Yuks Jadi Emak-emak Sadar Bisnis

Pagii emakss, semoga selalu sehat-sehat ya,, oh ya siapa nih semenjak pandemi kemarin jadi berubah mindset untuk cari uang tambahan begitu melihat suami WFH terus ada yang dipotong gajinya…

Atau memang sudah dari dulu terbiasa untuk bisnis di rumah , karena bisa nyambi menjaga anak-anak. Nah mau cerita tentang perjuangan bisnis rumahan akuh nih, semenjak berhenti kerja dari yang mulai dropshipper butik teman, terus freelance script writer sampai akhirnya buat kue rumahan untuk dijual. 

Pastinya memang tidak selancar yang dibayangkan ada sepinya bahkan kadang ramai pembelinya. Tapi dijalanin aja karena ini hobi yang kemudian serius yang bisa menghasilkan cuan.

maksadis

Tapi intinya ketika kita menghasilkan uang sendiri pasti ada rasa kebahagian bisa membeli apapun yang kita ingin tanpa mengganggu anggaran belanja yang diberikan suami atau bahkan kita bisa membantu menambal istilahnya kekurangan anggaran belanja yang memang setiap harinya pasti bertambah. Karena memang kebutuhan yang semakin meningkat.

Bisnis di jaman digital ini tentu terbantukan dengan banyak platform yang gratis yang bisa kita manfaatkan seperti facebook, instagram, line, twitter, linkid kesemuanya bisa secara free di unduh. Nah platform itulah yang akan mampu membuat bisnis kita berkembang apabila kita memanfaatkannya dengan bijak.

Emak-emak Sadar Bisnis  (Maksadis)

Seperti yang baru-baru ini program emak-emak sadar bisnis (Maksadis) yaitu sebuah program Makpreneur dari akademi InspiRadzi berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Menteri Sandiaga Uno dan Pemain Sinetron dan Selebgram Shireen Sungkar, pada hari Jumat, 10 Desember 2021 di Ballroom K-Link Tower, Jakarta.

Program Makpreneur Akademi InspiRadzi ini didukung penuh oleh puluhan mentor yang berpengalaman dan aplikasi Kmart sebagai sarana belajar, belanja sehat dan bisnis online hebat.
yuks-jadi-emak-emak-sadar-bisnis
Mc, Shireen, Lia dan Bpk Sandi

Nantinya Makpreneur ini sebagai wadah komunitas akan membantu emak untuk menjadi marketer yang sukses melalui pelatihan dengan modul yang sudah teruji berhasil dengan coach bisnis yang juga sukses dengan bisnisnya. Dalam komunitas ini ibaratnya dari emak untuk emak. Mendorong emak-emak lain untuk meraih hasil yang sama.

Apa yang ditawarkan oleh Program Makpreneur Akademi InspiRadzi adalah kesempatan untuk belajar bisnis dengan materi-materi yang sudah disesuaikan dengan karakteristik emak, seperti; mudah untuk diaplikasikan, hasil terukur.

Materi yang akan diberikan Personal Branding, Strategi Marketing memanfaatkan media sosial, Content Creator, Video Marketing, Content Strategy dan Content Writing.

Tujuan dari Makpreneur ini adalah mencetak emak-emak yang produktif yang mampu menguasai berbagai skill digital dengan dukungan penuh dari aplikasi bisnis Kmart yang merupakan platform untuk Belanja Sehat dan Bisnis Online Hebat.

yuks-jadi-emak-emak-sadar-bisnis
Datuk Radzi Saleh

Menurut Pak Radzi Saleh selaku Founder Aplikasi Kmart. “Program Makpreneur bersama Kmart bermaksud memberikan kesempatan kepada emak-emak seluruh Indonesia untuk mulai berbisnis online tetapi tetap di rumah sambil momong anak-anak, bisa mendapatkan penghasilan yang besar,”

Sama halnya dengan yang disampaikan Menteri Sandiaga Uno, “Ini yang paling benar, emak-emak berdaya dan berpenghasilan tapi tidak melupakan kewajibannya mengurus suami, anak-anak dan rumah tangga, saya kagum ada emak-emak di sini yang juga sedang berbisnis? Semangat dan sukses untuk kalian semua."

"Seorang ibu rumah tangga  itu memang tidak pernah habis energinya. Selain mengurus keluarga, masih sempat juga untuk mengembangkan diri untuk berbisnis, mencari tambahan pemasukan keuangan dan menciptakan lapangan kerja"

yuks-jadi-emak-emak-sadar-bisnis
Shireen Sungkar dan Sandiaga Uno

Terus Shireen Sungkar juga menceritakan nih Selain sebagai seorang istri, Shireen juga aktif menjalankan beberapa bisnisnya. Pernah merasakan bisnis yang gagal dan tidak balik modal, intinya harus terus belajar, dan jangan pernah putus asa.

