Monday, 14 May 2018

Kulkas Sharp Halal Pertama di Indonesia

Kulkas Sharp Halal Pertama di Indonesia


Mendengar kata Halal pasti identik dengan makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetik, bukan pada suatu benda seperti kulkas misalnya, ternyata kita masih awam pada hal itu dan kini harus disosialisaskikan bahwa Halal itu bukan hanya yang masuk kedalam mulut dan kita gunakan pada tubuh, akan tetapi semua barang keguanaan yang berhubungan langsung dengan kita tentunya harus terjamin kehalalannya. Kehalalan pada kulkas sharppun sempat menjadi tanda tanya saya sepanjang perjalan menuju pabrik PT. Sharp Electronics Indonesia di Kawasan Kerawang, karena saya sendiripun waktu itu belum tahu apa hubungannya antara Halal dan Kulkas.

Pukul 09:00 saya dan bersama teman blogger dan media tiba di pabrik disambut langsung oleh Presiden Direktur PT Sharp Mr Tadashi Ohyama, setelah menikmati coffe break, mulai nih Mr Tadashi Ohyama memberikan kata sambutan dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan kami kemudian menceritakan sedikit sejaran tentang berdirinya PT Sharp Electronics Indonesia.

Kulkas Sharp Halal Pertama di Indonesia

Sharp telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1969. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1971 PT Yasonta memulai memproduksi Televisi hitam putih, disusul dengan produksi Lemari es pada tahun 1974. Pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan merubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI).
Nara Sumber Bpk Afka Mr Tadashi dan Bpk Muslich
Pada tanggal 1 April 2005 PT Sharp Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT. Sharp Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT. SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT. Sharp Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini. Pada tahun 2008 SEID menoreh prestasi dengan berhasil memproduksi TV sebanyak 10 Juta unit di lanjutkan dengan membuka pabrik baru untuk Mesin cuci. Di tahun 2010 SEID mulai memproduksi LCD TV, 2011 merupakan tahun yang membahagiakan karena SEID berhasil memproduksi 9 Juta unit kulkas dan 1 Juta unit Mesin cuci. Dan pada tahun 2012 akhirnya PT Sharp Electronics Indonesia mendirikan pabriknya di daerah Kawasan industri Kerawang menempati lahan seluas 30 hektar. dan memiliki karyawan sebanyak 1500 orang.

Dan kini Sharp telah memliki 29 Kantor cabang dan 29 Service Center yang sudah mengoperasikan 40 Sharp Direct Service Station (SDSS), 245 Sharp Authorized Service Station (SASS) dan 19 Sharp Service Representative (SSR) , 2 unit SMSS serta Sharp Customer Service Mobile Application, Sharp ingin semakin membuktikan komitmennya untuk senantiasa memuaskan pelanggannya serta mempertahankan posisinya sebagai The No.1 Service Network in Indonesia.
Beberapa produk PT. Sharp Electronics Indonesia
Menurut Bp Afka Adhitya selaku Product Strategy Asistant Manager PT. Sharp Elektronics Indonesia ini dengan mempatenkan Halal pada kulkas sharp ini bertujuan untuk membuat rasa nyaman dan aman. Sebab saat ini, ia melihat kecenderungan banyaknya konsumen yang sudah mulai awas dengan kualitas produk yang dikonsumsi dan digunakan, juga dengan asal muasal produknya, maka kami pun ingin meyakinkan bahwa salah satu kategori produk kami sudah bersertifikasi halal dan bisa memberikan rasa aman dan nyaman, katanya. Kami juga tidak ingin memfokuskan diri ke pasar tertentu, tapi lebih ke semua konsumen, karena tujuannya adalah memberikan kenyamanan tadi. Lebih lanjut, Bpk Afka memaparkan saat ini sebanyak 91 jenis produk kulkas dan freezer buatan pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Karawang telah bersertifikat halal. Produk itu mencakup berbagai tipe dari satu pintu hingga dua pintu, serta dengan volume 150 liter hingga 230 liter. Sedangkan, untuk harganya kulkas dan freezer dari Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta.

