Sunday, 6 May 2018

Tips Asupan Sehat Selama Bulan Puasa



Healthy Plan for Ramadhan bersama 
Womantalk dan Polytron
Tidak terasa lagi ya, beberapa hari lagi kita akan menuju bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dan berlimpah pahala. Berpuasa sebulan lamanya, bukan berarti membiarkan nutrisi untuk tubuh tidak tercukupi. Justru dengan berpuasa kita juga harus mengontrol asupan nutrisi sehingga dapat mensupport kebutuhan tubuh, serta menjaga agar tubuh tetap segar. Nah, bagaimana nih persiapan kita sebagai ibu rumah tangga untuk mempersiapakan hidangan sehat untuk keluarga  selama Ramadhan, tanggal 4 Mei 20018 Womantalk  bersama Polytron  mengadakan acara Healthy Plan For Ramadhan.

Menurut Ms Jocelyn Halim, dan Ibu Nadia ahli Nutrisi saat berpuasa justru makanan sehat diabaikan, dan yang dipilih adalah makanan yang penting mengenyangkan. Padahal, tubuh lebih membutuhkan kecukupan nutrisi, ketimbang hanya rasa kenyang. Jadi menu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi saat berpuasa? Nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sangat beragam. Karena tidak ada satu jenis makanan saja yang bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi itu. Perlu lebih cermat memilih jenis makanan khususnya di bulan puasa. Tips Asupan sehat selama bulan puasa yaitu :

Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan
Ada tiga sayuran yang mudah ditemukan dan khasiatnya luar biasa, yaitu bayam, wortel dan brokoli. Tiga sayuran tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin B yang baik untuk kesehatan. dapat diolah menjadi berbagai menu, mulai tumisan, jus, hingga salad, dan Buah-buahan menyediakan aneka nutrisi yang melimpah, mulai dari vitamin hingga mineral yang tentu dibutuhkan tubuh sepanjang hari. Terutama yang kaya akan vitamin C seperti jambu, jeruk, apel, nanas, semangka, melon yang memberikan suntikan sehingga membantu metabolisme tubuh.

Mengkonsumsi sumber protein seperti daging dan ikan-ikanan
Konsumsi juga daging  dan ikan agar kebutuhan protein kita tercukupi. Khususnya untuk daging, pilih bagian yang tidak terlalu banyak lemak, sehingga masih dapat mengontrol jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh.

Minum Air Putih
Selama bulan puasa tentunya siang hari kita masih harus beraktivitas nah, air putih bisa diatur minumnya dalam takaran 1liter/harinya. Minumlah air putih yang banyak, antara waktu berbuka sampai menjelang tidur serta selama sahur. (2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur dan 2 gelas saat sahur) Selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa di rasakan. Sebaiknya hindari teh dan kopi yang bersifat diuretic (menyebabkan buang air kecil terus menerus).

nara sumber Joceliyn Halim,  Nadia,  Fifi Alvianto
Bagaimana mengatur makan saat berbuka?
Ketika kita berbuka puasa inilah saat nafsu makan kita dikontrol jangan sampai lambung kita kaget karena seharian berpuasa, berbukalah dengan kurma atau juice buah, ingat jangan sesekali makan gorengan apalagi lansung makan berat ketika berbuka, cukup dengan memakan kurma 3 butir karena kurma mengandung serat, mikronutrien seperti kalium, potasium, beta karoten dalam bentuk vitamin A. Selain itu, juga ada mineral dan zat gula, yakni glukosa, sukrosa dan fruktosa. Perpaduan ketiga zat gula ini yang diperlukan oleh tubuh.

Kenapa perpaduan itu dibutuhkan? Ketika kita makan, kurma langsung menaikkan kadar glukosa darah, lalu dengan adanya fruktosa dan sukrosa, memelihara kestabilan itu dalam beberapa waktu ke depan

Ada baiknya ketika makan berat yaitu nasi berserta lauk pauknya dapat dikonsumsi setelah sholat tarawe. Nah, menjelang sahur walaupun agak malas melakukannya tetapi jangan sampai dilewatkan karena  hukum sahur dibulan puasa itu sunah. Makan sahur memberikan energi untuk kita selama sehari penuh. Dan makan sahur juga menjaga metabolisme tubuh tetap dalam kondisi normal. Selama puasa, makanlah makanan yang termasuk ‘karbohidrat kompleks’ seperti oatmeal, semolina, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian. 

