Tuesday, 4 December 2018

Tips Menjaga Kesehatan Disaat Musim Penghujan



Assalammualaikum…

Bagaimana kabar semua?. Sekarang sudah mulai masuk musim penghujan yang artinya kita harus ekstra menjaga kesehatan. Walaupun hujan juga merupakan keberkahan bagi petani dan daerah-daerah yang mengalami kekeringan. akan tetapi kita tetap harus waspada,  karena biasanya musim hujan itu kalau didaerah-daerah tertentu biasanya banyak air yang tergenang, bahkan jika hujan terus menerus sampai menimbulkan banjir. 

Nah,, jika kadaan tersebut maka faktor risiko untuk terjadinya penyakit . Beberapa jenis penyakit meningkat kejadiannya saat musim hujan tiba. Hendaknya kita bisa menjaga kesehatan agar tetap sehat selama musim hujan. Ada beberapa penyakit yang meningkat kejadiannya saat musim hujan tiba. Penyakit yang perlu diwaspadai antara lain penyakit infeksi seperti infeksi saluran nafas, influenza, diare, dan penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja. Selain itu, daerah yang terkena banjir perlu mewaspadai timbulnya penyakit demam berdarah yang mungkin ditimbulkan akibat nyamuk Aedes Aegypti yang bersarang dari sisa-sisa genangan air hujan.

Tips Menjaga Kesehatan Disaat Musim Penghujan

Oleh karena itu  kita tetap harus waspada untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan agar meminimalisir risiko terkena penyakit. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan.

Sedia Payung Sebelum Hujan
Pepatah di atas memang benar. Cara yang paling efektif agar tidak terserang sakit selama musim hujan adalah dengan memakai perlengkapan pelindung dari hujan seperti payung, jas hujan atau jaket bertudung, dan sepatu tahan air saat  ke luar rumah ketika hujan tiba. Usahakan memakai pelindung hujan ketika kita  beraktifitas di luar saat hujan

Jaga Asupan Makanan 
Tetap jaga asupan makan sehat anda terutama saat musim penghujan. Ada baiknya, perbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara begitu dingin. Misalnya konsumsi sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya. 

Saat musim penghujan biasanya membuat nafsu makan menjadi lebih besar. Namun sayangnya metabolisme saat musim ini menjadi lebih lambat daripada biasanya. Dan bisa kita bayangkan jika  terus-terusan menuruti nafsu makan yang begitu besar tanpa didukung dengan metabolisme yang baik, hal tersebut tentunya akan berujung pada kegemukan atau yang kita kenal dengan istilah obesitas. Tentu tidak ingin jika hal ini terjadi bukan? untuk itu aturlah cara makan dan porsi makan anda saat musim penghujan, jangan sampai nafsu makan yang besar mengantarkan pada kegemukan.

Penuhi cairan tubuh
Saat musim hujan, cuaca dingin membuat kita tidak merasa haus dan malas untuk minum. Padahal tubuh kita tetap memerlukan cairan setiap harinya. Pastikan kita tetap minum air yang cukup selama musim hujan. Minum air merupakan bentuk tidak langsung dari pencegahan untuk segala macam penyakit. Minum air yang cukup dapat mengganti kehilangan cairan tubuh  sehingga kita tidak mengalami dehidrasi.

Cukup Istirahat
Kurang tidur akan membuat stamina kita berkurang. Waktu tidur yang ideal adalah 6-8 jam per hari. Atur waktu aktifitias harian sehingga kita  bisa cukup istirahat sehingga tubuh tetap fit dan dapat beraktifitas secara maksimal.

Olahraga Rutin Jangan Ditinggalkan
Tetap lakukan olahraga rutin meskipun hujan turun. Walaupun olahraga outdoor jadi berkurang intensitasnya karena cuaca yang tidak bersahabat, Kita bisa mencoba aneka olahraga yang bisa dilakukan secara indoor, seperti senam aerobik, sit up, push up, atau skipping (lompat tali). Olahraga yang teratur akan sangat baik untuk menjaga stamina tubuh.

Segera Mandi Setelah Kehujanan
Sekilas, saran ini tampaknya tidak masuk akal. Tapi dulu ibu saya selalu berkata jika kehujanan segeralah mandi dan ternyata ada benarnya ketikata kita basah kuyup oleh hujan. Penyakit dapat muncul ketika tubuh kita mengalami perubahan suhu yang drastis. Mandi dengan segera akan menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan sekaligus membersihkan tubuh kita dari kuman dan kotoran. Saat kita mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal. Selanjutnya hangatkan diri  dengan minum teh hangat atau makan kuah hangat.

Memakai Pakaian yang Kering
Cucian yang tidak  kering adalah kendala di musim hujan,. Meski begitu, cari cara agar cucian kita  bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa jadi sarang bagi kuman penyakit.

