Wednesday, 26 December 2018

Aktivitas Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga



Assalamualaikum,

Liburan akhir tahun sudah didepan mata ya, itu artinya anak-anak lebih banyak dirumah jika memang tidak ada rencana untuk travelling. Kalaupun travelling mungkin untuk jarak dekat saja mengunjungi rumah nenek atau saudara-saudara yang lain. Dikarenakan juga cuaca yang kurang ramah dalam akhir bulan ini. Selama liburan agar anak-anak tidak merasa bosan tentunya harus pintar-pintar kita nih, untuk mengisi aktivitas apa saja yang bisa dilakukan.

Kalau saya bersama kedua anak-anak saya biasa membuat jadwal rencana yang telah disusun, karena lumayan liburan akhir tahun hampir 3 minggu. Gunanya membuat jadwal salah satunya terselip menanamkan tanggung jawab walaupun aktivitas liburan itu pilihan mereka sendiri.

Aktivitas Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Masak bersama.
Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga adalah dengan memasak dan makan-makan bareng. Buatlah beberapa makanan favorit anggota keluarga. Meskipun sederhana tapi jika mulai dari proses memasak hingga makan-makan dilakukan bersama-sama pastinya waktu bersama lebih berkesan.

Nah, kalau saya biasanya membuat cemilan, karena anak-anak suka dengan brownies, ada pembagian tugas disini misalkan adek mengocok telur sedangkan abang  memoles margarin diloyang, ketika mereka diberikan rasa tanggung jawan pasti ada rasa bangga apalagi setelah kue itu matang dan kita menikmatinya bersama.

Olah raga bersama
Berolahraga bersama keluarga juga menjadi aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan. Di hari-hari biasa pastinya sulit berolahraga bareng keluarga. Di waktu liburan kita bisa berolahraga ringan seperti jalan-jalan pagi, joging, memanah, bersepeda bersama berkeliling komplek rumah atau pergi ke Hari Bebas Kendaraaan/CFD-an pada hari minggu.

olah raga memanah 
Nonton film Bersama
Nonton film menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Jadi, untuk menghabiskan waktu liburan, kita juga bisa melakukan kegiatan yang satu ini. bisa nonton film di bioskop atau lewat DVD. Asalkan ditonton bersama pastinya suasana akan tetap berkesan, apalagi dengan cemilan yang dibuat bersama tadi.

Berkebun
Sebelum memulainya saya siapkan bibit, biji, pot atau lahan untuk menanam aneka ragam tanaman. Tunjukkan bagaimana menggali tanah, menanam atau menabur bibit. Kegiatan ini mengasah motorik kasar, mengenalkan proses dan dari awal hinggal akhir.

Naik Transportasi Umum
Selama weekday ke sekolah biasanya anak-anak saya antar jemput , Nah saat liburan ini saya ajak mereka untuk naik tranportasi umum bisa naik Trans Jakarta, atau kereta api nah, disana anak bisa belajar bagaimana membeli dan mengantri tiket, kemudian bisa melihat pemandangan yang beda dari kaca jendela kereta api ataupun bus trans Jakarta.

Museum Fatahillah
Pergi ke Museum
Nah, di Jakarta banyak sekali cagar budaya salah satunya museum-museum yang dapat kita kunjungi bersama anak-anak,  selain harga tiketnya murah juga bisa menambah wawasan dan anak-anak untuk mencintai sejarah, tentunya akan terasa perbedaanya ketika mereka pergi ke museum dengan teman-teman dan guru sekolah dibandingkan dengan orantua sendiri.

Oh iya walaupun hari libur saya tetap membiasakan anak-anak untuk bangun pagi, setelah sholat shubuh biasanya mereka membuat sarapan sendiri-sendiri dari membuat susu sampai membuat roti bakar. Dari beberapa tips diatas untuk mengisi liburan tetap saja saya memasukkan unsur edukasinya agar selama liburan anak-anak tetap mendapatkan wawasan. Ketika anak-anak masuk sekolah tentunya ada cerita yang akan mereka bagikan kepada teman-teman atau gurunya.

