Thursday, 17 May 2018

Tips Pesan Tiket Kereta Api Secara Online



Menjelang liburan lebaran tentunya rencana mudik sudah menjadi wacana dalam keluarga, mau naik apa agar sampai dengan nyaman dan tentunya terbebas dari macet. Ada pilihan alternatif biasanya naik kerata api menjadi pilihan yang paling mudah selain harganya lebih murah, cepat dan nyaman juga, untuk pulang mudik. Ada tips pesan tiket kereta api secara online agar kita bisa mendapatkan tiket sesuai jadwal yang kita inginkan.

Membeli tiket kereta api sekarang sudah lebih praktis. Bagi kita yang terlalu sibuk untuk datang ke loket stasiun, pemesanan kini dapat dilakukan secara online.  Dengan 5 langkah mudah  untuk   pesan tiket kereta api online berikut ini

Reservasi tiket sejak jauh-jauh hari
Menjelang liburan atau momen mudik, tiket transportasi umum selalu ludes dalam hitungan hari. Dengan metode online, kemungkinan tiket habis pun akan semakin cepat mengingat aksesnya yang kian mudah. Di sisi lain, kita dapat mengantisipasinya dengan membeli tiket sejak jauh-jauh hari.

Biasanya, PT KAI (Persero) melayani transaksi tiket umum 90 hari atau kurang lebih tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Layanan ini berlaku baik di loket maupun situs resmi PT KAI, tetapi juga seluruh jaringan penjualan tiket yang bekerjasama dengan badan tersebut. Dengan begitu, kita yang berencana pulang saat Lebaran dapat memesan tiket beberapa minggu sebelum hari H dengan harga terjangkau.

Pesan dengan perhitungan waktu tepat
Penjualan pertama tiket untuk umum biasanya diluncurkan tepat pukul 00.00 WIB. Perebutan tiket yang cukup ketat membuat banyak orang tersisih dan semakin mengecilkan kesempatan. Kemudian, yang tidak kebagian tiket pun harus menunggu sekitar 1-3 jam untuk mencobanya kembali.

Mengapa sampai tiga jam? Pasalnya, dalam jangka waktu tersebut PT KAI akan memproses transaksi calon pembeli yang berhasil melakukan pemesanan tiket kereta api. Jika ada beberapa pemesan yang batal atau ternyata tidak menebus pembayaran, maka tiket mereka akan diserahkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Jadi, Anda jangan cepat menyerah kalau belum beruntung.

Pakai metode pembayaran paling mudah
Untuk memudahkan transaksi online, PT KAI menyediakan lebih dari satu metode pembayaran. kita dapat transfer melalui ATM, memakai kartu debit maupun kredit, e-banking, mobile banking, hingga bayar di merchant rekanan seperti di minimarket. Bahkan ada juga yang menyediakan layanan dompet virtual.

Di sisi lain, walau opsi pembayaran cukup beragam, pilihlah metode yang paling mudah yang dapat kita  jangkau. Misalnya, jangan memilih transfer lewat ATM atau merchant kalau kita  melakukan pembelian tengah malam dan lokasi kedua tempat tersebut jauh dari rumah. Ingat, kita hanya diberikan waktu selama tiga jam untuk menebus tiket atau tiket akan hangus dan diberikan ke pemesan lain.

Menggunakan koneksi internet stabil
Koneksi internet adalah kunci utama lainnya yang menentukan keberhasilan  dalam membeli tiket. Semakin banyak orang yang mengakses website atau aplikasi penjualan, biasanya semakin lambat pula laman termuat. Tanpa koneksi internet mumpuni, mustahil kita cepat mendapatkan tiket.

Sebelum melakukan pemesanan, pastikan ponsel atau tablet  sudah diisi dengan paket internet cepat. Akan lebih baik jika memanfaatkan wi-fi yang cenderung lebih stabil, sehingga pembelian tiket kereta api tidak akan terganggu. Selain itu, lakukan transaksi di lokasi dengan sinyal maksimal untuk mencegah koneksi terputus.

Memesan dari tempat selain situs KAI
Seperti yang telah disebutkan, PT KAI bekerjasama dengan pihak lain untuk melancarkan transaksi tiket. Biasanya, mereka menjalin mitra dengan agen travel yang sudah mempunyai aplikasi. Dengan begitu, yang kesulitan mendapatkan tiket dari situs resmi KAI dapat melakukannya di tempat lain.

Sebelumnya, perika apakah agen travel atau aplikasi yang menawarkan tiket tersebut memang pihak yang ditunjuk PT KAI. Jangan sampai Anda membeli dari oknum-oknum tidak resmi. Kalau sudah begitu, akan sulit bagi kita untuk melakukan konfirmasi dan mau tak mau harus mengeluarkan dana tambahan untuk membeli tiket baru.

Menyoal tentang harga tiket,  yang punya bujet terbatas masih bisa membeli tiket untuk kelas dengan fasilitas memadai bila tahu kuncinya. Misalnya dengan menghindari peak season dan akhir pekan, mengingat angka permintaan sedang sangat tinggi saat itu. Kemudian, kalau pembelian tiket dilakukan di travel agen atau aplikasi, manfaatkan kupon yang sering kali ditawarkan saat Anda kali pertama mendaftar.

Semoga bermanfaat ya, dengan menerapkan 5 langkah di atas, mudah-mudahan kita bisa mendapatkan tiket kereta api yang diharapkan. Dan bisa  menikmati perjalanan ke kampung halaman dengan aman.




4 comments :

  1. Aku suka pesannya dari situs lain. Biasanya lebih mudah, termasuk untuk urusan pembayaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga gampang kok mba cepet lagi

      Delete
  2. Aku biasanya pesan dari situs lain sih, eh tapi pernah jg langsung dr situs KAI< sama2 gampangnya kok, cuma bandingin dulu yg murce yg mana, meski beti hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,, tapi enak juga sih lebi pasti kalo dari KAInya caranya ngga ribet lagi praktis

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,