Hal ini untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena makanan dicerna lebih lambat. Selain makanan ‘karbohidrat kompleks’, makanan dengan berserat tinggi juga baik untuk dikonsumsi. Agar terhindar dari sembelit selama bulan puasa. Sayuran hijau serta buah-buahan adalah pilihan yang paling tepat. Tidak hanya serat, tapi vitamin dan mineral juga tercukupi.

Pada acara kemarin hadir juga Fifi Alvianto seorang blogger sekaligus model,  memberikan tips food prep ketika sahur  bisa mudah menyiapkannya yaitu dengan menyiangi sayuran terlebih dulu kemudian ditaro dalam wadah nah, pada saat sahur baru diolah, jadi tinggal memasak dengan cepat. Katanya lagi hindari juga nih minum teh manis saat sahur ada baiknya konsumsi air putih.

Karena puasa diperlukan banyak mengkonsumsi sayuran yang segar dan buah-buahan selain daging dan ikan tentunya kita butuh tempat menyimpan semua itu yang aman dan berkualiatas yang tidak mengurangi kandungaan semua bahan tersebut, untuk menjaga semua itu kini hadir Belleze 3 lemari es dari Polytron.

Ada keunikan inovasi dari Belleza 3 ini, kata Bpk Sugiat perwakilan dari Polytron sebagai brand asli Indonesia, selalu berusaha untuk membaca tren dan kecenderungan terbaru masyarakat Indonesia, yakni menjalani gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat juga. Sebagai brand yang paling mengerti masyarakat Indonesia, berusaha mendukung tren positif ini. Untuk itulah, kami meluncurkan Polytron Belleza 3 yang mampu menjaga kualitas gizi makanan, khususnya buah-buahan dan sayur mayur.
Mba Shasa dan Mas Sugiat dari Polytron
Polytron Belleza 3 juga  dilengkapi fitur anti karat sehingga bisa mencegah keropos yang sering timbul pada bagian bawah pintu lemari es, ditambah Perfect Door Sealed, karet bingkai pintu yang lebih kuat, terbuat dari karet yang mudah dibersihkan, sehingga lemari es selalu bersih, higienis terhindar dari jamur, pintu menutup dengan sempurna untuk menjaga makanan dan minuman agar segar lebih lama. 

Crystal Rack with Adjustable Setting, rak Kristal yang elegan dan modern, dirancang untuk dapat di pindahkan serta diatur sesuai kebutuhan sehingga lebih fleksibel dan memudahkan penyimpanan makanan. Big Freezer Compartement, yaitu Kompartemen freezer yang lebih luas, memberikan keleluasaan mengatur penyimpanan makanan beku, plus fitur Twist and Ice, yang memberikan kemudahan dalam mengeluarkan es dari kotaknya, hanya dengan memutar panel Twist and Ice, dalam sekejap, es pun langsung keluar. Dengan fitur ini, saatnya untuk meninggalkan cara lama dan tradisional yang merepotkan dalam mengeluarkan es dari kotaknya.

Lemari es Polytron Belleza 3 kini hadir dan mampu menjaga buah dan sayuran tetap segar dan terjaga kualitas nutrisinya. Hal ini didukung dengan teknologi Smart Cooling System yang mampu mengatur temperatur lemari es secara digital dengan sensor suhu yang presisi, serta Photocatalytic Deodorizer yang mampu menyerap dan menetralkan bau tak sedap. 

Pada Belleza 3, Polytron menghadirkan inovasi produk berkualitas tinggi, seperti Shielded Moisture Compartment, yang tidak ditemui di lemari es merek lain. Selain itu, Humidity Control Crisper diciptakan agar kelembaban di dalam crisper bisa diatur, sehingga sayur tetap segar, tidak cepat mengering serta membuat makanan dapat segar lebih lama. Selain itu, lemari es ini juga hemat energi, dengan kompresornya yang ramah lingkungan.
Mas Sugiat dari Polytron
Untuk jenis 2 pintu (240liter) ada 2 box yang terpisah antara sayur mayur dan buah. Box paling bawang dikhususkan untuk sayuran dan box ke dua dari bawah yaitu box buah yang di design khusus kedap udara agar terjaga kesegeranya untuk sayur mampu bertahan selama 7 hari sedangkan untuk buah-buahan mampu bertahan hingga 15 hari. Kenapa sayur dan buah harus terpisah, karena tingkat kelembaban dan kadar air dari buah dan sayur itu berbeda.

