Saturday, 22 September 2018

Festival Unik Sepanjang Tahun di Jepang



Siapa yang dalam waktu dekat ingin liburan bareng keluarga atau teman ke Jepang?  InsyaAllah maunya tahun ini saya berharap bisa ke Jepang. Jepang adalah negara Asia pertama yang saya ingin kunjungi setelah negeri ginseng. Awal mulanya karena serial drama Jepang (daroma) yang berjudul Be With You suka banget sama angel pengambilan gambar pemadangan sudah gitu ceritanya yang buat baper, coba deh yang suka nonton drama Jepang pasti bakalan suka. Semenjak itu kepingin banget kalau punya uang lebih mau rasanya liburan ke sana, boleh dibilang korban drama. Selain itu juga penasaran dengan kebudayaan dan adat Jepang yang unik.

Ternyata Jepang juga  cukup suskes berada di posisi atas sebagai destinasi paling populer dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak berbagai keunikan budaya, kuliner, keindahan alam dan keseruan lainnya,  dari baju adatnya yaitu kimono, upaca minum teh, ikebana yaitu kesenian merangkai bunga, kemudian Tako kesenian layang-layang juga kendo yaitu olahraga bermain pedang bambu dan Judo olahraga bela diri Jepang dan masih banyak yang lainnya.  Nah, Bagi yang berencana mengunjungi negeri sakura ini, tentunya sudah mencari tahu  tempat-tempat memukau yang lebih dikenal dengan sebutan instagramable.

Festival Unik Sepanjang Tahun di Jepang

Ternyata keajaiban pesona dari Jepang tidak hanya sekedar tempat-tempat wisatanya. Jepang selalu memiliki keunikannya sendiri yang menjadi daya tarik, ada acara festival -festival yang diselenggarakan sepanjang tahunnya. Jadi kalau kita  Jepan dan bertepatan dengan festival-festival yang diselanggarakan  pastinya menambah pengetahuan dan rasa kagum terhadap negara ini semakin bertambah.

Ada 5 daftar festival Jepang yang unik akan saya rekomendasikan dan tentunya akan membuat teman-teman semua segera bergegas pergi kesana  dan cari tiket  pesawat ke Japan untuk menyaksikan festival unik yang diselenggarakan di negara ini.
Tidur diatas salju
Festival Salju Kamakura
Festival yang berlangsung pada tanggal 15 -16 Februari ini diselenggarakan di Kota Yakote. Layaknya rumah khas di Kutub Utara, di Festival Salju Kamakura akan ditampilkan banyak sekali rumah salju yang berbentuk seperti igloo atau yang bisa disebut dengan kamakura. Uniknya di dalam kamakira tersebut terdapat sebuah altar salju. Bukanlah tanpa alasan, altar salju tersebut memiliki tujuan sebagai persembahan masyarakat untuk Dewa Air. Mereka berdoa kepada Dewa Air agar diberikan air yang cukup.

Festival Lampion
Sebelum festival tiang lentera, festival serupa bisa Anda saksikan di tanggal 2-7 Agustus. Tidak jauh berbeda dengan lentera, kali ini festival lampion yang akan menghiasi dan meraimaikan kota Aomori. Festival yang diselenggarakan saat musin panas ini akan siap menghibur Anda yang berkunjung dengan parade harian yang dipenuhi oleh lampion-lampion raksaksa. Bentuk dari lampion itu sendiri biasanya menggambarkan para dewa dan tokoh sejarah dari kebudayaan Jepang dan China. Selain lampion, Anda juga akan terhibur oleh para pemain musik tradisional dan para penari yang ikut menyemarakan festival ini.

Festival Tiang Lentera
Festival Tiang Lentera diselenggarakan sebagai bentuk harapan dan permohonan agar mendapatkan hasil panen yang melimpah. Jika Anda tertarik dan ingin melihat langsung festival ini, Anda bisa mengunjunginya pada tanggal 3-6 Agustus, karena pada tanggal tersebut festival yang diramaikan dengan lentera-lentera yang menjulang tinggi ini diselenggarakan. Bersiaplah terpukau dengan aksi para perfirmers yang membaya dengan seimbang sebuah tiang bambu tinggi yang berisikan lentera kertas. Tidak tanggung-tanggung ketinggiannya bisa mencapai 12 meter dan berbobot 50 kilogram. Keramaian festival ini ditambah ketika suara gendang dan seruilang tradisional yang dimainkan oleh para pemusik ikut memeriahkan.

