Program Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita

Program Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita
Sekarang musim penghujan biasanya nih Jakarta identik dengan banjir tapi sekarang alhamdulillah, tempat yang bisa banjir sekarang lebih cepat surut dan ada beberapa tempat yang malah tidak pernah banjir lagi.

Kalau bicara banjir jadi inget teman SMA aku, dulu aku sekolah sekitar Kayu Manis Jakarta Timur, dan ada beberapa teman ku tinggal di derah Bukit duri Tanjakan, yang dulu hampir setiap tahun jika turun hujan banjir, bahkan parahnya pernah sampai kedalaman 1 meter lebih. Dan benar teman sekolah yang tinggal disana beberapa hari tidak masuk sekolah, karena rumahnya terendam banjir hingga samapai atas genting,  dan parahnya hanya sedikit barang yang bisa terselamatkan.

program-humanesia-dompet-dhuafa-ini-tentang-kita

Akhirnya kami sepakat sekelas untuk mengumpulkan dana untuk membantu, karena dulu aku juga aktif di Organisasi Siswa Sekolah (OSIS), coba diskusi dengan para anggota,  alhamdulillah awalnya satu kelas akhirnya satu sekolah mengumpulkan dana, ada yang memberi cash, ada yang sedekah baju layak pakai. Senang sih rasanya kalau mengajak kebaikan itu pasti mengular dan terasa mudah karena diberikan jalan oleh yang Maha Kuasa.

Humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita

Begitu juga yang saat ini Dompet Dhuafa memperkenalkan program Humanesia 2022 dengan tagline Ini Tentang Kita, adapun makna dari kata ‘Ini Tentang Kita’ mulai dari kamu, mari ambil peran merawat kebaikan kolektif.

Dompet Dhuafa membuka semangat Humanesia ini melalui acara Sound of Humanity (S.O.H.) yang berlangsung akhir November lalu di Jakarta. Ini menjadi salah satu upaya kita dalam dedikasi Indonesia Siap Siaga untuk membantu korban bencana di Cianjur. Tergerak beberapa keterlibatan musisi seperti Indra The Rain, Marjinal, Mr. Jarwo feat. Abdel Achrian dan V1Mast, serta dimeriahkan oleh Aldi Taher

Selama ini Dompet Dhuafa sudah banyak dan sering mempublikasikan tentang kontribusi dan perannya. Namun di masa sekarang ini, ajakan-ajakan kebaikan itu akan difokuskan dengan tema Ini Tentang Kita. Kita berarti adalah semua pihak, yaitu Dompet Dhuafa, Penerima Manfaat, Relawan, Donatur, Jaringan dan semua orang.

Hal ini bertujuan untuk dapat melibatkan semua pihak agar semakin aktif merawat kebaikan kolektif. Tema ini akan disesuaikan dengan bahasa lokal masing- masing daerah cabang, agar bisa lebih dekat dan melekat.

Makna Kita menggambarkan semua pihak dari berbagai latar belakang, status, pekerjaan, usia, baik dari perspektif lembaga, donatur, mitra, penerima manfaat. Harapannya, semua pihak dapat menjadi bagian dan terlibat dalam momen Humanesia 2022.

Ada empat program di Humanesia tahun ini, diantaranya adalah
  • Kado Untuk perempuan Tangguh
  • Indonesia Siap Siaga,
  • Kado Anak Yatim,
  • Wakaf untuk Bunda.
Sedangkan ajakan-ajakan camapign-nya yang berupa kebaikan kolektif dari kita untuk mereka yang lebih membutuhkan yang bisa kita lihat di web https://donasi.dompetdhuafa.org/initentangkita/ dan ini bisa kita lakukan dengan mudah, cara memberikan sedekahnya pun bisa kita pilih dengan transfer ke bank ataupun e-wallet, antara lain

Bantu Cianjur Pulih
Seperti kita ketahui Cianjur telah dilanda gempa, belum gempa berakhir dilanda juga banjir bandang, ratusan nyawa tewas akibat gempa. Dan ratusan ribu lainnya terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian. Dukungan kita akan jadi harapan para penyintas lanjutkan kehidupan.
  • Adapun nanti untuk Cianjur ini berupa, Pembanguanan Masjid/ Musholah, Pembuatan MCK, Membangun kembali rumah-rumah warga (Recycle House), Pemubautan Sumur,  dan Pembanguan Sekolah Tahan Gempa. 
dompet-dhuafa-ini-tentang-kita