Jika disimpulkan keunggulan dari lemaris es Belezza 3 Polytron ini
  • Zen Design. Desain yang lebih elegan dan mewah dengan bahan kaca tempered
  • Smart Cooling System Pengaturan fungsi-funsi defrost diatur otomatis sehinggan lebih hemat listrik, system pengaturan suhu digital dengan sensor suhu yang presisi, sehingga proses pendingininan yang akurat.
  • Humidity Control Crisper. Kompartemen khusus untuk menyimpan sayuran secara otomatis, yang mengatur tingkat kelembabab agar sayuran tetap segar dan tidak mengering.
  • Shielded Moisture Compartment menjaga agar buah segar lebih lama dengan penyekak udara yang mencegah udara luar tidak masuk ke dalam.
  • Edge LED Lighting. Menggunakan lampu LED lebih hemat energi, serta menghasilkan terang lebih merata ke seluruh bagian lemari es.
  • Photocatalytic Deodorizer. Berfungsi untuk menyerap dan menetralkan bau tidak sedap , yang terbuat dari bahan yang bisa dicuci dan digunakan kembali.
  • Garansi 10 tahun dengan komitmen selalu memberikan kesegaran bagi keluarga memberikan garansi 10 tahun untuk kompresosr Belezza 3.

Belezza 3, 2 pintu
Lemari es Polytron Belleza 3 ini, untuk satu pintu tersedia tipe PR 16 BGR, PR 16BGB, PR 16 BGV dengan handle, dan PR 16AGV, PR 16AGB, PR 16 AGR tanpa handle, memiliki kapasitas 160 liter dengan harga jual di pasaran sekitar Rp 1.500.000,- PR 18BGR, PR 18BGB, PR 18BGV dengan handle dan PR 18AGBI, PR 18AGRI, PR 18AGVI tanpa handle, memiliki kapasitas 180 liter dengan harga jual di pasaran sekitar Rp 1.800.000,- kemudian yang dua pintu PR 22BGRI, PR 22BGB, PR 22BGV, dengan handle, memiliki kapasitas 220 liter dengan harga jual di pasaran sekitar Rp 2.800.000,- lalu PR 24BGR, PR 24BGB, PR 24BGV dengan handle, memiliki kapasitas 240 liter dengan harga jual di pasaran sekitar Rp 3.300.000,- dengan pilihan warna hitam, violet dan maroon.
Chef Joanita Ari dari @kangenlangsing
Acara kemarin juga ada demo membuat puding dari  chia seed. Chia seed ini merupakan super food yang banyak seratnya, asam lemak, vitamin A, B,E,D, serta kaya akan anti oksidan jika mengkonsumsi selama bulan Ramadhan bisa menahan lapar lebih lama, tumbuhan yang berasal dari benih Chia berasal dari Meksiko bentuknya seperti biji selasih kalau di Indonesia.  Chef Joanita Ari dari @kengenlangsing membuat puding chia seed ini sangat mudah, setelah diletakan di wadah kemudian  ditambahkannya air, aduk sebentar kemudian dimasukkan kedalam lemari es, setelah 1 jam lebih chia seed akan mengental layaknya puding baru beri toping diatasnya dengan buah seperti strawbery, anggur, jeruk.   

Nah, mudah-mudahan ini bisa menjadi referensi lemari es Polytron Belleza 3, bisa menjadi pilihan untuk memudahkan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk keluarga yang sehat, kuncinya ada pada asupan sehari-hari, kitalah sebagai orang tua harus cerdas memilih semua bahan-bahannya terlebih nanti pada bulan Ramadhan, konsentrasi nutrisi yang lengkap menjadi hal utama agar keluarga bisa berpuasa dengan penuh semangat hingga sebulan penuh.

Semoga bermanfaat.

