Thursday, 6 December 2018

Mengunjungi Wisata Candi Prambanan



Assalamualaikum…

Waktu bulan juli kemarin selain berkunjung ke Borobudur saya sempat mampir juga ke Candi Prambanan, yang merupakan salah satu candi yang sangat terkenal di Indonesia. Bahkan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia tahun 1991, selain Candi Borobudur tentunya. Sementara Candi Borobudur yang merupakan candi Budha, Candi Prambanan sendiri merupakan salah satu kompleks candi Hindu. Untuk harga tiket masuk ke Candi Prambanan adalah Rp 40.000.

Walaupun demikian, kedua candi terbesar di Indonesia ini berlokasi di Jawa Tengah dan dengan demikian membuktikan bahwa kedua agama pada masa itu hidup dengan rukun berdampingan. Bukan hanya itu saja, dengan adanya kedua candi ini membuktikan majunya peradaban manusia zaman itu. Sebab mereka bisa membangun candi megah tanpa adanya teknologi seperti sekarang ini. Tentunya menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mengunjungi Wisata Candi Prambanan
Di Candi prambanan kita  bisa melakukan berbagai macam aktivitas & rekreasi yang tentu saja menyenangkan. Salah satunya ialah mengetahui sejarah dan sesi sastra Hindu. Salah satunya seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan juga mempunyai relief candi yang merupakan rangkaian cerita. 
                                                                                   
Masuk lewat pintu Timur dan mengelilingi candi Trimurti searah jarum jam. Untuk relief bagian dalam pagar memiliki dua cerita yakni cerita Ramayana dan Krishnayana. Jika anda tidak tahu bagaimana membaca relief tersebut kita bisa menggunakan jasa pemandu di kompleks Candi Prambanan.

Relief yang menceritakan Rara Jonggrang
Selain wisata sejarah,  juga bisa hunting foto yang saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat. candi Prambanan ini ternyata juga menjadi spot favorit para fotografer untuk mengambil foto yang bagus. Candi Prambanan akan terlihat sangat megah berdiri sebagai latar dari foto anda. saat malam hari tiba, anda akan disuguhkan pemandangan yang menarik lengkap dengan lampu yang menuju ke Candi Trimurti. Ketiga candi dewa tersebut terlihat lebih megah dengan diterangi cahaya keemasan yang membuat candi semakin menawan.

Relief Pangaran Bondowosa
Di Candi Prambanan kita juga bisa mengelilingi kompleks candi dengan berjalan kaki. Kanan kiri kompleks candi ditanami pohon – pohon yang cukup banyak, sehingga kita seperti berjalan di sebuah taman yang luas. akan tetapi jika kesini siang hari jangan lupa membawa payung atau topi karena lumayang panas.

Aktivitas yang bisa dialkukan di Candi Prambanan
Berbagai macam aktivitas menarik tentu saja bisa kita lakukan di Candi Prambanan. Bisa berkunjung ke beberapa tempat menarik yang ada di sekitar candi. Dengan berbagai macam fasilitas penunjang, membuat para pengunjung merasa nyaman tentunya. Kita bisa juga  mengendarai kereta mini untuk berkeliling di sekitar candi. Beragam souvenir khas Candi Prambanan juga ada di area candi atau berada di pintu keluar kompleks candi.

Apabila jika ingin mendapatkan sensasi berbeda di candi ini, bisa datang ketika malam bulan purnama jam 8 hingga 10 malam. Akan digelar sebuah pertunjukan seni sendratari Ramayana di panggung Trimurti dengan latar belakang ketiga candi dewa. Namun pertunjukkan ini hanya dibuka saat musim kemarau. Sebab saat musim hujan, panggung akan berada di panggung tertutup bukan lagi panggung terbuka.

Lokasi Candi Prambanan
Lokasi Candi Prambanan berada di dua provinsi dan dua kabupaten yakni Yogyakarta, Sleman, Klaten, serta Jawa Tengah. Untuk yang berlibur bersama rombongan dengan bus pariwisata  dan tidak perlu khawatir, sebab tentu saja kita akan langsung diantarkan kemana saja yang kita inginkan.