Kado Akhir Tahun Yatim
Kirim kado untuk yatim ini bisa berupa kado perlengkapan sekolah, pakaian taqwa dan sembako ini akan didistribusikan untuk bahagiakan para yatim yang ada di berbagai daerah di Indonesia, termasuk berbagi  1000 sepatu  kepada anak-anak Cinajur korban gempa.

humanesia-dompet-dhuafa-ini-tentang-kita

Perempuan Tangguh
Sedekah untuk perempuan selain menjadi ibu rumah tangga juga sebagai pencari nafkah tangguhnya mengais pundi rupiah. Dukungan kta bisa jadi pengungkit semangat mereka untuk tetap berdaya.
  • Dengan Bantuan Modal UMKM, memberikan bantuan modal kepada pelaku UMKM
  • Bantuan Paket Sembako, Memberikan bantuan berupa paket sembako kepada penerima manfaat
Zakat Akhir Tahun
Menutup akhir tahun dengan hadiah buat diri sendiri banyak beragam kebaikan yang bisa kita berikan salah satunya dengan kebaikan melalui Zakat Akhir Tahun!

program-humanesia-dompet-dhuafa
pict by Dompet Duafa

Wakaf untuk Ibu
Ibu adalah sosok malaikat tanpa sayap kita bisa nih. Berikan wakaf untuk ibu sebagai hadiah pahala abadi untuk ibu tercinta. Dengan cantumkan nama beliau sebagai wakif atau wakaf yang diberikan. Wakaf terbaik untuk wanita terbaik.

Sedekah Menolak Bala
Bencana layaknya misteri, datangnya tak bisa diprediksi. Semoga dengan sedekah, bisa jadi salah satu ikhtiar kita untuk melindungi diri, keluarga serta harta dari bencana yang akhir-akhir ini melanda.

Oh iya Berbeda dengan target Ramadan, Tebar Hewan Kurban, maupun Wakaferse yang identik dengan penghimpunan bernilai rupiah, Humanesia memfokuskan pada Awareness (kesadaran) masyarakat terhadap kemanusiaan. Meski begitu, sejumlah nominal baik berupa zakat, infak, sedekah, maupun wakaf, Dompet Dhuafa menargetkan sejumlah 50 miliar rupiah pada Humaesia kali ini.

Guna mewujudkan hal tersebut, mari kita bantu sudah saatnya bencana alam, fakir miskin, yatim piatu semuanya itu tentang kita, kita yang bisa menolong mereka, meringankan, melindungi dan mencukupi kebutuhannya sesuai kemampuan kita, apabila dilakukan secara bersama-sama bukan tidak mungkin, kita bisa melihat kembali senyum terukir di wajah-wajah mereka, Yuk, selalu semangat untuk mengajak dan melakukan aksi-aksi kebaikan

Percayalah kebaikan akan kembali kepada kita pada saat yang tepat dan pada tempat yang kita tidak duga. Semoga program humanesia Dompet Dhuafa, Ini Tentang Kita bisa menjadi wadah untuk kita semua dalam berbuat kebaikan.

INI TENTANG KITA
Tentang kita yang sama-sama berjuang
Tentang kita yang sama-sama bertahan
Tentang empati kita, tentang kepedulian kita
by Dompet Dhuafa


utieadnu

23 comments

  1. perempuan memang harus bisa melakukan bantuan yaa kak, supaya saudara-saudara kita yang butuh bantuan, bisa terbantu dan tercukupi segala kebutuhan yang ia perlukan.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget dengan paragraf terakhir. Tidak ada ruginya berbuat kebaikan. Apalagi Dompet Dhuafa kan memang udah dipercaya. InsyaAllah menjadi berkah untuk semua

    ReplyDelete
  3. Aamiin.

    Ini Tentang Kita, maknanya dalam sekali. Bahwa, di dunia ini kita ga sedang sendirian. Ada orang lain juga. Jika sedang kesusahan, banyak orang yang bisa kita mintai bantuan. Jika sedang berpunya dan lebih, banyak orang yang bisa kita berikan bantuan. Orang dekat maupun jauh, kenal maupun enggak, sama menanti uluran tangan.

    Siap mendukung progeam Humanesia Dompet Dhuafa!

    ReplyDelete
  4. Cara menyalurkan bantuannya sudah beragam caranya ya ... bisa dengan transfer bank atau ewallet ... memudahkan banget ini.

