Tuesday, 11 December 2018

Signify City Of Light dan Tips Pentingnya Pencahayaan dalam Membuat Vlog



Assalamualaikum,,,

Sebuah lampu digunakan untuk penerangan/pencahayaan akan tetapi bukan yang menghasilkan cahaya yang silau apalagi redup, karena jika lampu tersebut menerangi ruangan kita tentu akan merusak penglihatan lambat laut, maka dibutuhkan sinar yang pas, seperti produk dari Philips yang kini berubah menjadi nama Signify namun produknya tetap bernama Philips.

Brand Philips sangat  sudah melekat ditelinga kita,  Ketika orang berkata lampu pasti tertuju kepada Philips. Nah kini Signify sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan menggelar pameran City of Light di Main Atrium Senayan City Jakarta. City of Light merupakan pameran teknologi pencahayaan pertama kali di Indonesia. Menciptakan Interact IoT platform yang terkoneksi dalam pencahayaan untuk konsumen.

Signify City Of Light dan Tips Pentingnya Pencahayaan dalam Membuat Vlog

Tepat di tengah-tengah Main Atrium berdiri Gaze of Light. Menampilkan ikonik menara 16 meter yang memproyeksikan pertunjukan cahaya (light show). Dengan dekoratif technologi Signify dan aplikasi pencahayaan terkoneksi Interact Landmark. Acara ini diselenggarakan berkolaborasi dengan Senayan City bagian dari perayaan FSTVE Season yang berlangsung mulai 1 Desember 2018 hingga 13 Januari 2019. Interact adalah platform loT dari Signify. Platform ini sangat aman, terukur, berbasis awan (cloud), yang menggunakan manajemen data dan kemampuan pemrosesan data yang modern dan canggih. Termasuk pembelajaran mesin untuk menghadirkan pemahaman segala jenis data.
 
Mas Dede dan Ibu Lea
City of Light merupakan pusat atraksi dari instalasi Main Atrium tahun ini. Dengan menggunakan suara dan efek pencahayaan yang menarik, menara Gaze of Light dan elemen lain di City of Light akan memberikan pengalaman menyenangkan dan menghibur bagi para pengunjung dan keluarga kata Ibu Lea Kartika Indra sebagai Signify Integrated Communications Indonesia

Selain itu di beberapa booth pencahayaan rumah terkoneksi Signify, Philips, juga ditampilkan, Berbagai inovasi tidak ketinggalan bohlam LED terbaru dari Signify. Philips MyCare dengan Interlaced Optics, yang menyebarkan cahaya melalui pola yang terinspirasi dari biji-biji bunga matahari. kemudian ada aplikasi yang bisa didonwload handphone yaitu Philips Hue yang mempunya 16 juta warna dan kita bisa menggunakan handphone sebagia remote control untuk menganti warna ruangan sesuai dengan keinginan kita.

Tombol control untung mengatus lampu ruangan kamar
Kemudian ada Interact. Interact adalah platform loT dari Signify. Platform ini sangat aman, terukur, berbasis awan (cloud), yang menggunakan manajemen data dan kemampuan pemrosesan data yang modern dan canggih. Termasuk pembelajaran mesin untuk menghadirkan pemahaman segala jenis data dan layanan baru bagi 

Penerangan Lampu Philips
Nah, ada terobasan baru dari Signify yaitu LiFI  sebagai bagian dari stan Interact Office & Interact Industry, Signify  juga memperkenalkan luminer yang dapat mengaktifkan LiFi.

Light Fidelity atau "LiFi" merupakan teknologi nirkabel dua arah berkecepatan tinggi yang serupa dengan WiFi namun menggunakan gelombang cahaya sebagai pengganti gelombang radio untuk mengirimkan data dengan cara yang sangat aman. Jadi bisa nih, sekarang untuk internet kita bisa mngandalkan dari cahaya lampu.