Festival Jidai Matsuri
Ingat tanggalnya! Karena setiap tanggal 22 Oktober, Anda bisa menyaksikan festival jidai matsuri. Ribuan orang beramai-ramai menjadi peserta sebagai bagian untuk memeriahkan keberlangsungan festival ini. Karena peserta yang begitu banyak, dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menyaksikan seluruh prosesi festival yang dislenggarakan dalam rangka memperingati hari berdirinya kota Kyoto ini.  Pengunjungyang datang akan terhibur oleh para peserta yang melakukan parade. Mereka berjalan-jalan sambil mengenakan pakaian tradisional yang khas dan unik, sehingga sangat menampilkan budaya Jepang yang eksotis dan mempesona.

Festival Boneka
Dalam rangka menyemarakan Hari Anak Perempuan yang diperingati masyarakat Jepang, festival boneka diadakan. Festival ini  menempatkan serangkaian boneka khsusus yang disusun secarah rapih berjajar. Anda bisa melihat festival boneka pada tanggal 3 Maret. Keunikan dari festival ini karena kepercayaan masyarakat setempat yang percaya bahwa boneka-boneka tersebut dapat menghilangkan roh jahat serta bentuk doa dari orang tua bagi kesehatan dan kehidupan anak perempuan mereka.

Dengan mengetahui festival-festival yang unik di Jepang  tentunya semakin membuat penasaran untuk segera liburan kesana. persiapkan segala sesuatunya dari akomodasi sampai perlengkapan yang akan dibawa. Selamat berlibur jangan lupa share ceritanya ya.

Semoga bermanfaat...




14 comments :

  1. Negeri impianku nih kak. Doa dan nabung akh biar bisa liat langsung ke Jepang.

    ReplyDelete
  2. aku takut norak nih kalau ke Jepang pas musim salju hahaha tapi penasaran karena di Indonesia enggak ada, mudah-mudahan bisa ke Jepang. amin

    ReplyDelete
  3. Banyak ya festival di Jepang, tapi pengen yang pas di musim saljuuuu, biar sekalian ngerasain salju huehe.

    ReplyDelete
  4. Adikku selalu ceritain berbagai Festival di Jepang, baca lagi di postingan ini, bikin aku tambah pengen ke Negeri Sakura ini deh, haha. Semogaa ada rezekinyaaa bisa menjejak dan menikmati berbagai keindahan dan festival disana. Amiiiin

    ReplyDelete
  5. Seru kayaknya kalau ke Festival Boneka hehehe :) Wah daku belum pernah ke Jepang niiih. Nunggu ada tiket promo hemat deh ntar kalo ada rezeki aamiin. Jadi kepengen datengin semua festivalnya, pasti bagus buat foto2 ya mb Utie.

    ReplyDelete
  6. Iya ya di Jepang banyak banget festivalnya.. Pingin liat deh yang festival lampion langsung di sana.. Pernah juga liat di tv ada festival salju di Sapporo.. Baguus banget es-esnya dibentuk macem-macem..

    ReplyDelete
  7. Sepertinya memang kudu ngecek ya ada festival apa kalau mau ke Jepang, biar jalan-jalannya tambah seru :)

    ReplyDelete
  8. Pengen nonton satu festivalnya aja gapapa deh, penasaran banget soale sama festival-festival unik yang suka diadain di Jepang.

    ReplyDelete
  9. Aduh itu fotonya tiduran di salju. Aku ternyata tipe yang gak tahan dingin. Tempo hari winter di Jepang sampe susah tidur gara-gara kedinginan. Padahal udah pake heater. :))

    ReplyDelete
  10. Enaknyaaa tidur di atas salju, kl tidur di atas kasur udah biasa ya mbak, tidur di atas salju ini yg luar biasa. Wajib kunjungi semua nih kl ke jepang nanti. Semoga ada rezeki buat kesana

    ReplyDelete
  11. Festivalnya bikin mupeng...unik unik ya... Coba di Indonesia ada salju. Hahaha... #ngayal

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata Jepang punya banyak festival yang menarik ya Mbak, nggak heran jika Jepang jadi salah satu destinasi favorit di Asia.

    ReplyDelete
  13. Jepang ini negeri impianku sejak kecil, cuma belum pernah ke sana. Huhuhu. Jaman kuliah sempat mau ninggalin prodi yang sudah diambil & pindah ke ABA ambil bahasa Jepang, semata-mata biar bisa daftar beasiswa ke Jepang. Tapi terus akhirnya dibatalin. Hahaha.

    ReplyDelete
  14. Pengin banget ngelihat Festival Salju dan Festival Lampion secara langsung. Semoga bisa ke tempat ini suatu hari nanti. Amiinnn.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,