Saturday, 20 April 2019

Wakaf AlQuran Untuk Negeri dari Sinar Mas

Wakaf AlQuran Untuk Negeri dari Sinar Mas
AlQuran adalah kitab suci umat Islam dan  merupakan pedoman hidup bagi yang ingin bahagia di dunia dan akhirat, dan merupakan panutan bagi seluruh umat manusia. Yang mana, AlQuran ini diturunkan sebagai arahan bagi mereka yang ingin hidup sebagai manusia Robbany. Di dalam AlQuran, kita bisa mengambil banyak sekali pelajaran jika mempelajarinya. Dan mendapatkan banyak pahala dikala membaca dan menghafalkannya, Tentunya petunjuk bagi mereka yang ingin Mentadabburinya. Ada banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil di dalamnya. Termasuk, ilmu-ilmu dunia dan  pengetahuan tentang Akhirat bagi kita yang ingin mempersiapkan diri menghadap Allah.

Dan di bulan Ramadhan ini Sinar Mas mengadakan  acara Bazar Rakyat dan wakaf AlQuran untuk Negeri. AlQuran Untuk Negeri ini yang diselanggarakan oleh Sinar Mas sudah berlangsung dari tahun 2008, dan merata ke beberapa wilayah agar pembaca dan penghafal Alquran tetap ada, karena bukan tidak mungkin zaman serba digital ini mengakibatkan kaum milineal menjadi jauh kepada Al Quran dan wakaf ini berlatar semangat kepedulian dan toleransi, semoga saja inisiatif ini dapat mendorong keutamaan membaca dan mengkhatamkan AlQuran di bulan Ramadhan semakin kuat.

Wakaf AlQuran Untuk Negeri dari Sinar Mas

Sepanjang kurun waktu tersebut dengan dukungan Asia Pulp & Paper, Sinar Mas telah terdonasikan sekitar 800 ribu mushaf AlQuran, 50.000 buku panduan membaca AlQuran, dan Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis perusahan yang tersebar di berbagai wilayah. Seluruh kertas Alquran yang diwakafkan dicetak menggunakan kertas premium Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan bagi pencetakan kitab suci dan buku agama. QPP ini memenuhi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan, sehingga 90% produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

QPP dikembangkan mengedepankan aspek halalan thoyiban atau menggunakan produk yang halal dan baik dari mulai proses pembuatannya, bahan baku, peralatan  dan proses penyimpanan semua terbebas dari najis karena kertas ini akan dicetak untuk AlQuran yang berisikan firman Allah  tentu harus dari yang baik untuk hasil yang baik pula.

pemberian mushaf AlQuran kepada PP Muhammadiyah (picture by twitter sinarmas)
QPP di produksi oleh  PT.Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP) Tangerang Mill, merupakan kertas yang berwarna bertekstur halus dan mempunyai daya serap tinta yang baik serta tingkat  pencerahan warna yang maksimal. Yang memiliki speifikasi  High Smoothies dan High Average, dimana pori-pori kertas menyebar secara merata yang menjadikan setiap titik dan hurup AlQuran dapat tercetak maksimal juga High Opacity yang menjadikan tidak berbayang meski dicetak bolak-balik. Meski halus QPP mampun mencetak alQuran hingga 15.000 lembar perjamnya dengan ketahanan kertas dan warna yang mampu bertahan hingga 100 tahun, MasyaAllah.

