Saturday, 5 October 2019

Wake Up! Wakaf Program dari Dompet Dhuafa

Wake up! Wakaf Program dari Dompet Dhuafa
Fitrah seorang muslim pastinya ingin berbagi kesesama, apalagi jika pahalanya terus mengalir tentunya sudah menjadi cita-cita seperti waqaf contohnya. Ternyata untuk berwaqaf tidak harus melulu soal makam, masjid ataupun madrasah. Waqaf bisa juga dari nilai rupiah yang kita keluarkan sehari-hari. Dan itupun baru saya ketahui ketika diundang dalam acara Blogger MeetUp Waqf Productive Sharing Session & Visit. Pada tanggal 2 Oktober 2019. Di Zona Madina Dompet Dhuafa Parung Bogor.
Wakaf Dompet Dhuafa

Istilah waqaf secara artian adalah Sedekah Jariyah, yakni menyedekahkan harta kita untuk kepentingan ummat. Harta Wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Karena wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama ummat.

Dalam Bogger Meetup hadir beberapa pembicara seperti:
  • Boby P Manulang General Manager Waqaf Dompet Dhuafa
  • Ustadz Syafii Direktu Dompet Dhuafa bid Pendidikan
  • Dr. Muhammad Zakaria Dr RS Rumah Sehat Terpadu Parung Bogor
Ki-ka : Dr Muhammad Zakaria, Bpk Boby P Manulang
Dan Ustadz Syafii
Apa yang dimaksud dengan Wakaf produktif? Waqaf produktif itu asset wakaf yang dikelola secara produktif sehingga menghasilkan surplus wakaf dari hasil pengelolaannya. Kurangnya literasi masyarakat terkait wakaf, menyebabkan wakaf masih dipandang sebelah mata. Padahal potensi wakaf di Indonesia sangat besar dan bisa menjadi alat untuk pemerataan ekonomi. Kata Bpk Boby 

Lanjutnya belum banyaknya yang mengetahui tentang wakaf produktif dikarenakan kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang wakaf dan masih rendahnya pertumbuhan entrepreneur yang dapat membantu dalam pengembangan wakaf produktif.

Nah Dompet Dhuafa yang merupakan lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 26 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

Sebagai Lembaga Filantropi Islam yang telah berdiri sejak 26 tahun, dan bagian dari ekosistem ekonomi syariah, Dompet Dhuafa telah mengembangkan program berbasis wakaf produktif. Di zona Madina yang saya kunjungi bersama teman-teman blogger ada: 
  • RS Rumah Sehat Terpadu Parung, Bogor. 
  • Sekolah Menengah Ekselensia Indonesia. 
  • Bahkan ada juga Kampung Agroindustri di Kebun Indonesia Berdaya, Subang, Jawa Barat.
Yang kesemuanya itu jika dikelola tentunya dampak manfaatnya bisa dinikmati banyak orang yang benar-benar membutuhkan. Intinya wakaf produktif dapat mensejahterakan masyarakat jika wakaf produktif dikelola dengan baik dan benar. Sasaran wakaf produktif adalah mengembangkan asset yang mentah menjadi wakaf produktif dengan cara membangun, memahami atau menyewakannya.

Seperti disini kata Ustadz Syafii hampir siswa-siswa dari sekolah Dhuafa ini kesemuanya murid yang berprestasi, diterima di UPTN ternama. Bisa dibayangkan jika waqaf yang kita berikan di bidang pendidikan ini juga manfaat sangat luar biasa sedangkan di RS Rumah Sehat Terpadu Parung yang telah melayani lebih dari 15 ribu dhuafa per bulan, dan setiap hari melayani lebih kuran 100 - 500 pasien/harinya. Pasien dhuafa pelayanan dan peralatan RS ini sudah lengkap dan termasuk RS Tipe C sampai saat ini masih memliliki 37 tempat tidur. Ujar Dr Muhammad Zakaria. Barangkali jika informasi tentang waqaf produktif ini bertambah bukan tidak mungkin tampat tidur akan bertambah juga tutupnya.

