Saturday, 19 January 2019

Beberapa Manfaat Naik Transportasi Umum



Assalamualaikum,,,,

Menemui jalan-jalan macet sepertinya sudah merupakan hal yang biasa dan itu terjadi biasanya pada jam-jam berangkat kerja, makan siang hingga pulang kerja dan itu berputar setiap harinya. Bisa kita lihat kenyataan banyak sekali kendaraan pribadi yang memenuhi jalan raya bahkan mirisnya satu mobil hanya berisikan satu sampai dua orang saja. Kemudian apa yang sebenarnya bisa mengurai kemacetan ini, salah satunya mencoba fasilitas  transportasi umum yang telah diberikan oleh pemerintah.

Akan tetapi transportasi umum ini belum cukup bisa membuat masyarakat mau menggunakannya. Masih banyak orang-orang yang lebih suka menggunakan transportasi pribadi. Padahal, mereka yang menggunakan transportasi pribadi lebih banyak mengeluh soal kemacetan, harga bahan bakar naik, boros bayar tol, lelah mengemudi, dan masih banyak lagi. Tapi, tetap saja tidak mau menggunakan transportasi umum yang sudah pasti tidak akan lelah menyetir, boros bayar tol, atau lainnya.

Beberapa Manfaat Naik Transportasi Umum

Kondisi ini memang berbanding terbalik dari beberapa daerah di negara maju diluar sana. Disana mereka sudah dapat mengandalkan transportasi publik dengan mobilitas yang tinggi. Biasanya, efisiensi waktu menjadi alasan utama. Kondisi macetnya Jakarta membuat masyarakat berpikir dua kali dalam memilih angkutan umum sebagai jasa transportasi mereka.

Saya di Bus Transjakarta
Bus TansJakarta misalnya yang mempunya slogan Ayo Naik Bus Biar Nggak Bikin Macet yang ikut mengimbangi perkembangannya demi kelangsungan hidup orang banyak. Pasalnya, transportasi di Indonesia terus bertransformasi dengan cepat. Pun dengan transformasi umumnya yang semakin baik. Mulai dari fasilitas, pelayanan, transportasi rute, dan lain sebagainya yang membantu kenyamanan para penggunanya.

Coba lihat, hampir semua sistem pembayaran sudah cashless, jumlah unit pun ditambah. Dulu busway mungkin tidak sebanyak sekarang, jalurnya pun terbatas. Kini, hampir seluruh pelosok Jakarta telah terhubung dengan moda ini. Begitu juga dengan Commuter Line, kini telah menjadi salah satu kendaraan idola kaum urban apalagi yang rumahnya di daerah-daerah satelit seperti Bogor, Depok dan Tangerang. Ada pun bus Trans jabodetabek, yang menjangkau bahkan ke daerah-daerah yang biasanya minim transportasi. Sekarang sudah menggunakan sistem BRT (Bus Rapid Transit), yaitu sebuah sistem bus yang cepat, nyaman, aman, dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal.
 
Bus TransJakarta
Tempat duduk yang nyaman juga berAC
Memang mungkin disana-sini banyak yang belum sempurna akan tetapi jangan khawatir Pemerintah terutama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan terus berbenah demi kenyamanan masyarakat. Lama-kelamaan kita akan merasakan "asiknya" menjadi bagian pengguna transportasi umum. Sejak tahun 2017 akhir, transformasi transportasi semakin baik hingga membuat angka pengguna transportasi umum meningkat.

Yang dulu malas naik transportasi umum karena merasa lebih nyaman naik kendaran pribadi, kini mulai cinta dengan transportasi umum. Yang dulu takut-takut kalau naik bis karena rawan pencopetan, sekarang berkampanye mengajak teman-temannya naik bis karena sudah banyak petugas di dalamnya. Yang dulu malas harus berlari-lari mengejar bis, hari ini rela menunggu bis karena sudah banyak halte dengan kuantitas bus yg berangkat cukup sering. Jadi, apa lagi alasan kamu tidak naik bis?

Pembayaran Bus

Manfaat yang akan kita rasakan jika menggunakan bus yaitu:

Hemat Pengeluaran, dibandingkang dengan mengisi bensin, bayar tol naik bus biaya lebih murah hanya Rp 3.500,- dan dibeberapa titik tertentu disediakan bus TransJakarta gratis ke beberapa rute.

Dapat Bersosialisasi
Manfaat naik transportasi umum ternyata dapat membantu melatih diri kita  untuk lebih bersosialisasi dengan orang lain. Sebabnya kita akan bertemu banyak orang dengan sifat, cara berbicara, gaya, hingga topik pembahasan yang berbeda. Dengan begitu, tentunya kita akan belajar cara bersosialisasi dengan berbagai tipe orang. Bahkan teman saya ada yang dapat jodoh ketika di bus loh, karena selalu bertemu pada jam-jamnya yang sama ketika naik bus pada saat berangkat kerja.

Menurunkan Berat Badan
Manfaat lain dari naik transportasi umum, yaitu dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh. Ketika kita telah rutin naik bus, biasanya kita harus berjalan dulu ke halte atau naik JPO (Jembatan penyebrangan orang) . Tanpa kita sadari kita telah melakukan aktivitas rutin bagi tubuh, bisa jadi karena seringnya berjalan atau turun naik berat badan kita berkurang, iyakan…

Memaksimalkan Bahan Bakar Bersubsidi
Jika kita naik kendaran pribadi, tanpa sadar kita menggunakan bahan bakar bersubsidi, karena terbilang lebih murah. Namun sebenarnya, bahan bakar bersubsidi adalah bahan bakar milik negara yang diberikan oleh pemerintah dan digunakan untuk kepentingan publik. Jadi jika kita memiliki kendaraan pribadi, sebaiknya tidak menyalahgunakan apa yang sudah diberikan oleh pemerintah.

Mendukung Langkah Go-Green
Dengan kebiasaan naik angkutan umum, tentunya jumlah pemakaian kendaraan pribadi otomatis akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi udara yang disebabkan asap yang dikeluarkan oleh kendaraan. Secara tak langsung, mencegah terjadinya global warming adalah salah satu manfaat naik transportasi umum dalam jangka panjang.



Bayak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan menggunakan transportasi umumkan. Ayo naik bus tunggu apalagi, biar nggak bikin macet.

Semoga bermanfaat ya,

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