereta api, apalagi rangkaian kereta api yang masih belum tersusun rapi.

Tugas dari juru langsir ini memang harus seorang yang handal untuk memindahkan jalur dan rute dari kereta api yang akan mengubah posisinya. Karena, apabila salah satu dari juru langsir ini salah menghitung jalur yang akan dilewatinya, maka kereta api akan saling bertabrakan dan saling anjlok saat melewati jalur wesel kereta api.

Selain itu, juru langsir juga harus pandai untuk menempatkan posisi kereta api yang langsir dengan kereta api yang ada di jalur utama. Biasanya, untuk melangsir gerbong kereta penumpang maupun barang, para juru langsir akan menyambung gerbong kereta api secara bergiliran, satu demi satu. Sehingga, gerbong sudah menjadi satu kesatuan, dan nomor setiap gerbong akan saling berurutan.

sudah tahukan tugas dari PPKA dan Juru Langsir ini , kalau kalian nanti pergi menggunakan kereta api jarak jauh sesekali coba cermati tugas mereka 

Selanjutnya Mengenal Tugas Instan Transportasi di Bandara Juanda

Sering mendengar pengumuman yang kita dengar di Bandara , biasanya mereka mengumumkan pesawat yang akan take off/ landing dan memanggil penumpang yang akan segera berangkat, atau kadang mereka juga memberikan instruksi yang berlaku di bandara tersebut . nama petugas tersebut adalah Airport Announcement   

airport-annauncement
Mba Nela dan Mba Rani , Airport Announcement Bandara International Juanda

Petugas Airport Announcement

Di Bandara Internasional Juanda ada 2 orang Petugas  Airport  Announcement namanya mbak Nela Arsila dan mbak Rani . Mereka sudah bekerja cukup lama hampir 2 tahun lebih di Bandara ini.

Petugas Airport Annauncement terbagi 3 shift mereka berdua mendapatkan shift pagi.

Awalnya saya pikir petugas Airport Announcement berada di depan pintu masuk bandara dekat tempat informasi, tetapi justru mereka berada di belakang. Kantornya sejajar dengan landasan takeoff atau landing.

Untuk menuju kantornya harus melewati basement jika kita dari ruang informasi. Di pintu masuk ada tulis Air Crew tidak sembarangan orang boleh masuk ke tempat ini, saya dan mas Imawan beruntung bisa melihat tugas mereka dari dekat. 

Dalam tugas tidak jarang mereka harus mengulangi pengumuman yang sama 8 - 10 kali, pas ditanya apa sih resepnya suara nya bisa sebagus itu. Ehh ternyata mereka bilang "sebenarnya suara kita biasa-biasa aja kak.,,, yang buat bagus ini, sambil menunjuk mikrofon yang ada di hadapan mereka".

airport-annauncement
Diapit oleh mbak Rani dan mbak Nela

Yang terpenting bagi seorang announcer airport itu suara harusnya jelas, lafalnya , berintonasi, ada jeda, dan nilai suara mengatur kapan suara harus tinggi ataupun rendah.

Uniknya nih di Bandara International Juanda ada annauncer berbahasa Jawa, walaupun ini di setting oleh mesin, tetapi cukup unik karena tidak dijumpai di Bandara manapun.

Walaupun mereka tidak pernah sama sekali dilihat oleh para penumpang tapi mereka tetap bahagia. Dan salah satu tips agar suaranya tetap oke adalah sering karokean. Kelakar mba Nayla.

Kemudian ada lagi petugas di Bandara yang sering kita lihat berseragam rapi kadang mereka bolak balik berjalan, namanya Petugas Aviation Security ( AVSEC)

avsec-bandara
Para AVSEC di Bandara International Juanda

Petugas Aviation Security ( AVSEC)

AVSEC memiliki tugas menjamin keamanan dan ketertiban yang berkaitan dengan penerbangan, penumpang, awal pesawat dan instansi di lingkungan bandara yang tentunya telah disesuaikan dengan hukum dan standar aturan penerbangan aturan ataupun internasional

Jadi, AVSEC adalah salah satu pekerjaan yang memiliki bidang sangat penting di dunia penerbangan, dimana profesi ini memiliki tanggungjawab menjaga keamanan dan keselamatan di bandara. Mungkin banyak yang salah dalam mengartikan pekerjaan ini, misalnya menganggap AVSEC sama dengan satpam atau petugas keamanan yang lainnya.

avsec-bandara
Tugas AVSEC salah satunya memeriksa penumpang

Tugas dan Tanggung Jawab AVSEC Bandara
  • Pemeriksaan penumpang yang akan memasuki pesawat
  • Pemeriksaan kabin crew
  • Pengawasan akses kontrol ke sisi udara
  • Melakukan pemeriksaan penumpang pesawat yang akan transit dan transfer
  • Pengawasan jalur menuju pesawat udara
  • Penertiban kargo
  • Pengawasan penumpang khusus
  • Pemeriksaan barang-barang ilegal
tugas-avsec-di-bandara
Sering terlihat wara wiri di Bandara

Jadi AVSEC ini berbeda dengan tugas satpam/security ya teman-teman. Biasanya petugas AVSEC Bandara ini orangnya ganteng-ganteng hehe,  dan perawakannya tegap seperti pramugara di pesawat.

Oke semoga bermanfaat ya, jadi teman-teman semua tahu, siapa orang dibalik layar selama ini yang menjaga kita semua jika melakukan perjalanan via darat yaitu kereta  api dan udara yaitu pesawat. Jadi bisa lebih menghargai juga setelah mengenal tugas insan transportasi di kereta api dan bandara. 



Utieadnu


sumber
http://p2k.unhamzah
http://tokokeretauap
https://aviation.astacademy

2 comments

  1. Yg pastinya tugas mereka berat dan wajib teliti Yaaa. Apalagi yg juru langsir dan ppka. Kalo salah sedikit, bisa2 terjadi kecelakaan KA.

    Salut Ama pekerja2 transportasi ini. Yang tugasnya mengatur lalu lintas udara juga hebat tuh. Kesalahan sedikit aja bisa bikin pesawat jatuh ATO kecelakaan. Ga kebayang gimana rasanya jadi petugas yg salah memberikan instruksi :(. Kayak kejadian Garuda di Sibolangit 1997.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