Sertakan Diri Ikut Perlindungan dari HappyOne.id 
Selain itu tips yang diberikan diatas jika memang sudah terlanjur sakit  apalagi ketika musim hujan banyak sekali kendaraan yang kurang hati-hati yang bisa saja mencelakakan diri kita walaupun kita tetap berdoa dan berikhtiar agar tidak terjadi apa-apa. Akan tetapi tentunya kita sudah tidak perlu khawatiar lagi jika diri kita sudah terlindung dari  perlindungan Happyone.id yaitu HappyMe yang memberikan perlindungan bagi diri atas risiko  kecelakaan diri. Dengan kemudahan premi kita yang tentukan sendiri  biaya pertanggugan yang kita inginkan, dimulai dari premi Rp 50.000 – Rp 180.000,-

HappyMe yang mempunyai manfaat utama
  • Santunan meninggal dunia/cacat tetap keseluruhan karena kecelakaan yang mempunyai manfaat tambahan
  • Santunan rawat inap di rumah sakin karena kecelakaan minima 5 hari berturut-turut
  • Tunjangan kehilangan pendapatan karana cacat tetap keseluruhan.
  • Santunan biaya pemakaman

Syarat dan Ketentuan HappyMe
  • Usia tertanggung lebih dari 17 tahun hungga 64 tahun
  • Periode pertanggungan HappyMe adalah 1 tahun
Nah,, asuransi sebenarnya adalah sahabat bagi kita disaat ketika kita terkena musibah dia ada didekat kita, sama halnya dengan istilah sedia payung sebelum hujan. Berjaga-jaga adalah suatu keharusan bagi kita dan itu merupakan tindakan kehati-hatian untuk meminimalisir keadaan yang buruk akan terjadi.

Semoga bermanfaat ya. Oh iya jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan obat-obatan ringan di rumah, untuk mencegah penyakit yang timbul disaat musim penghujan ini.


22 comments :

  1. Bener banget mbak musim hujan gini memang banyak hal yang harus kita perhatikan agar tetap sehat. Bukan hanya soal makanan dan istirahat yang cukup aja, perlindungan diri ketika beraktivitas di luar rumah juga harus diperhatikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget Kak Amel, Asuransi sifatnya untuk jaga-jaga seperti payung layknya, pilih HappyOne praktis murah lagi preminya

      Delete
  2. Setelah hujan hujanan kalau saya justru malas mandi. Hihi... Padahal segera bersihkan diri dari air hujan ya. Paling mandi pakai air hangat deh. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Musim hujan telah tiba.. biasanya kalo sudah hujan muncullah banjir dan kemacetan, udara dingin juga harus diwaspadai, karena jika daya tahan tubuh kurang baik bisa terserang flu, dan juga yang berkendara atau traveling harus waspada dengan segala risiko yang mungkin saja terjadi

    ReplyDelete
  4. Mohon maaf Mba. Cara penulisan judulnya kata di saat harusnya terpisah. Btw traveling kadang kondisi ga fit apalagi kalo cuaca ga nentu. Tentu akan resiko pada kesehatab juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dipisah Di,, biasanya untuk kata tempat yang saya tahu mba.. makasih

      Delete
  5. Jember juga sudah masuk musim hujan nih, perlu banget jaga kesehatan, setelah baca ini juga semakin tertarik untuk mencoba produk asuransinya happyone

    ReplyDelete
  6. Musim pancaroba kini memang rawan sekali dengan berbagai penyakit jadi di atas tentang menjaga kesehatan pada masa liburan cocok sekali dengan tema yang ada di sekolah

    ReplyDelete
  7. Aku udah 2 Minggu ini kalo keluar selalu bawa ☂️, walaupun cuma cuaca mendung2 aja tapi siap2 aja si ,
    hehe

    ReplyDelete
  8. Aku udah 2 Minggu ini kalo keluar selalu bawa ☂️, walaupun cuma cuaca mendung2 aja tapi siap2 aja si ,
    hehe

    ReplyDelete
  9. Asuransi murmer ini ya ..bikin happy aja. Asuransi memang perlu ya seperti paying di.musim hujan buat jaga2 bar gak kebasahan..:)

    ReplyDelete
  10. Asuransi murmer ini ya ..bikin happy aja. Asuransi memang perlu seperti payung di musim hujan buat jaga2 biar gak kebasahan..:)

    ReplyDelete
  11. Iya ya.. itu petuah org dulu sempwt bingung loh, hubungannya apa setelah kehujanan langsung mandi. Tapi kesininya baru tau kalau air hujan itu kandungannya ga baik bagi kesehatan. Apalagi jaman now, banyak air yg tercemari lalu menguap disimpan di awan buat air hujan kelak.

    ReplyDelete
  12. Pantas ya dulu kalau habis kena hujan pusing, itu ya karena nggak langsung mandi ya. Mantap ya happyoneid

    ReplyDelete
  13. Aku kalau abis kehujanan juga segera mandi. Biar terasa bersih aja gtu. Soalnya risih kan kena2 lumpur dan kotoran pas hujan gtu. Asyek tu abis mandi ngeteh, enak lagi makan bakso haha

    ReplyDelete
  14. Musim hujan rentan terkena penyakit ya Mba.. Kudu ekstra jaga kesehatan agar tubuh tetap kuat utk beraktifitas.. Btw, mksh infonya ttg HappyMe ya..

    ReplyDelete
  15. Tips yang bermanfaat di saat musim hujan yang bisa dipraktekkan langsung mbak Utie. Etapi, kadang aku malas mandi langsung kalau pas kehujanan, maunya ngeteh panas dulu hehehe...

    ReplyDelete
  16. Jaga kesehatan supaya fit selalu di segala musim dan cuaca..

    ReplyDelete
  17. Musim hujan, paling enak selimutan mba, hehehehe. Bogor kalau musim hujan nakutin, langit gelap, banyak pohon tumbang.
    Nggak bisa jalan jalan leluasa deh

    ReplyDelete
  18. Makasihhh Mak saran dan tips nyaa.. anak kosan kadang menganggap sepele soal kesehatan 😁 btw aku tahu itu ngambil fotonya dimana hahaha

    ReplyDelete
  19. Happyoneid membantu kita dalam melindungi kesehatan ,tidak hanya di cuaca panas tapi juga hujan

    ReplyDelete
  20. payung selau ada dalam tas walau lagi musim kemarau

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,