Wakaf Dompet Dhuafa

Visit ke Zona Madina dan SMART Ekselensia Indonesia

Setelah mendengarkan uraian dari ke 3 nara sumber dilanjutkan isoma, yang nanti akan berkeliling mengunjungi Sekolah menengah Ekselendia dan RS Rumah Sehat Terpadu. Ternyata di sekolah ini sarana dan prasana sudah sangat lengkap juga dengan dipandu Mas Akhi kita mengunjungi ruang kelas demi kelas, adanya perpustakaan digital, lab komputer, lab bahasa dan sifat dari sekolah ini adalah moving class. Selain itu juda ada gedung Sekolah Guru Indonesia. Nah disini kesemuanya murid laki-laki. Kenapa laki-laki? Karena lelaki itu pemimpin dan kelak menjadi kepala keluarga maka merekalah yang harus berusaha mencari nafkah.

Setelah itu kita ke zona madina mengunjungi RS Rumah Sehat Terpadu, di RS inipun kita berkeliling ke beberapa pelayanan, diruang tungg banyak pasien yang tengah menunggu untuk ditangani, stiap pasien disini wajib memili kartu member Duafa.
Wakaf Dompet Dhuafa

Dan terakhir masih di Zona Madina ada D’Jampang, disini ada area panahan, area berkemah, guest house, kampung silat jampang yang kesemuanya bisa kita sewa jika ingin mengadakan acara piknik bersama keluarga, reunian bahkan bisa mengadakan acara kemping.

Demikianlah beberapa bukti dari waqaf produktif yang dikelola oleh Dompet Dhuafa yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi ummat. Yuks mulai sekarang bergerak untuk berwakaf. Untuk info selanjutnya bisa datang ke Philanthropy Building Jl Warung Jati Barat No. 14, Jati Padang Pasar Minggu Jakarta Selatan. Oh iya ada juga gerakan WakeUp! Wakaf. WakeUp! Wakaf merupakan gerakan yang memudahkan wakaf melalui wadah digital, yakni tabungwakaf.com. 

Semoga bermanfaat ya
utieadnu

33 comments :

  1. Wakaf nggak cuma berupa lahan ya mbak? Menarik dan bermanfaat banget buat aku yang masih pemula

    ReplyDelete
  2. Saya pengen diundang di acara sharing wakaf. Pengen tanya-tanya tentang wakaf tunai.

    ReplyDelete
  3. Layanan Dompet Dhuafa saat ini serba digital ya mba, begitu memudahkan juga ketika kita ingin berwakaf

    ReplyDelete
  4. Waaahhh , gerakan Wake Up Wakaf ini kece bangeettt
    sangat cocok buat kaum millennial ya mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Selama ini aku taunya wakaf yg dibangun jadi mesjid gitu. Kalo DD ini produktif banget ya wakafnya, sarat manfaat untuk keberlangsungan umat

    ReplyDelete
  6. Infonya bermanfaat banget deh, karena sampai saat ini banyak yg belum terinformasi yah.. semoga wakaf semakin sering dipraktekkah ya..

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah blogger juga langsung gaspol pada berwakaf setelah pulang dari acara DD. Akh Undangan liputan DD mah selalu sayang dilewatkan. Memberdayakan umat banyak. Good luck DD

    ReplyDelete
  8. Jadi inget kalo belum berwakaf...padahal sekarang udah gampang banget ya ..banyak cara dan tempat berwakaf. Manfaat nya juga luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup makin gampang dan semakin men-digital banget!
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Delete
  9. Wakaf ternyata bukan hanya untk orang kaya dan banyak duit tetapi dngan 10 ribu aja udha bisa wakaf

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah sekarang makin gampang kalau mau berwakaf. Teknologi memudahkan hidup tapi juga memudahkan kita untuk bersedekah ya

    ReplyDelete
  11. wah, dompet dhuafa ini sering berbagi ilmu dan mengajak kebaikan ya. Semoga berkah dan langgeng semua aktifitasnya.

    ReplyDelete
  12. Inovasi dompet dhuafa mengelola uang wakaf ini keren banget ya... jadi wakaf yg diberikan memang dapat berguna utk masyarakat banyak & lbh produktif :)

    ReplyDelete
  13. Aku sering lewat Rumah Sehat Dompet Dhuafa nih yang di parung Bogor, soalnya aku kalau ke Bogor lewat belakang lebih dekat, lewat BSD terus ke Parung. Belum pernah mampir padahal aku penasaran banget dengan rumah sehatnya, sempat googling juga buat sekadar cari tahu. Mudah-mudahan semakin banyak program Dompet Dhuafa yah untuk membantu mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