Dengan mengantongi sertifikat halal, Sharp Indonesia menjadi produsen barang elektronik pertama yang memiliki sertifikat halal untuk produk kulkas . Hal ini dikarenakan juga karena, kulkas merupakan salah satu produk elektronik yang bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi masyarakat.

Sertifikat Halal untuk Kulkas Sharp

Sertifikat halal yang diperoleh Sharp merupakan hasil pemeriksaan dokumen dan audit implementasi yang diselenggarakan oleh Sistem Jaminan Halal, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Ujar Bpk Dr. Ir. H.  Muslich, Msi. selaku Kepal Bidang Standar Jaminan Mutu  Auditir LPPOM MUI.

Sertifikat ini diperoleh pada 28 Maret 2018 usai menjalani serangkaian proses penilaian yang meliputi material, proses, hingga fasilitas produksi lemari es. Dalam penilaian tersebut, MUI mengkajinya melalui dua sisi yaitu secara sains melalui LPPOMMUI dan secara agama oleh kumpulan ulama di Komisi Fatwa MUI.

Pada proses ini, LPPOM-MUI mengecek fakta kandungan produk dan menelaah dari sains dan teknologinya serta menjadi saksi bagi proses produksi secara menyeluruh dan penerapan Sertifikasi Jaminan Halal (SJH) di perusahaan. Hasil temuan tersebut kemudian dibawa kepada Komisi Fatwa MUI untuk menjelaskan status kehalalan produk tersebut. "Produk yang dinyatakan bersertifikasi halal berarti telah memenuhi dua syarat utama yaitu memenuhi kebijakan dan prosedur sertifikasi halal, serta memenuhi dan menerapkan sebelas kriteria Sertifikasi Jaminan Halal (SJH).


sertifikat Kulkas Halal Sharps
Setelah melewati keseluruhan proses, kategori produk yang dinyatakan halal, termasuk kulkas lokal dan freezer Sharp menerima sertifikat halal dari MUI. Jadi banyak dapat ilmu nih ternyata Halal bukan hanya meliputi apa yang masuk kedalam tubuh tetapi barang-barang yang kita kenakan juga harus tahu apakah sudah berlabel Halal atau belum.

Melihat Dari Dekat Proses Pembuatan Kulkas Halal Sharp

Setelah mendengarkan keterangan kita langsung datang ke pabrik untuk melihat dari dekat proses demi proses pembuatan kulkas ini, dari mulai pembuatan body kulkas/case, proses penambahan pelat, perakitan kabel/mengisi spare part, memasukkan asesoris, sampai proses quality control (test room),  dan terakhir sampai proses packing. Di dalam pabrik separuh dikerjakan secara automaticly separuhnya dikerjakan oleh para buruh  karyawan. Salut bangetdeh dengan para karyawan disini, walaupun kerja secara monoton mereka tetap harus menjaga ketelitian dan juga harus tepat dan cepat memasukkan asseoris kulkas. Walaupun ruangan pabrik ini sedikit panas karena dikelilingi mesin-mesin besar.

Melihat dari dekap proses Pembuatan kulkas Halal Sharp
Salah satu keunggulan kulkas Sharp ini adanya “Ice Pack” yang berguna jika sedang mati listrik freezer masih tetap dalam keadaan dingin jadi makanan tetap dalam keadaan segar. Semakin jatuh cinta dengan produk dari Sharp ini. Dan seluruh mesin pembuatan ini diimpor lansung dari Korea.
Foto Bersama dengan Pres Dir PT Sharp Electronics Indonesia
Akhirnya kunjungan ke pabrik PT, Sharp Electronics Indonesia, diakhiri dengan makan siang bersama. Berkah banget bisa datang kesini selain dapat ilmu baru, bisa tahu proses demi proses pembuatan kulkas. Dan Mr Tadashi Ohyama beserta jajaran manajemennya ramah banget. Takumii.. untuk semuanya. Terima kasih semoga kita bisa bertemu kembali. Sukses untuk PT. Sharp Electronics Indonesia yang begitu perhatian terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia selain tentang mutu, kwalitas juga kenyamanan.



No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