Thursday, 11 April 2019

Rangkaian Program Menyambut HUT BUMN

Rangkaian program menyambut HUT BUMN ke 21 banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh BUMN. Kegiatan itu berlangsung selama satu bulan sebelum dan sesudahnya. Adapun rangkaian programnya seperti Padat Karya Tunai. Pangan Murah dibeberapa daerah, BUMN Goes to Campus, dan Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019 serta Festival LinkAja di Sidoarjo.

rangkaian program menyambut hut bumn
(kika) Bisma, Bpk Fajar Harry, Bpk Yossi Istanto, Mas Rendy dan Vina

Nah pada tanggal 5 April 2019 di UseeTv, di program Paradigma (Pemikiran Untuk Negeri) diadakan bincang Seru Bareng di HUT BUMN, dengan bintang tamu
  • Fajar Harry Deputi KBUMN
  • Yossi Istanto Direktur Human Capital BTN
  • Rendy Herison Analis Media Sosial
  • Wendy Marc Penyanyi dan Influencer
Seperti biasa acara ini dipandu oleh Vina dan Bisma. Menurut Bpk Harry, kegiatan-kegaitan BUMN dalam menyambut hari ulang tahun (HUT). Kita mengunjungi beberapa wilayah desa di beberapa daerah di Indonesia misalnya kemarin gerakan padat karya tunai, pangan murah dan kegiatan sosial milenial di desa Bojongmalang, Ciamis Jawa Barat yang berlangsung selama 2 hari, yang secara berkelanjutan mewujudkan peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan kontribusi nyata yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Rangkaian kegiatan ini merupakan sinergi dengan berbagai perusahaan BUMN dalam mengusung semangat dan misi BUMN Hadir Untuk Negeri.

rangkaian program menyambut hut bumn
Kegiatan pangan murah
Kegiatan Padat Karya Tunai, Pangan Murah dan BUMN Goes to Campus
Kegiatannya dimulai dengan Padat Karya Tunai diantaranya kegiatan bersih-bersih lingkungan, pembangunan bank sampah, penanaman pohon/penghijauan serta perbaikan sarana umum (jalan). Sebanyak 500 orang warga Desa Bojongmalang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih dan pembuatan saluran irigasi di sawah, penanaman 250 bibit pohon pinus, pembangunan bank sampah serta perbaikan sarana umum.

Kemudian menggelar program pangan murah. Sebanyak 1.000 paket sembako senilai Rp 42.500,- dijual dengan harga Rp 10.000,-. Adapun paket sembako tersebut berisi beras, minyak goreng, gula, sarden dan garam. Terkait penyediaan sembako ini bersinergi dengan Perum Bulog . Untuk membeli paket sembako, masyarakat diminta mengunduh dan melakukan aktivasi aplikasi Link Aja.

Selain itu, melakukan penyuluhan kesehatan. Kegiatan ini merupakan bukti nyata kehadiran BUMN untuk Indonesia hingga menjangkau pelosok desa. Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan BUMN dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Lanjut Bpk Harry untuk menyambut HUT BUMN adanya BUMN Goes to Campus. Program BUMN Goes to Campus telah melibatkan 27 BUMN serta 30.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti Karawang, Riau, Tasikmalaya, Lampung, dan Padang. Program ini memuat agenda seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang dan Vokasi Bersertifikasi untuk 10.000 mahasiswa, dan perekrutan bersama BUMN untuk 11.000 orang mahasiswa.

rangkaian program menyambut hut bumn
Banyuwangi half marathon 2019
rangkaian program menyambut hut bumn
Festival LinkAja
Banyuwangi Half Marathon dan Festival LinkAja
Dan kegiatan akbar lainnya yaitu Mandiri Bayuwangi Half Marathon yang berpusat di Taman Blambangan, Banyuwangi. Hadir 1000 pelari dari dalam dan luar negeri mengikuti Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019. Lomba lari internasional pertama yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi berkolaborasi dengan Bank Mandiri ini merupakan upaya mengembangkan pariwisata di Banyuwangi sekaligus langkah awal menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi marathon di Indonesia dan internasional.

