Tuesday, 29 May 2018

Cegah Anyang-anyangan Dengan Prive Uri Cran



Pernah mengalami anyang-anyangan atau ingin terus menerus buang air kecil meskipun urine yang dikeluarkan tidak banyak. Saya pernah mengalaminya ketika menahan buang air kecil ketika Pulang-Pergi Jakarta-Bogor. Hal ini karena saya tidak berani buang air kecil di toilet umum dan hasilnya sangat menyiksa mengalami anyang-anyangan 1x24 jam tidak bisa tidur, bolak balik ke kamar mandi, pokoknya terasa tidak nyaman,  ceritanya pernah saya tulis disini,

Ternyata jangan pernah sekalipun  menyepelekan  anyang-anyangan ujar dr Boy Abidin SpOG (K) di acara Blogger Gathering & Talkshow, "Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita", di Jakarta. Anyang-anyangan bukan saja diakibatkan karena menahan buang air kecil (BAK) ternyata ada semacam bakteri yang bernama bakteri E- coli dan ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai akibat anyang-anyangan.

Cegah Anyang-anyangan dengan Prive Uri-Cran

Mengenal Anyang-anyangan.
Anyang-anyangan memiliki bahasa medis polakisuria. Seseorang bisa mendapatkan kondisi ini ketika kandung kemih yang dimiliki tidak mampu menampung urine dengan volume asli. Normalnya kandung kemih penuh setelah volume urine 500 ml. Namun, pada kondisi ini, kandung kemih akan memberi sinyal ingin buang air kecil walau urine yang tertampung sedikit.

Polisakuria terjadi pada tubuh karena muncul rangsangan di dinding mukosa kandung kemih. Rangsangan ini menyebabkan kita sering buang air kecil meski sampai kamar mandi tidak ada atau hanya sedikit urine yang dikeluarkan.

Anyang-anyangan merupakan gejala awal infeksi saluran kemih, dan infeksi ini akibat adanya koloni kuman di saluran kemih yang masuk secara hematogen (aliran darah) dan ascending (menjalas keatas) yang dinamakan bakteri E-Coli.
dr Boy Abidin SpOG (K)
Hal-hal yang menyebabkan anyang-anyangan antara lain

Jenis Kelamin (Perempuan lebih berisiko)
Kondisi saluran kemih perempuan yang lebih pendek dibanding dengan laki-laki membuat perempuan lebih beresiko terkena anyang-anyangan karena letak bakteri E. Coli yang biasanya terdapat pada anus lebih dekat dengan saluran kemih sehingga risiko terinfeksi bakteri tersebut lebih besar.

Kurang Terjanganya Kebersihan Organ intim.
Kebiasaan membersihkan organ intim dari arah belakang ke depan dapat menyebabkan anyang-anyangan karena hal tersebut membuat bakteri E. Coli yang terdapat pada anus ikut terbawa ke organ intim dan menginfeksi saluran kemih. Selain itu tidak rutin mengganti celana dalam.

Keputihan
Bakteri Chlamydia merupakan bakteri yang menjadi penyebab keputihan pada wanita. Jika bakteri ini sampai masuk ke saluran kemih maka dapat menimbulkan infeksi.

Menopause
Berkurangnya hormon estrogen pada saat memasuki usia menopause membuat sistem kekebalan pada saluran kemih juga menurun sehingga lebih rawan terkena infeksi.

Kurang Minum
Fungsi air minum tak hanya mengeluarkan racun dari dalam tubuh, tapi juga membantu mengeliminasi bakteri dari saluran kemih. Jika tubuh kurang cairan, maka produksi urine semakin sedikit dan bakteri pun tak bisa terbuang sempurna dari saluran kemih.

Menahan Keinginan Buang Air Kecil
Biasanya faktor ini penyebab anyang-anyangan yang lebih banyak diketahui oleh masyarakat awam. Kenapa menahan keinginan buang air kecil bisa menyebabkan anyang-anyangan? Karena ternyata urine yang tertahan lama dalam saluran kemih dapat melipatgandakan bakteri sehingga resiko terkena anyang-anyangan meningkat.

Penggunaan Produk Pembersih dan Pantyliner
Jangan sembarang membersihkan organ intim dengan sabun yang bukan termasuk sabun khusus itupun jangan sesering mungkin menggunakannya, karena akan ada bakteri baik yang hilang yang akan menjaga kelembaban organ intim, begitu juga penggunan pantyliner setiap hari yang akan menimbulkan organ intim hilang kelembabannya karena terhalang sirkulasinya oleh pantyliner.