Untuk Pendidikan mereka lebih lanjut saya telah menyediakan asuransi perlindungan untuk pendidikan mereka berdua yaitu HappyEdu dari HappyOne.id yang meliputi beberapa manfaat yaitu :
Manfaat utama
  • Santunan biaya  Pendidikan anak jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan. Maka akan mendapatkan manfaat tambahan
  • Santunan meninggal dunia/cacat tetap keseluruhan karena kecelakaan,
  • Santunan rawat inap di Rumah sakit karena kecelakaan ( minimal 5 hari berturut-turut)
  • Santunan hingga pemakaman tunjangan kehilangan pendapatan karena cacat tetap keseluruhan

HappyEdu 

HappyEdu Micro
Dan untuk preminya sangat terjangkau dari Rp 100.000 – Rp 180.000. Memberikan asuransi pendidikan sama pentingnya dengan menjamin masa depan untuk pendidikan anak-anak dari usia satu tahun mereka sudah bisa didaftarkan. Tetunya hal itu dilakukan agar anak-anak nantinya terasa nyaman dan kita sebagai orangtua wajib memberikan rasa nyaman itu kepada anak-anak.

Nah, untuk teman-teman semua tentunya punya beberapa aktivitas lain yang dilakukan selama liburan akhir tahun ini, kegiatan apa saja yang biasa dilakukan, boleh dishare dikolom komentar kita bisa saling berbagi ide,

Semoga tips yang diatas bermanfaat ya.


39 comments :

  1. Seruuu banget liburan akhir tahunnya, mbak. Bikin tambah lengket sama keluarga. Dan main panahannya bikin mupeng euyy, Ujame pengen coba tapi gak jadi-jadi soalnya :D

    ReplyDelete
  2. aku paling nonton bersama mba kayak liburan kemarin rame-rame seru-seruan bareng ponakan nonton film di rumah jadi berasa kayak nonton di bioskop hehehe

    ReplyDelete
  3. Wow kayaknya seru olahraga memanah bareng anak anak, suamiku juga seneng panahan

    ReplyDelete
  4. Anak anak juga sempat belajar memanah kemarin. Akupun nyobain juga, ternyata berat euy...

    ReplyDelete
  5. Tadi aku mau nonton film bersama eh udah penuh. Hahhaa. Tapi emang seru mba menghabiskan waktu berlibur anak dengan aktifitas bersama ya

    ReplyDelete
  6. Liburan tiba, artinya waktu penuh dengan keluarga. Seru aja bisa ngumpul komplit ya mbk, jalan2, nonton, masak bareng terus makan bareng deh

    ReplyDelete
  7. Emang waktu sama keluarga rasnaya paling priceless :") berasa ingin melakukan banyak haal

    ReplyDelete
  8. Kalau saya masak bersama dan nonton bersama mba, pengen liburan tapi pak suami lembur mulu, kujadi curhat deh hahaha
    Asuransi perjalanan itu penting ya, agar liburan kita jadi tenang :)

    ReplyDelete
  9. Sewaktu mama masih hidup, Mpo dan Ade suka bikin kue bersama persis kaya anak mba.

    Aktivis akhir tahun yang menyenangkan yang membuat hubungan keluarga semakin erat.

    ReplyDelete
  10. Aku liburan ini juga ga kemana2, enakan di rumah bikin aktivitas seru, kadang aja keluar nonton film atau makan :)

    ReplyDelete
  11. seru banget ya libur bareng anak-anak, sekalian melepas kangen, sebelum mereka masuk lagi menuntut ilmu

    ReplyDelete
  12. liburan emang asyik kalau sama keluarga ya. makin merekatkan hubungan anak dg orang tua.

    ReplyDelete
  13. Aku lho mau ngajak ponakanku naik transportasi umum tapi belum jadi. Di Jepara untuk busnya belum terlalu ramah anak. Pengennya naik model trans gitu biar di awal kenalan mereka gak trauma dg kendaraan umum

    ReplyDelete
  14. Entah kenapa kalau musim liburan, apalagi akhir tahun gini lebih milih di rumah. Kalau pergi2 dijamin ramai dan kemungkinan bakal macet di perjalanan.

    ReplyDelete
  15. Liburan kali ini aku juga mengajak keponakanku untuk olahrag dan masak memasak. Pengen banget bisa ngajak keponakanku berkunjung ke museum.