    ReplyDelete
  5. Dompet Dhuafa terbaekkk bgt.
    Amanah utk salurkan donasi kita ya.
    Programnya menarik

    ReplyDelete
  6. Bagus banget ini program Dompet Dhuafa, 4 program Humanesianya keren banget. Ini jadi jembatan jika kita ingin berbuat kebaikan, bisa melalui Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  7. Terima kasih pada dompet dhuafa dengan program humanesia, telah membantu mengkoordinir bantuan dari pada donatur. Karena sering banyak orang yang ingin berbagi, tapi tak tahu mesti menyalurkan ke mana.

    Ini tentang kita, ya sekecil apapun kebaikan yang dibagikan kepada orang lain, akan kembali lagi pada diri kita

    ReplyDelete
  8. Program Dompet Dhuafa ini menurutku memang bagus banget dan selalu menginspirasi banyak orang juga. Semoga program-programnya Dompet Dhuaf ini selalu membuat orang lain bisa terinspirasi ya mak uti.

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali ternyata program sosial dari Dompet Dhuafa yah, kagum dengan kepeduliannya dengan sekitar. Inspiratif banget, harus kita dukung nih

    ReplyDelete
  10. Dompet Dhuafa ini selalu inspiratif
    Tak kenal lelah untuk mengajak berbuat baik
    Termasuk program ini
    Karena sejatinya menolong orang lain sama dengan menolong diri kita sendiri ya mbak

    ReplyDelete
  11. Aku salah satu yang pecaya kalau sedekah menolak bala. Makanya kalau mau ada aktivitas besar yang mau kulakukan kalau bisa sebelumnya kasi sedekah dulu, di luar sedekah harian.
    Biasanya aktivitas itu kyk dilancarkan gitu,
    Btw program Humanesia ini bagus yaaa. Akhir tahun emang sebaiknya banyak bermuhasabah sekaligus kalau ada kelebihan rezeki juga kita sumbangkan ya sbg bentuk rasa syukur.

    ReplyDelete
  12. program Dompet Dhuafa melalui Humanesia memang bagus sekali terutama saat pandemi karena sangat membantu masyarakat

    ReplyDelete
  13. cukup banyak juga ya program dari Dompet Dhuafa ini. Aku suka dengna klasifikasi yang ada dan sangat membantu perempuan ya

    ReplyDelete
  14. Berbuat kebaikan bikin hati tenang dan bahagia ya, aku juga biasanya menyalurkan infak lewat Dompet Dhuafa karena terpercaya dan amanah..selalu ada laporannya berkala..

    ReplyDelete
  15. Masya Allah jadi ingat waktu ibu mertua sedekah diniatkan untuk mobil yang baru dibeli suami. Beneran sedekah itu menjadi penyelamat beberapa tahun kemudian, sampai mengucap syukur berkali-kali waktu ditelpon suami.

    Program Humanesia Dompet Dhuafa semoga mendapat dukungan dari segenap umat muslim. Apalagi musibah terjadi di mana-mana, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT

    ReplyDelete
  16. Program Humanesia Dompet Dhuafa ini menarik dan semoga kita bisa jadi bagian di dalamnya ya. Bagaimanapun, apa yang kita punya tuh ada hak orang lain. Jadi kudu disalurkan

    ReplyDelete
  17. Masya Allah ya senang banget kalau kita diingatkan untuk berbagi di akhir tahun ini, semoga tahun 2023 ke depan kita semakin semangat berzakat.

    ReplyDelete
  18. Karena kebaikan sejatinya memang untuk kita sendiri. Hanya saja terlihat secara kasat mata kalau untuk orang lain saja. Padah manfaatnya besar untuk diri sendiri.

    ReplyDelete
  19. sepakat dengan mbak Rahmah. Apa yang kita lakukan itu tentang diri kita, lingkungan sekitar kita yang efeknya juga bakal kembali ke kita. Kebaikan kolektif bakal lebih besar dampaknya karena dilakukan bersama-sama.

    ReplyDelete
  20. Masya Allah program yang keren, membuat ktia juga bisa ikut berpartisipasi ya untuk amalan ini. Keren yah menebarkan terus kebaikan.

    ReplyDelete
  21. Dompet dhuafa itu banyak program yg intinya membantu masyarakat yg kurang mampu. Keren ini

    ReplyDelete
  22. MasyaAllah akhir tahun bikin program yang oke oke banget, melibatkan kita karena sasarannya kepada masyarakat yang dekat juga. semoga program dan dana yang terkumpul bisa tepat sasaran ya, bismillaah..

    ReplyDelete
  23. kebaikan yang dikelola dan dikerjakan secara bersama-sama memang lebih besar impactnya ya mbak. Masya Allah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