Katanya "Aku melihat emak-emak luar biasa sih, kita ngurusin anak, di rumah urusin suami, masak, tetap segala macam tapi melek bisnis. Apaladi di era digital ini justru makin mempermudah para ibu untuk berbisnis. Pasalnya, mereka bisa memantau pekerjaan dari rumah sambil fokus mengurus keluarga."

Kesempatan ini bisa menjadi peluang ibu-ibu memulai bisnis secara online. Menurutnya digital mempermudah sih, kayak misal pandemi kemarin kita di rumah aja, tapi kan orang tetap bisa jualan lewat online, orang tetap bisa lihat website, ngeliat produksinya kita bisa beli online.

Dan menurut Shireen lagi, "memulai bisnis online harus selalu memiliki ide segar agar bisa bertahan. Selain itu tentunya menyerap banyak ilmu dan mengikuti zaman agar bisnis terus berkembang. Kita harus kreatif, kita harus melek karena jualan online dan offline berbeda jadi dua-duanya harus kita kuasai, ikutin komunitas yang punya wadah seperti Makpreneur ini contohnya".

Kemarin Juga hadir salah satu Ibu rumah tangga dari Jonggol yang telah berhasil menghasilkn omzet puluhan juta dari Kmart ini. Ibu Lia, setelah hampir tiga tahun menekuninya.

Bagaimana Cara Mendaftar Jadi Bagian Makpreneur?

Bagi yang tertarik menjadi bagian dari Makpreneur ini lebih lanjut bisa daftar melalui link ini https://bit.ly/joinemakpreneur .

oh iya Kmart ini adalah sebuah aplikasi belanja bisnis online dengan menjadi reseller dalam program bootcamp atau kita bisa juga berbelanja produk-produk food suplement, beauty dan aksesoris kesehatan agar kita benar-benar mendapatkan produk yang asli.

Dan Kmart bisa diunduh di appstore dan plyastore dan juga bisa langsnung mengakes www.k-mart.co.id 

Intinya nih kita semua bisa manfaatkan peluang dan waktu yang ada. asal ada niat dari segala bisnis apapun yang dicoba pertama adalah niat dan usaha punya keinginan untuk maju. Karena untuk berhasil itu butuh proses dan aku nih termasuk orang yang menganut bahwa proses tidak pernah mengingkari hasil.

Yuks jadi emak-emak sadar bisnis, yang bisa menjadikan diri kita lebih mandiri secara financial,🤗

Semoga Bermanfaat
Utieadnu

13 comments

  1. TD aku pikir k-mart ini semacam supermarket yg menjual barang2 Korea mba 😅. Ternyata aplikasi utk menjadi reseller atau belanja berbagai barang ya mba.

    Aku salut Ama ibu2 rumah tangga tapi yg masih bisa menjalankan bisnisnya dari rumah. Bukan hal yg mudah, apalagi masih disambi Ama kerjaan rumah lainnya. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,,, bener pas dibuka kayak market place gitu ,,, bener manfaakan peluang yang ada utk bisa mandiri secara financial

      Delete
  2. Jadi perempuan memang kudu berdaya ya mak
    Lumayan nyiptain peluang 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju teh udah saatnya emak2 berani berbisnis

      Delete
  3. Mak emak pun harus kreatif dan bisa tetap produktif walau dari rumah ya mak.. Yuk semangat buat para mak emak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget pokoknya gunakan waktu luang dan kesempatan yang ada

      Delete
  4. Kemampuan seorang perempuan memang jauh lebih fleksibel ya Mbak, kemampuan membagi fokus ke beberapa kerjaan atau multi- tasking nggak perlu diragukan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya cuma perempuan yang bisa multitasking gak bisa dikalahkan dala hal ini

      Delete
  5. Siap mba mandiri secara finansial penting banget buat perempuan karena kita gak tau akan yg terjadi kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget biar gak kaget nantinya ya mba udah punya pegangan

      Delete
  6. Penting banget punya bisnis saat ini ya.. manfaatkan waktu luaangbdan Kesempatan yang ada.

    ReplyDelete
  7. Di era sekarang, maaak maaak bisa tetap produktif dan bekerja meski dari rumah, harus jeli memanfaatkan kesempatan yang ada. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener banget jitu melihat kesempatan yang ada

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