Aktivitas Seksual
Bakteri penyebab infeksi saluran kemih biasanya hidup pada perineum atau daerah yang berada di antara anus dan uretra. Aktivitas seksual dapat menyebabkan bakteri ini terangkut ke dalam kandung kemih apalagi jika malas untuk membersihkan organ intim setelah selesai berhubungan.

Kehamilan
Kondisi kandungan yang kian membesar membuat janin makin menekan kandung kemih sehingga keinginan buang air kecil pun semakin meningkat. Aktivitas berkemih yang semakin sering membuat kondisi kelembaban di sekitar organ intim juga semakin meningkat sehingga membuat bakteri mudah berkembang biak dan menginfeksi saluran kemih. Selain itu hormon kehamilan juga membuat perubahan pada kondisi saluran kemih sehingga lebih rentan terinfeksi.

Sebenarnya masih banyak penyebab anyang-anyang tapi paktor paling utama adala karena bakteri yang masuk kedalam saluran air kemih yaitu bakter E- Coli.

Adapun Gejala infeksi saluran kemih yang perlu diwaspada ada beberapa lanjut dr Boy Abidin yaitu
  • Nyeri saat BAK, disertai rasa panas di urethra
  • BAK lebih sering sampai dimalam hari.
  • Tidak dapat menahan BAK
  • BAK tidak tuntas (anyang-anyangan)
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Demam ringan, tidak enak badan (malaise)

Kemudan cara pencegahannya yang bisa kila lakukan adalah
  • Minum air putih  sebelum haus minimal  2-3 liter perhari.
  • Menjaga kebersihn organ intim, jangan sering membersihkan dengan sabun biasa gunakanlan sabun khusus yang pHnya balance, kemudian hindari penggunaan pantyliner
  • Hindari menahan BAK
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun
  • Dan mengkonsumsi buah cranberry

Kenapa harus buah cranberry, ternyata cranberry banyak mengandung Proantacyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli pada diding sel epitel saluran kemih, dan membuangnya bersama urine. Akan tetapi mencari buah cranberry tidak semudah mencari buah papaya ataupun pisang.

Buah cranberry berasal dari Eropa dan Amerika, meskipun banyak tumbuh di Negara Asia. Cranberry mempunyai banyak nama. Seperti fenberry  dan mossberry. Cranberry banyak menghasilkan buah pada awal bulan oktober. Buah cranberry berwarna merah tua ketika dipanen. 

Dahulu kala orang Indian mengumpulkan buah cranberry di rawa-rawa dan lahan gambut. Saat orang Indian menawarkan buah cranberry kepada pendatang dari Eropa, orang-orang Eropa sangat menyukainya. Dan menganggap buah cranberry lebih lezat dari buah berry. Sedangkan di Indonesia sangat jarang buah cranberry dijumpai. Jikapun ada harganya sangat mahal. Dan untuk hasil yang maksimal biasanya mengkonsumsinya  2 gelas juice cranberry perhari selama kurang lebih 10 hari. 
2 varian kapsul dan powder
Prive Uri - Cran

Nah, sekarang ada acara praktis mencegah anyang-anyangan yaitu Prive Uri-Cran. Prive Uri-Cran  merupakan food supplement yang mengandung ekstrak cranberry, yang membantu memelihara kesehatan tubuh. Ada yang berbentuk kapsul dan powder. Kebetulan kemarin saya membeli yang powder komposisinya selain ekstrak cranberry ada vitamin C, prebiotic, FOS dan kalsium laktat,  glukonase yang dapat membantu memelihara kesehatan .

Manfaat kandungan tambahan selain ekstrak cranberry dalam Prive Uri-Cran plus tersebut antara lain.

Vitamin C
Vitamin C diketahui memiliki antioksidan yang bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan infeksi.

Lactobacillus Achidopillus merupakan bakteri yang biasanya terdapat dalam saluran pencernaan dan memiliki fungsi dalam merangsang kekebalan tubuh terhadap mikroorganisme yang tak diinginkan, oleh karena itu bakteri ini juga sering digunakan dalam mengatasi penyakit pada saluran kemih.

Bifidobacterium Bifidum bakteri yang banyak ditemukan dalam usus dan mukosa vagina, bakteri ini berfungsi dalam mencegah perkembangbiakan E. Coli dan bakteri jahat lainnya.

Untuk penyembuhan anyang-anyangan yang maksimal anjuran konsumsi Prive Uri-Cran  kapsul adalah 1-2 kapsul sehari. Sedangkan untuk Prive Uri-Cran plus powder adalah 1-2 sachet perhari.