    ReplyDelete
  16. Baru aja tadi siang, saya ngobrol sama anak untuk melakukan olahraga bareng selama liburan. Memasak juga bisa jadi aktivitas seru

    ReplyDelete
  17. Kami sering makan bersama nih kalau liburan.
    Sesekali juga masak bersama. Masak yang simpel-simpel saja sih, HAHAHA.

    ReplyDelete
  18. liburan itu nggak mesti harus ke tempat rekreasi heboh di luar kota. Di dekat rumah, main sepeda, bahkan di dalam rumah pun bisa dimanfaatkan asal tahu caranya. Jadi orangtua memang kudu kreatif dan inovatif ya bu ^^"

    ReplyDelete
  19. Wah oergi ke museum bisa juga nih..sdh lama engga ke museum...

    ReplyDelete
  20. Liburan main pnahan begini seru banget ya Mbk, jadi penasaran deh pengen ikutan juga memanah ini

    ReplyDelete
  21. Wah happyEdu. Salah satu produk asuransi yang bikin saya kepengen nih. Manfaatnya berguna banget. Preminya pun terjangkau. :)

    ReplyDelete
  22. Kami jarang nih transportasi umum. Kalo bawa semua anak kayaknya bakalan heboh sendiri. Terakhir kemarin naik kereta ke Solo pas bulan Oktober. Itu aja heboh banget anak2-ku

    ReplyDelete
  23. Nonton film bersamanya asal gak yang bajakan ya hehehe. Wah gak berasa akhir tahun makin dekat nih

    ReplyDelete
  24. Masak bersama bisa jadi kegiatan seru ya, saya pun sama anak-anak sering masak bersama dan berkebun juga, kalau ke museum belum pernah, di sini nggak ada museum

    ReplyDelete
  25. Kereen keren.
    Liburan versi kami adalaaaah....kefet berjamaah.
    hahhah~

    Makan, sudah.
    Olahraga, sudah.

    Kapan mandinya?
    Wkkwkw...nunggu hidayah.

    ReplyDelete
  26. Kalau saya sih tergantung wakyu dan budget kak hehe. Btw itu terjangkau banget ya preminya.

    ReplyDelete
  27. Ke pasar bersama. Di dapur bersama.. liburan keluarga kami diisi kegiatan di rumah bersama

    ReplyDelete
  28. Banyak hal yg bisa dilakuin bersama saat libur ya Mba. Gaknusah jauh2.. Di depan mata aja udah banyak kegiatan yg bs dilakukan. Mengganti bnyak utang di hr sibuk :)

    ReplyDelete
  29. Karena anak-anak ku udah besar semua, mereka punya kegiatan sendiri. Tapi biasanya tetap menyisihkan waktu untuk liburan keluarga juga

    ReplyDelete
  30. Saya liburan akhir tahun juga di rumah saja mba quality time sama suami dan anak2 bayik hihi

    ReplyDelete
  31. Liburan keluara itu memang selalu jadi momen yang ditunggu. Seru, walaupun sederhana tapi bikin bahagia. Pastinya klo sama keluarga ga ada istilah kagok. Hehehe

    ReplyDelete
  32. Aku udah berkali - kali nonton sama anak-anak mba.. dan masak bareng

    ReplyDelete
  33. Makadih tipsnya mba utie. Aku juga pemegang polis happyOne lho

    ReplyDelete
  34. Liburan kali ini aku dan anak2 hanya di dalam kota saja nih. Mau ajakin piknik yang agak jauhan si ayah lagi banyak deadline :)) Nggak pa pa lah ya, yang penting bisa mesra2an sama anak2 udah bahagia banget.

    ReplyDelete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  36. Aku jg lbh suka naik transportasi umum, khususnya kRL, lbh nyaman. Soalnya kalau bawa kendaraan sendiri khawatir macet dan malah menghilangkan mood liburan hehe

    ReplyDelete
  37. Akhir tahunku di rumah kayaknya tahun ini. Masih ada yg ujian euy

    ReplyDelete
  38. Aku emang memilih tidak memiliki mobil jadi pasti naik kendaraan umum

    ReplyDelete
  39. Kegiatan saya liburan ini, sibuk packing mau pindahan Mbak. Heheh.

    Waahh premi asuransinya lumayan terjangkau lah ya Mbak, mending investasi ini ketimbang jajan mulu yah. Mau coba pelajari juga ahh ini. Makasih ya Mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,