34 comments :

  1. Whuaa pas banget mba saya lagi cari-cari kulkas. Trims infonya mba, cuma saya gak nemu itu harganya berapaan ya?

    ReplyDelete
  2. kan diatas mba baca deh dengan seksama,,, kalau yang 2 pintu itu sekitar 3 jutaan

    ReplyDelete
  3. Mba boleh request ga, buatin artikel tentang makanan yang baik untuk ibu menyusui saat puasa, biar puasa lancar, asi lancar dan badan tetap sehat! Terima kasih mba sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ya.. Mba haha kepinginnya sih nulis tapi smh bnyak PR, tips ini juga bisa dipakai utk busui kok,

      Delete
  4. Makanan sehat dan bergizi memang perlu banget ya, apalagi saat bulan puasa, biar nggak gampang sakit. Btw harga kulkasnya nggak mahal2 banget yaa. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba justru bulan puasa penting banget jaga asupan biar tahan memang benar harganya ngga terlalu mahal

      Delete
  5. Thanks tips nya mbak, saya dirumah jiga pake polytron, agak ada bunga es sih, mungkin tergantung tipe ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau pintu 1 sifatnya direct cooling itu harus mainin suhu kalau ada bunga esnya,

      Delete
  6. wah bermanfaat sekali mba tipsnya. tinggal hitungan hari yaa puasanya. siap berbenah hehehe

    ReplyDelete
  7. I love chia seed! Dan itu kulkasnya oke banget ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jadi suka chia seed buatnya simple banget ternyata ngga perlu pakai kompor

      Delete
  8. Ramadhan penting banget buat banyak konsumsi air putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba air putih penting banget bar gk dehidrasi

      Delete
  9. Pas banget, aku emang lagi nyari kulkas, dan memang ramadhan penting bgt nih punya tempat penyimpanan makanan yg Ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mba beli yg 2 pintu bar ada box untuk sayuran dan buah2an

      Delete
  10. Yahh telat, aku baru aja beli kulkas :( jadi pengen coba kulkas polytron milik anak bangsa deh.. katanya bagus dan harganya terjangkau plus hemat watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kapan lagi beli kulkas yang bagus harganya terjangkau

      Delete
  11. Gak berasa banget ya ampun Ramadan tinggal menghitung hari, udah di depan mata bgt. Asupan makanan yg bergizi sangat penting ya untuk menunjang kesehatan kita, supaya tetap kuat dan lancar Ibadah selama Bulan Suci.

    ReplyDelete
  12. Info penting ini perlu banget puasa jadi makin sehat dan segar ya

    ReplyDelete
  13. Makasi Mama Uti, tipsnya. Btw, kulkasnya bs jd referensi nih, pintu 2 sih pengennya kaya polytron, yg pintu 1 masih ada tp udh mulai kurang performanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuks ganti kulkasnya biar makin seger sayur dan buah2an

      Delete
  14. Kalo puasa kudu makan nasi nih soale kagak kuat. Nasi kan bisa kenyang lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah tapi jangan langsung mkn nasi mba, ,��

      Delete
  15. seger amat buah-buahannya sih. jadi pengen ngaddem didalem kulkas

    ReplyDelete
  16. Nggak mahal sih harga kulkasnya ya, masih standar ini kalau ngelihat kelebihannya. Terutama bulan Ramadan memang, stok sayur dan buah memang jadi lebih banyak. Kalau kurma dan buah biasanya sih untuk dijus, makannya tetap gorengan, hahahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuh atuh kurangin gorengannya , minum juice lebih enak dan sehat

      Delete
  17. harganya masih terjangkau ya mba, mau juga ah ganti kulkas lama dengan politron beleze ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah ganti fiturnya keren kok ngga akan rugi beli kulkas polytron

      Delete
  18. Penting nih, bulan puasa kadang kalap sama makanan,jangan lagi dong yaa. Saya juga pernah beli kulkas Polytron di kasihkan ke mama mertua, masih awet sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang awet polytron harganya jug a terjangkau udah gitu hemat listrik

      Delete
  19. Nyiapin makanan untuk puasa memang agak tricky. Tapi, sebetulnya mudah aja, ya. Kalau perlu, sekalian stok bahan di kulkas yang mudah diolah, kali aja telat sahur. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bender banget mba biasanya jai tambah biaya buat buka dan sahur, tapi kalau ada polytron bisa hemat simpen yg siap jadi

      Delete
  20. Wah kebetulan ku suka sayuran yang direbus atau dikukus saja dan suka sayur sop, suka daging ayam atau sapi dan ikan juga suka sop buah daripada kolak, pas udah sehat ya menunya

    ReplyDelete
  21. salam kenal Mbak Uti..., suka sama si Belleza 3 karena compartment buah dan sayur yang terpisah :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,