Tips Pentingnya Pencahayaan dalam Membuat Vlog

Diacara kemarin juga ada vlogger yang hadir yaitu Mas Dede Ariyanto, yang membagikan tips tentang pentingnya  pencahayaan dalam membuat vlog Katanya sih untuk membuat video tidak harus menunggu mempunyai alat yang lengkap. Buat saja video terus maka makin lama kita makin trampil dan tidak  akan ada miss lagi.

Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut

Gunakan aplikasi yang ada di handphone jika kita memang belum mempunyai kamera
Misalkan
  • Movie Maker
  • Sony Vegas
  • Pannacle Studio
  • Adobe Premiere Pro
  • iMovies
  • Wondershare Filmora
  • Final Cut Pro dan lain-lain.

Begitupun dengan proses editing. Dalam mengedit video tidak ada yang sekali jadi, dibutuhkan waktu 2 – 7 hari untuk menghasilkan video yang bagus. Sama halnya proses editingpun menggunakan  aplikasi yang ada handpohe kita seperti KineMaster Pro, FilmoraGo, Quick dan Viva Video

Pencahayaan, ada baiknya ketika membuat video usahakan membuatnya pada waktu goldent our yaitu Pagi antara jam 6 -9 siang dan Sore antara jam 4 – jam 6 sore, Namun ketika hujan atau memang  kita punya waktunya malam hari maka kita perlu bantuan cahaya lampu. Kita bisa mengatus datang cahaya lampu seperti gambar dibawah ini.
 
skema pencahayaan jika didalam ruangan
Demikianlah tips-tips yang diberikan oleh Mas Dede Ariyanto.Kata Ibu Lea lampu Philips pun bisa membantu menghasilkan pencahayaan yang baik ketika foto produk ataupun ketika membuat vlog. Secara teori kita suda dapatkan dan  memang terlihat mudah, tinggal tunggu prakteknya dan jangan lupa terus mencoba. Bisa karena terbiasa sepertinya itu yang dipakai Mas Dede dan Icha istrinya dalam setiap viedo vlog buatannya.

Semoga bermanfaat ya.



12 comments :

  1. pengen juga ngeVlog tapi belum PD itu lho mbak, masih takut jadi artis :D

    ReplyDelete
  2. ih hebat ya mas Dede itu. Aku masih susah nih buat konsisten ngevlog. Editing dan pencahayaan pegang peran luar biasa ya.

    ReplyDelete
  3. whaaa aku naksir lampu Philips yang bisa berubah warna. Bisa atur ruangan sesuai mood. Berapa ya harganya? Ini tuh sepaket atau gimana belinya?

    ReplyDelete
  4. Mana vlogmu mbaa? Ntar ajarin aku lho yaa, bener lho, aku pengen bisa

    ReplyDelete
  5. wah gak ngevlog aku, tapi pencahayaan memang penting ya jangan sampai gambar jd buram

    ReplyDelete
  6. Hahaha betul banget, itulah sebabnya aku msh blm optimasi YT. Hebat banget, salut buat yg konsisten isi konten YT-nya, kalau aku msh blm bisa. Pencahayaan yg bagus emang salah satu hal penting buat bikin video kece yaaa.

    ReplyDelete
  7. Masya Allah cantik banget ya mbak lampunya, bener banget ya pencahayaan yang bagus jadi kunci buat video yang keren

    ReplyDelete
  8. Kemarin saya sih sudah buat studio mini gitu kak, tapi belum beli lampunya, bisa nih jadi referensi, soalnya saya butuh beberapa item untuk menghasilkan pencahayaan yang cukup di dalam ruangan.

    ReplyDelete
  9. tempat tidurnya, simple kek gitu dan rapi yaah, rumah aku mau juga lah kek gitu, biar berasa malam penganten terus, hahaha

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen nginap di sana Mbk, lampunya keren banget bakal nyaman tidur ya

    ReplyDelete
  11. lampu2 di rumah juga semua pakai philips, semua keluarga kalo rekomendasiin lampu nyuruhnya beli philips emang top banget udah

    ReplyDelete
  12. Nah iniii, pencahayaan emang jadi salah satu poin penting saat bikin video. Yang nonton juga asik liatnya klo videonya ga suram

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