Awal mula nama QPP ini diberikan oleh klien yang berasal dari Pakistan yang mengeluarkan ide untuk  menamai  sesuai peruntukkannya yaitu mencetak Al Quran. Beberapa daerah wakaf AlQuran untuk negeri ini yang diberikan Sinar Mas adalah
  • 1.000 mushaf AlQuran di sela gelaran Pengkajian Ramadan 1439 H PP Muhammadiyah di Kampus Uhamka, Jakarta Timur,  
  • 1.000 mushaf Alquran kepada Masjid Nogotirto yang secara simbolik diterima oleh H Ahmad Syafii Maarif, Ketua Umum PP Muhammadiyah 1998-2005 yang kini menjabat selaku Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) di Sleman Yogyakarta.
  • 500 Alquran, 500 juz amma, lima Alquran Braile dan 2.500 eksemplar buku tulis kepada  Pondok Pesanteran (Ponpes) Aulia Cendekia di Kelurahan Talang Jambe Palembang. yang diterima perwakilan santri pimpinan Ponpes Aulia Cendekia dengan disaksikan pimpin ponpes Ustaz Hendra Zainuddin.
  • Mengadakan program BBQ (Berantas Buta Al Quran) bersama Forum Masjid Mushola BSD dan Yayasan Mama Papa.
  • 6000 Mushaf AlQuran diberikan kepada  para ulama, dan jamaah pada acara silatuturahmi Akbar Polda Jawa Tengah di Lapangan Polda Semarang
Pemberian Mushaf AlQuran di acara silaturahia akbar Polda Jateng (picture by twitter Sinar Mas
Menurut  Managing Director Sinar Mas Bpk. Saleh Husin wakaf merupakan komitmen pihaknya mendukung langkah pemerintah memperluas ketersediaan AlQuran di masyarakat, sekaligus sembari bersilaturahim dengan berbagai kalangan yang dijumpai. Dan juga Sinar Mas  melalui pilar usahanya APP Sinar Mas menempatkan kegiatan wakaf AlQuran ke dalam program corporate social responsibility (CSR) yang mengedepankan produk dan merek andalan sendiri. Sejalan dengan kebijakan Pemerintah memperkuat penggunaan produk dalam negeri.

Semoga dengan wakaf AlQuran yang tersebar untuk negri ini makin banyak pembaca dan penghafal Quran yang tantunya akan berakibat baik kepada negeri ini, sehingga kelak terlahir pemimpin yang Qurani yang tentunya akan menjadikan Indonesia negeri riyadhatul Jannah. Lalu bagaimana sikap kita orang tua agar menumbuhkan cinta Quran kepada anak-anak?, salah satunya dengan memberikan contoh dari kita sendiri sebagai orangtua yang setiap hari tidak lepas untuk membaca AlQuran dan juga memasukkan anak ke lingkungan pergaulan yang Qurani.

AlQuran Terjaga Keabadiannya.
Berungtunglah jika kita termasuk atau ada anggota keluarga sebagai penghafal Al-Qur’an. Terlebih anak kita sendiri. Dan janji Allah Swt terhadap mereka penghafal atau hafiz, adalah sebagai berikut

Allah akan memberikan kepada hafidz di akhirat; mahkota kehormatan.
Sesuai dengan yang terdapat di  sebuah hadits, dari Abu Hurairah ra, ia berkata, “Baginda bersabda, orang yang hafal Alquran kelak akan datang dan Alquran akan berkata:
“Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru.”Maka orang tersebut diberi mahkota kehormatan.
Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan tambahkanlah pakaiannya.” Kemudian orang itu diberi pakaian kehormatannya. Alquran berkata lagi: “Wahai Tuhan, ridhailah dia.” Maka kepadanya dikatakan, “Baca dan naiklah.” Dan untuk setiap ayat, ia diberi tambahan satu kebajikan.” (HR. At Tirmidzi).

Berkumpul bersama malaikat yang mulia lagi taat. 
“Dan perumpamaan orang yang membaca Quran sedangkan ia hafal ayat-ayatNya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (Muttafaqun ‘alaih).

Diitinggikan derajatnya saat berada di surga.
Sesuai dengan sebuah hadits yang bunyinya, dari Abdillah bin Amri bin ‘Ash dari nabi Saw. Beliau bersabda, “Akan dikatakan kepada shahib quran, “Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan AlQuran  di dunia sesungguhnya kedudukanmu di akhir ayat yang kau baca.” (HR Abu Daud dan At-Tirmidzi).

Mudah-mudahan anak-anak kita berada diantara golongan penghapal Quran, dan terimakasih atas kepedulian Sinar Mas untuk program AlQuran Untuk Negeri ini. Semoga selalu berkah dan sukses. Satu hal apapun yang tertajadi AlQuran tetap abadi karena Allah sendirilah yang akan menjaganya sebagaimana firman Allah.

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan adz-Dzikr (alQuran), dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjaganya [al-Hijr/15:9]

Semoga bermanfaat ya…


No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