Thursday, 31 October 2019

Family Day Bersama HP dan Fimela

Family Day Bersama HP dan Fimela, Keluarga Kreatif Belajar Melalui Media Cetak 
Teman setuju tidak kalau baunding dengan anak-anak adalah kesempatan emas yang tidak akan terulang dua kali. Biasanya anak-anak akan merekam memory itu menjadi kenangan indah yang akan membuat mereka tersenyum bahagia bila mengingatnya.

Bermain, belajar dengan anak tentunya memiliki dampak langsung pada tumbuh kembangnya? Oleh karena itu, sangat disarankan bagi orang tua untuk mendampingi anak saat bermain  dan belajar.  Selain untuk memaksimalkan perkembangannya, bermain bersama juga bisa mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Menemaninya bermain juga dapat membuat kondisi psikisnya jadi lebih sehat. Ketika ditemani orang tua, anak akan merasa lebih aman untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan dirinya. Apalagi bermain sambil belajar dijaman era digital ini yang memanfaatkan teknologi yang kian berkembang.
Family day Hp dan Fimela

Begitu pentingnya bermain dan belajar bersama anak-anak HP dan Fimela menggelar event Family Day HP | Fimela dengan tema Creative Family Learning Through Print. Pada tanggal 27 Oktober 2019, di Taman Kajoe Jakarta. Banyak sekali manfaat dan tips-tips yang menarik diberikan hadir dalam acara tersebut
  • Mona Ratuliu Artis 
  • Dhita Rachman psikolog keluarga dan anak
  • Fajar Hariyanto County Manager Marketing Hp Indonesia
Family day Hp dan Fimela
Bpk. Fajar Hariyanto
Menurut Bpk Fajar acara ini di gelar bertujuan untuk mengedukasi orangtua di Indonesia tentang pentingnya pembelajaran cetak dan digital untuk membekali anak dengan keterampilan dan kesiapan yang diperlukan di masa depan. HP melihat pentingnya penggunaan bahan ajar cetak dan metode pembelajaran digital secara bersamaan untuk semakin meningkatkan kegiatan belajar anak. Dari hal itu kami menyelenggarakan acara Family Day HP | Fimela, untuk memberikan contoh dan edukasi pentingnya memadukan metode pembelajaran elektronik dan cetak demi menghasilkan pendidikan yang optimal.
Family Day Hp dan Fimela
Ibu Dhita, Mona Ratuliu dan Mc
Sedangkan menurut Ibu Dhita orangtua percaya bahwa kegiatan belajar merupakan waktu terbaik untuk mempererat ikatan orangtua dan anak, kegiatan tersebut dapat mengembangkan keterampilan interpersonal anak-anak. Orangtua memiliki peran penting dalam pembentukan pendidikan anak. Hal ini karena pola pikir mereka memiliki dampak yang besar kepada anak-anak. Jadi, peran orangtua memang penting dalam membentuk keterampilan anak, terlebih dengan menghabiskan waktu belajar bersama di era digital.
Family day Hp dan Fimela

Bagaimana langkah yang harus orangtua lakukan
  • Menjadi sahabat pasangan artinya akan mempermudah kita untuk mendiskusikan serta memadukan dan mencari solusi, bagaimana caranya nanti bersahabat dengan anak?
  • Jadilah orangtua yang hangat artinya bisa menjadi teman anak kapanpun, ketika anak membutuhkan orangtua, disini pola asuh akan sangat berpengaruh, menjadi orangtua yang mudah didekati oleh anak. Biasakan untuk mendengar pendapat anak sebelum kita mengatakan jangan atau tidak. Apalagi masalah bermain gadget jangan dihalangi tetapi alangkah baiknya memberi batasan.
  • Pahami dan mengerti karakter anak. Anak-anak memilih teman-teman mereka sebagai sahabat, karena merasa teman-teman merekalah yang memahami dan mengerti mereka. Untuk itu agar anak-anak kita mau menjadi teman pahami karakter mereka.
Disni orangtua harus bisa memanfaatkan teknologi untuk proses pendidikan dan pembelajaran anak-anak. Penggunaan materi pendidikan cetak saat belajar merupakan salah satu cara bagi orangtua untuk menjalin ikatan yang kuat. Serta mendorong kreativitas anak, sambil meningkatkan daya pikir dan juga pengetahuannya tutup Ibu Dhita.

Sedangkan menurut Perspektif Orangtua dari Mona Ratuliu. Aktris yang juga ibu dari 2 orang anak ini mengapresiasi gelaran tersebut karena dinilai dapat memberikan bekal pengetahuan kepada orangtua agar memberikan waktu terbaik untuk anaknya. Saya berharap orangtua yang hadir ke acara ini bisa mendapatkan bekal pengetahuan untuk mendidik anak dan bisa diterapkan di rumah.