Jika ingin menggunakan kendaraan umum di Jogja maka kita bisa menaiki bus trans Jogja 1A melalui Jalan Malioboro dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Namun jika naik bus Jogja – Solo, maka bisa langsung turun di kompleks Prambanan. Jika kita dari bandara Adisucipto maka bisa menggunakan taksi sekitar 15 menit perjalanan.

Candi Prambanan dibuka jam 6 pagi  sampai sore hari jam 5, namun jika ingin melihat pertunjukan sendratari maka kita bisa datang malam hari, tentunya setelah membeli tiket. Jam buka itu sama bahkan saat saat libur nasional sekalipun, kecuali ketika nyepi tiba.

Di Candi Prambanan kita juga masih bisa melakukan berbagai macam aktivitas dan rekreasi yang menarik. Berkunjung ke tempat wisata sejarah bukan lagi hal yang membosankan jika bisa memanfaatkan spot – spot menarik yang ada di sekitarnya. Apalagi Candi Prambanan merupakan salah satu kebanggan tersendiri bagi Indonesia. Berkunjung ke cagar budaya termasuk candi ini merupakan wujud cinta saya terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah ini, Ada banyak cerita tersembunyi disetiap relief yang ada pada dinding candi, yang akan membuat kita takjub untuk datang kembali mengunjungi Candi prambanan.

Nah teman, kamu kapan datang ke Candi Prambanan? tentu akan mempunyai cerita menarik ketika berada ditengah-tengahnya. Jadikan berkunjung ke candi-candi yang ada menjadi list travelling yang harus dikunjungi

Semoga bermanfaat ya.

Alamat
Candi Prambanan
Jl. Jogja-Solo Km. 16 Prambanan, JogJakarta, Jawa Tengah

10 comments :

  1. aku mau ajak anak ke prambanan, tapi kata suami kasihan masih kecil, panas soalnya. mungkin nunggu agak gedean dulu yaaah

    ReplyDelete
  2. Daku terakhir ke candi prambanan waktu study tour sekolah, jadi kangen mau ke sana lagi, karena epik dan elok

    ReplyDelete
  3. Kalau ke Yogyakarta ke candi borobudur bisa dipastikan aka ke candi prambanan juga. Sudah sepakat itu mah hehehe...

    Kami ke sana sekitar 4 tahun lalu, waktu usia Fahmi batu 6 bulan
    Kemarin ke Yogya belum ke candi2 lagi tapi lokasi wisata lainnya saja

    ReplyDelete
  4. Wah terakhir ke prambanan kapan ya...sudah lama sekali, jd pengen mengulang kalau main ke kota Yogya... ��

    ReplyDelete
  5. Situs sejarah ssperti prambanan ini paling asyik kalau bareng anak2 sambil mengajarkan ttg sejarah nih..hehe

    ReplyDelete
  6. Rasanya nggak lengkap kalau ke Jogya nggak berkunjung ke sini. Nilai sejarah yang semoga anak anak indonesia banyak yang tahu.

    ReplyDelete
  7. Wow... candinprambanan menyusakan banyak kenangan disana. Pengen berkunjung lagi setelah baca tulisan ini. Bikin rindu soalnya hehee

    ReplyDelete
  8. Prambanan itu emang cantik. Tapi terakhir kesana malah enggak masuk ke candinya, cuma diluar area candi. Mayan sih masih bisa poto dengan begron candi hehehe

    ReplyDelete
  9. Kalau diliat. Detail ukiran dicandi prambanan ini menurutku luar biasa banget dari candi yang lain. Reliefnya bagus fan jalan cerita pewayangannya juga rapi

    ReplyDelete
  10. Sudah lama nggak ke Prambanan. Dan terakhir kesana biaya masuknya masih Rp. 20.000. dan sekarang sudah Rp. 40.000. Wow, sudah berapa lama nggak kesana. klo ke Jogya sudah jarang mampir. Pingin ngajakin anak kesini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,