    ReplyDelete
  14. Tidak harus menunggu kaya untuk bisa berwakaf ya, dulu anggapan saya, yang bisa wakaf itu cuma orang-orang kaya yang punya tanah/rumah berlebih. Ternyata wakaf nggak terbatas pada tanah dan bangunan saja

    ReplyDelete
  15. Dompet Dhuafa terpercaya banget ya dalam penyaluran donasi. Buktinya banyak fasilitas yang dibangun, dengan begitu makin semangat insyaAllah para donatur untuk menitipkan rejekinya di dompet dhuafa

    ReplyDelete
  16. Wakaf produkti mengalir terus ya pahala jariyah nya , masyaaallah mau deh punya wakaf produktif juga, semoga ya dimudahkan aamiin

    ReplyDelete
  17. Berkat mampir ke Zona Madina Dompet Dhuafa, akujadi ketemu sama teman SD ku dulu yg bekerja di RS Rumah Sehat Terpadu. Rezeki silaturahmi.

    ReplyDelete
  18. Bagus banget program program dompet dhuafa. Dulu tinggal di Subang, pernah denger kampung agroindustri cuma baru ngeh ternyata programnya dompet dhuafa ya.. Keren

    ReplyDelete
  19. ada saja inovasinya dompet dhuafa yang bisa memudahkan kita berwakaf. Jadi bisa cus ke tabungwakaf.com untuk lihat ada apa aja di sana.

    ReplyDelete
  20. Banyak jalan untuk berwakaf, salah satunya ya memang program seperti yang digiatkan Dompet Dhuafa ini yang diperlukan ummat. Kalau nunggu kaya, kapan mau wakafnya, kan? Dengan begini semua isnyaallah bisa wakaf. Amiin.

    ReplyDelete
  21. Ternyata wakaf bisa dalam bentuk uang ya gak perlu harus punya tanah atau bangunan apalagi uang banyak dulu ya

    ReplyDelete
  22. udah lama sih pengen berwakaf.. Alhmdulillah sekarang semakin mudah ya.. semakin tidak ada alasan utk tidak berwakaf hehe

    ReplyDelete
  23. Dompet duafa memang terpercaya untuk masalah waqaf, infakdan sodqoh sekga selalu berjaya dompet duafa

    ReplyDelete
  24. Saat ini makin terbuka kesempatan wakaf meski nggak punya tanah atau gedung ya mbak. Bisa dengan uang juga karena ternyata di Dompet Dhuafa ini banyak diperuntukkan pembiayaan operasional rumah sakit, atau asrama anak-anak yang sekolah

    ReplyDelete
  25. Aku support banget lembaga ini, membantu mengurangi penderitaan org lain bagi yang butuh uluran tangannya, smga saja tetap amanah, ��

    ReplyDelete
  26. Luar biasa ya manfaat wakaf ini. Salut sama prestasi murid-murid binaannya yang berprestasi

    ReplyDelete
  27. Sekarang pengetahuan masyarakat mengenai wakaf makin bertambah ya, dan semoga banyak yang bisa turut serta dalam wakaf produktif

    ReplyDelete
  28. Masya Allah keren ya peruntukan dana wakaf kita, tepat sasaran, bermanfaat untuk yang membutuhkan, jadi nggak ragu..

    ReplyDelete
  29. Sering denger ttg wakaf produktif ini dulu. Tapi baru tau detailnya sekarang. Ah keren deh ini. Semoga suatu saat bs wakaf produktif jg nih

    ReplyDelete
  30. Keren nih Dompet Dhuafa, bikin kita bisa berwakaf ya. Sebab ternyata wakaf definisinya bisa luas. Gak sekedar berupa tanah atau pun harta tak bergerak. Ada juga wakaf produktif. Semoga semakin banyak orang yang tersosialisasikan

    ReplyDelete
  31. Rs ini dari dulu selalu jadi pertanyaanku mak. Pas tau punya dompet dhuafa, wow banget luar biasa pengelolaannya

    Apalagi kalau kita mau ikutan lewat wakaf produktif atau program lainnya ya, jadi lebih tenang dan tahu aliran uangnya ke mana

    ReplyDelete
  32. Ternyata bisa juga ya wakaf ini dijadikan bentuk wakaf produktif. Sisi manfaatnya akan selalu ada dan dan kebaikannya kembali bagi si pemberi wakaf.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