Wednesday, 2 October 2019

Tips Pola Asuh yang Bahagia Pada Anak

Tips Pola Asuh yang Bahagia Pada Anak
Mempunyai anak tumbuh dengan sehat, cerdas dan tumbuh kembangnya sempurna tentu menjadi dambaan kita dan tentunya sebagai ibu mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-harinya. Salah satunya dengan memberikan nutrisi yang lengkap bagi buah hati tercinta.

Nah kemarin saya menghadiri workshop Grow Happy Parenting bersama Nestle Lactogrow pada tanggal 25 September 2018, Rangkaian workshop ini ternyata merupakan rangkaian untuk memberikan edukasi kepada orangtua agar sama-sama peduli pentingnya memahami kebahaiagn keluarga untuk mendukung tumbuh kembang anak, rangkaian di Jakarta ini merupakan yang terakhir setelah sebelumnya 7 kota di seluruh Indonesia. Pada workshop kali ini hadir

  • Dr. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) Dokter spesialis anak
  • Elizabeth Santosa, M.Psi,SFP, ACC Psikolog

Tips pola asuh yang bahagia pada anak

Menurut Dr Ariani saluran cerna merupakan organ imunitas terbesar dan memiliki berbagai fungsi, termasuk di antaranya untuk mengolah gizi, berperan penting pada pertumbuhan otak dan penunjang tumbuh kembang anak. Namun faktanya, banyak orang tua masih menganggap bahwa saluran cerna hanya berfungsi sebagai organ utama dalam penyerapan nutrisi. Padahal saluran cerna yang sehat merupakan salah satu kunci penting yang menentukan kualitas pertumbuhan seorang anak. 


Lanjutnya penting nih, bagi orangtua untuk memastikan makanan yang dikunsumsi bergizi seimbang dan mengandung prebiotik agar membantu nutris dapat terserap dengan lebih baik. Salah satunya pemberian probiotik, lactobacillus reuteri yang merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis bermanfaat bagi tubuh contohnya ada di susu, atau makanan yang difermentasi seperti tempe, yogurt dan lain-lain.

Sedangkan menurut Ibu Elizabeth harus adanya pola asuh yang bahagia pada anak selain nutrisi orangtua juga harus memperhatikan kematangan emosi pada anak, menerapkan pola asuh yang bahagia sehingga kematangan emosi pada anak bisa terasah dengan baik.
Tips pola asuh yang bahagia pada anak

Beberapa tips pola asuh yang bahagia pada anak:

Menjadi orangtua bahagia 
kebahagiaan pada anak, bermula pada orangtuanya, jika tidak di mulai dari keluarga? Karena kita sebagai orang tua menjadi sosok role model bagi anak. Berikan contoh dalam keluarga untuk merealisasikan segala kejadian dalam bentuk kebahagiaan, bersyukur sehingga anak akan menyimpan dalam memorinya bahwa keluarganya sangat bahagia dalam segala kondisi.

Berikan Waktu yang Cukup untuk Anak
Anak akan merasa kehadirannya dianggap jika orang tua merangkul dan mencintainya sepenuh hati dalam kondisi apapun..Menjadi orang tua yang selalu hadir dalam momen terpenting, menyempatkan bermain dengan anak, mengobrol bersama, dan saling bertukar pikiran, akan membuat anak merasa bahwa dirinya "ada" dalam keluarga tersebut.

Memberikan Cinta Tanpa Ada Syarat
Ketika anak mulai menunjukan suatu kesalahan, jangan menghukum anak dengan alasan bahwa dia bersalah dan harus diberi hukuman. Menegur dengan cara yang diterima oleh logika anak. 

Mendukung Tumbuh Kembang Anak
Anak usia balita masih melalui proses tumbuh kembang. Sebagai orang tua, satu-satunya cara agar kita mendukung tumbuh kembangnya adalah dengan membiarkan anak menjalani proses sesuai dengan polanya sendiri. Yang artinya jangan paksa anak untuk mampu berbuat sesuatu pada usia tertentu hanya karena melihat jika anak orang lain bisa melakukannya. 

Memberikan makanan yang menyenangkan 
Sering terjadi, orang tua memaksakan anak untuk memakan makanan yang dianggap baik untuk kesehatan atau tumbuh kembang anak. Sementara, bisa saja Si Kecil tidak menyukainya dan merasa dipaksa lalu tertekan. Sebaiknya, buat anak makan dengan suka rela sehingga tidak ada rasa ketakutan dalam dirinya setiap kali ada ajakan makan. Orang tua harus bisa menyiasati pola makan pada anak yang bermasalah, agar anak bahagia dan tidak merasa tertekan ketika ia makan.
Tips pola asuh yang bahagia pada anak

Jika kita menerapkan tips pola asuh yang bahagia pada anak,  tentunya perkembangan anak akan tumbuh dengan bahagia, bahagia yang dirasakan sedari kecil tentunya akan terbawa hingga dewasa dan anakpun akan tumbuh dengan sukses. Semoga saja ya, kita semua termasuk orantua yang selalu bisa memberikan kebahagiaan pada anak dan meberikan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya.  

utieadnu

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