Banyuwangi merupakan kota yang indah dengan berbagai kekayaan alam dan budayanya sehingga kami merasa perlu untuk ikut serta mengembangkan pariwisata di kota ini melalui olahraga lari yang sedang menjadi trend di dunia. Mudah-mudahan event yang didukung oleh perusahaan milik negara ini dapat semain mengenalkan Banyuwangi ke tingkat internasional,

Masyarakat Banyuwangi juga sangat antusias menyambut ajang lari half marathon yang menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT Kementerian BUMN ini. Lebih dari 7 ribu orang memadati race village di Taman Blambangan Banyuwangi untuk melihat dan memberikan dukungan kepada para pelari. Tidak hanya di area lomba, dukungan masyarakat juga mengalir di sepanjang rute yang dilalui para pelari.

Kemudian rangkaian program menyambut HUT BUMN ada Festival LinkAja sekitar seratus lebih pegawai BUMN, keluarga, serta masyarakat memadati Festival LinkAja di GOR Delta Sidoarjo, pada tangggal 7 April 2019.

Program KPR Gaeess dari Bank BTN
Lain lagi dengan program BTN kata Bpk Yossi untuk kalangan mileneal ada program KPR baru bertajuk KPR Gaeess. Program baru diluncurkan untuk memudahkan millenial memiliki hunian baik rumah tapak dan apartemen secara cepat, mudah dan terjangkau.

KPR Gaeess memberikan kemudahan, mulai dari awal pengajuan aplikasi KPR atau KPA, dan biaya yang terjangkau untuk uang muka, biaya provisi dan administrasi. Keunggulan utama program ini . 
  • Bank BTN memasukkan biaya proses KPR dalam plafon kredit dan nasabah tidak perlu mengendapkan dananya di rekening. 
  • Kalangan millenial tidak perlu khawatir untuk mengumpulkan uang muka. Sebab lewat KPR Gaess, ini menawakan DP minimal 1% khusus untuk rumah pertama.
  • BTN memberikan diskon 50% biaya administrasi.
  • Program KPR Gaeess, dikemas bersama dengan KPR Zero. Artinya debitur bisa mendapatkan cuti membayar utang pokok hingga 2 tahun. 
  • KPR Gaeess!! memiliki tenor panjang. Untuk kredit kepemilikan apartemen (KPA) diberikan tenor sampai 20 tahun dan 30 tahun.
Kemudian ketika Mas Rendy ditanya bagaimana pandangannya sebagai analis media sosial, katanya ketika mendapatkan berita hoax jangan kita ikut-ikutan menjadi distributor hoax, hendaknya cari sumber berita apakah dari sumber yang akurat?, cukup berhenti dijari kita sumber tersebut dan jangan diteruskan. Contohnya ketika Mas Rendy bertanya apakah BUMN benar-benar telah rugi selama ini? Kepada Bpk Harry. Berita itu hanya rumor, justru katanya pendapatan BUMN sangat meningkat.

Wendy Marc
Kemudian Wendy Marc Influencer sakaligus penyanyi ini merasa senang dan bangga ikut terlibat dalam perayaan HUT BUMN, di Banyuwangi katanya saya ikut jadi peserta lari, disana masyarakat sekitar dan seluruh keluarga BUMN berbaur menjadi satu. Banyak sekali pameran UMKM yang kesemuanya melakukan transaksinya melalui aplikasi LInkAja. Bahkan katanya doorprize dan games juga menggunakan aplikasi LinkAja.

Semoga saja, dengan rangkaian program menyambut HUT BUMN yang bertajuk one vision, one nation, one family ini menjadi bukti bahwa BUMN hadir untuk negeri dan mensejahterahkan seluruh masyarakat Indonesia. Akhirnya acara ngobrol seru bareng di BUMN ditutup dengan sebuah lagu yang dinyanyikan Wendy Marc. 


No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