Mengkonsumsi Prive Uri-Cran Plus secara rutin akan dapat menjada kesehatan kita  serta mencegah anyang-anyangan. Minum ini tidak menyebabkan ketergantungan jika ingin berhenti ditengah-tengahoun tidak apa-apa. Intinya jika mengkonsumsinya kita akan mendapatkan kesehatan tubuh karena manfaatnya begitu banyak salah satunya mencegah infeksi saluran kemih berulang.

Semoga bermanfaat ya.

28 comments :

  1. Saya pernah alami anyang-anyangan, duuh rasanya gak enak banget mbak. Nyeri2 gitu dan gak nyaman. Gejala dan dampak anyang2an sangat perlu diketahui masyarakat luas agar makin banyak yg paham, soalnya saya dulu juga gak tau kl ada jenis penyakit ini, taunya ya dari teman2 yang sudah merasakan sendiri dampk anyang2an itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener prive uri cran ampuh banget baru minum 2 gelas hasilny udah ada jd gk worry lagi

      Delete
  2. Anyang2an ini kalau di bahasa Sunda beda artinya, baru denger kalau ini salah satu Penyakit belakangan ini, dan ya ampun aku termasuk yg suka nahan pipis karena jijik-an kalau di tempat umum gak nemu toilet bersih seringkali aku tahan, ternyata itu bisa berdampak fatal ya, huhu.

    Makasih mba share infonya, aku jadi lebih aware apalagi lagi hamil dan suka ada keputihan pula :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini aman kok utk ibu hamil dikonsumsi tiap hari rasany juga enak seger

      Delete
  3. Aku pernah nyoba uri cran, enak rasanya asem seger.

    ReplyDelete
  4. Ternyata bukan lapar saja ya yg dilakukan sebelum merasa lapar. Sebelum haus pun sebaiknya dah minum. Jadi jangan ngg haus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba agar kbutuhan cairan terpenuhi, dn juga bakteri e coli terbawa klo BAK

      Delete
  5. Bebas dari anyang anyangan itu bikin perempuan bebas berkegiatan.

    ReplyDelete
  6. Duhhh... anyang-anyangan memang menyiksa banget ya. Thanks for sharing ya, kalau anyang-anyangan minum Uricran yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bner mba sedia dirumah mulai dari sekarang prive uri cran d apotik jg sdh ada

      Delete
  7. Pernah minum Uricran pas anyang2an dulu, gak nyaman banget ke toilet bolak-balik, abis minum Uricran keluhan berkurang, jg ke toiletnya gk sering2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin aman uricran ya,,, diminum rutin pun ngga masalah malah bagus

      Delete
  8. Rasanya enak ya Prive Uricran ini, jadi gak seperti minum obat. Aman pula diminum tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba aman lagi jadi prive uri cran ngebantu banget

      Delete
  9. Aku pernah mencoba prove urican dan rasanya memang segar banget. Apalagi dikonsumsi dalam keadaan dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedia terus d rumah ambaaa biar aman dn buat jaga2

      Delete
  10. Aku pernah pas hamil kena anyang-anyangan, hiks rasanya emang gak enak, sampe harua konsul dokter trs dikasih obat. Belum tau ada Prive Uricran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dulu adikku lag hamil juga gitu tapi udah di kasih prive uri cran sih dan sembuh

      Delete
  11. Aku pernah anyang-anyangen, nggak pengin lagi, sakitnya ampun deh.
    Sekarang perbaiki pola makan dan minum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr menyiksa ya akupun per nah, untung udah ada prive uri cran jadi gk worry lg

      Delete
  12. Buah cranberry itu aslinya mahal lho. Kalau kita makan buahnya langsung sayang ya. Untungnya si prive uri cran punya solusinya buat orang-orang yang mengalami anyang-anyangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal dan jarang mba klo di indonesia, tanamny jugamesti deket rawa2 gitu katany

      Delete
  13. Obat ini beneran rasa cranberry ya,seger banget klo diminum dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak dan seger aku jug a stock dirumah misua juga minum tuch

      Delete
  14. Jadi makin mudah ya ngatasi anyang-anyangan, ada Uricran..

    ReplyDelete
  15. keknya enak nih, cocok kalau untuk mudik kan toilet umum suka gak bikin keluar kalau pipis hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups sedian di rumah mulai sekarang, konsumsi rutin pasti ada khasiatnya

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,