Dari sudut pandangnya sebagai seorang ibu, setiap orangtua harus memiliki strategi khusus agar anak lebih kreatif. Ia juga mengungkapkan bahwa hal ini menuntut effort yang lebih, disiplin, dan ide kreatif orangtua untuk memberikan aktivitas yang menarik untuk anak-anaknya. Misalnya aja ketika buah hatinya sedang bete atau moody, Mona Ratuliu bakal mengajak si kecil buat jalan-jalan, ngobrol, dan melakukan kegiatan bersama.
Family day Hp dan Fimela

Salah satu cara dan strateginya ialah memadukan dunia digital dengan printing ke anak. Jadi mereka bisa bermain sembari belajar. Pada saat yang sama, saya ingin berbagi banyak momen berharga bersama mereka. Dalam era digital ini, saya ingin sepenuhnya menerapkan teknologi dalam proses belajar mereka. Namun, saya percaya anak juga perlu merasakan dan melihat suatu hal secara langsung agar dapat sepenuhnya memahami. Itulah sebabnya saya biasanya menyiapkan materi pendidikan cetak bagi mereka, terutama saat membantu menyelesaikan tugas sekolah atau kegiatan rumah," lanjutnya kemudian.

Bicara printer, menurut Mona memilih printer yang ramah bagi keluarga itu penting banget. Tujuannya agar semua kebutuhan setiap anggota keluarga bisa terpenuhi dengan maksimal, tidak terkecuali dalam mendukung tumbuh kembang kreativitas anak. Tidak perlu bingung karena kriteria tersebut dapat diperoleh dari beragam varian yang ditawarkan oleh printer HP. Tetapi dalam menerapkannya, perlu didampingi oleh orangtua kata Mona lebih lanjut.
Family day Hp dan Fimela

Family day Hp dan Fimela

Family day Hp dan Fimela

Selain itu juga acara Famiy Day Bersama  HP dan Fimela, hadir 33 keluarga ini, menggelar workshop yang melibatkan orangtua dan anak yaitu membuat scrapbook dan kalender dari kertas dan foto yang telah diprint menggunakan printer HP. Disini bisa dilihat nih bagaimana kerjasama orangtua dan anak dalam menghasilkan sebuah karya yang nanti akan disimpan di kamar anak-anak. Mengggunting bersama kemudian mewarnai.

Akhirnya acara selesai, seneng banget selain dapat ilmu parenting yang bermanfaat, dan hampir seharian anak-anak bergembira karena disuguhkan playground, yang luas, mandi bola, Istana balon juga permainan interaktif, sambil mendengarkan dongeng. Semoga acara Family Day ini akan terus berlanjut, terimakasih HP dan Fimela yang membuat hari minggu kemarin menjadi sangat special buat kami semua. Semoga keluarga kreatif belajar melalui media cetak bisa diterapkan.

utieadnu

11 comments :

  1. Happy banget kalau acara blogger melibatkan keluarga kaya gini. Ngga cuma ibunya aja yang belajar, anak-anak juga happy bisa ikutan belajar dan main tentu sajaa hahahha.

    ReplyDelete
  2. Acara yg keren dan menyenangkan ya. Orangtua dan anak bisa ngumpul bareng dan belajar, sambil bermain :)

    ReplyDelete
  3. Sekarang materi ajar anak bisa download di internet ya. Tapi ya kudu punya printer biar benar-benar bisa dipraktekin :D

    ReplyDelete
  4. Acaranya keren sekali. Jadi orang tua itu memang belajar selamanya ya
    jadi sahabat anak, agar selalu ada cinta dalam keluarga
    Btw aku gagal fokus lihat Mona Ratuliu, kinclong sekali dia

    ReplyDelete
  5. Wahhh itu scrapbooknya itu keren lhooo.. bisa buat cerita banyak karena hasil kerjasama orangtua dan anaknya..

    jadi bisa dipajang di rumah dan jadi bahan cerita kalau ada tamu dan keluarga yang datang tuh.

    Dengan adanya printer HP memudahkan banget yaa bikin scrapbook seperti itu. Jadi pengen bikin juga euy.

    ReplyDelete
  6. Waah keren. Mamanya kerja anaknya bisa happy dan terasah kreatifitasnya. Jadi hobi ngeprint di rumah deh kalau ada mesin printer HP ini 😃

    ReplyDelete
  7. Waktu anak-anak saya masih kecil, saya sering banget ngeprint. Bikin berbagai kegiatan untuk anak-anak. Andalan banget deh printer saya itu :D

    ReplyDelete
  8. kegiatan yang seru banget untuk ibu dan anak cuma dari sebuah printer!

    ReplyDelete
  9. Aku sudah percayakan HP sebagai print sewaktu papahku bikin PT d rumah dulu juga sama mba. Dan memang menyediakan print table gini jadi membuat anak-anak kreatif ya

    ReplyDelete
  10. Aku demen banget kalau acara yang selalu melibatkan family gini deh, apalagi banyak aktivitas anaknya juga.

    ReplyDelete
  11. Aku demen banget kalau acara yang selalu melibatkan family gini deh, apalagi banyak aktivitas anaknya juga.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