Lagu Anak-anak Hoala dan Koala

Lagu Anak-anak Hoala dan Koala
Kalau bicara soal lagu anak untuk sekarang pasti bisa dihitung dengan jari, plus anak-anak yang menyanyikannya juga semakin jarang. Jadi ingat waktu dulu ibu saya dan ,mendiang untuk bapak kalau lagi menemani kami bermain atau sering banget menyanyikan lagu, satu-satu sayang ibu ciptaan Ibu kasur, atau Pelangi ciptaan AT Mahmud. Semua lagu itu masih ingat di dalam kepala.

Bahkah saya melakukan hal sama lagu yang awal dengar dari orangtua ke anak-anak juga. Walaupun saat ini usia mereka sudah beranjak remaja kalau saya tanya lagu itu, pasti menjawab… “masih hafal lah…”

Pernah pada saat kumpul keluarga dulu saat sebelum pandemi saat keponakan-keponakan dan sepupu kumpul semua , tiba-tiba saya mengajak bernyanyi ,,, lagu tik-tik bunyi hujan…” Tau gak apa jawaban dari keponakan saya yang berusia 5 th…. “ iihh Bi Utiiiiiii , itu sih lagu zaman dulu…”

Tertawa dong semua, terus saya tanya balik,, “memang lagu zaman sekarang, apa?”.... Diapun lama tercenung dan menjawab… 'gak tauuu”. Itulah perbedaan lagu anak-anak dengan zaman sekarang dengan yang dulu. Tidak ada yang mereka ingat. Konteks lagu zaman kita masih kecil diingat liriknya dan bersifat abadi walaupun penciptanya tiada.
lagu-anak-anak-hoala-dan-koala

Mudahnya liriknya karena hampir menggambarkan keseharian dan pengalaman anak. Lagu-lagu tersebut meskipun sederhana namun syarat pendidikan, serta mampu memantik rasa ingin anak terhadap berbagai hal yang ada di sekitarnya.

Kekuatan lagu anak-anak dulu seperti memiliki kekuatan yang abadi dan belum bisa tergantikan, karena saat ini tidak ada lagu anak-anak yang bisa menjiwai, istilahnya berkurang sama sekali. Bahkan anak-anak sering sekali menyanyikan lagu dewasa dan biasanya kita sebagai orang tua pun jadi bangga. Bisa dikatakan sekarang krisis lagu anak-anak.

Perkembangan Lagu anak-anak saat ini

Perkembangan saat ini teknologi semakin maju, tidak jarang saat ini anak-anak suka mendengarkan lagu bahkan hafal nihh, lagu-lagu dewasa dari channel youtube, tiktok, televisi atau lainnya. Apalagi saat kemarin hampir 2 tahun mereka berani.

Lagu anak di zaman digital ini sudah sangat diperhatikan karena tidak terdengar gaungnya. Melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia, pada akhir tahun 2020 PT Amnar Awandi Kazoku merilis karakter animasi 3D "Hoala dan Koala" untuk dibuat khusus untuk anak-anak Indonesia.

Karakter musikal yang bernama Hoala dan Koala. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.

Tentang lagu Hoala dan Koala

Hoala dan Koala adalah sepasang sahabat yang sangat suka menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu untuk didengarkan. Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena ini akan menjadi karakter yang tidak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.
lagu-anak-anak-hoala-dan-koala

Selain Hoala dan Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. Dengan banyaknya karakter variasi dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala dan Koala.

Saat ini Hoala dan Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. . Dengan penggarapan yang istimewa. Banyak musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala dan Koala, serta banyak sekali alat musik yang digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala dan Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Hoala dan Koala ingin membuktikan bahwa tidak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Kalitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Selain kualitas vokal, keterlibatan pemilihan internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala dan Koala juga memiliki keunikan lainnya dalam genre. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala dan Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. 

Seperti contah salah satunya lagu anak-anak CFD Hoala dan Koala. liriknya mudah dipahami anak-anak dan ada kegiatan dikeseharian, diselipkan juga edukasi, jadi anak-anak mudah menghafal lagunya nih.

lagu-anak-anak- CFD-Hoala-dan-Koala.

Pastinya juga ini bisa menjadi teman-teman anak selamat setelah belajar mereka langsung bisa menikmati lagu-lagu Hoala dan Koala dan akan jadi hal seru sebelum kembali ke sekolah , yang nanti akan diceritakan ke teman-teman dan gurunya.

Semoga Kehadiran lagu anak-anak Hoala dan Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan tentunya anak-anak akan menyanyikan lagu sesuai usianya mereka.

utieadnu

No comments

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