Saturday, 29 December 2018

Tips Menjaga Rumah Ketika Ditinggal Saat Liburan



Assalamualaikum,…

Sudah siap untuk berlibur bareng keluarga? Libur natal dan tahun baru tentunya identik juga dengan kumpul bareng keluarga besar, menikmati kebersamaan karena sudah lama tidak saling berjumpa. Tentunya jika semua keluarga ikut otomatis rumah ditinggal dalam keadaan kosong. Nah, agar liburan nyaman dan tidak khawatir dengan rumah yang akan ditinggalkan ada beberapa tips menjaga rumah ketika ditinggal saat liburan.

Biasanya sebelum meninggalkan rumah H-1 saya bersih-bersih rumah sedekian rupa, agar nanti ketika berangkat liburan tidak terlalu berantakan, dan selama liburan rumah tetap bersih sehingga setelah kembali pulang ke rumah bisa langsung istirahat.

Tips  Menjaga Rumah ketika Ditinggal Saat Liburan

Pastikan semua jendela dan pintu terkunci
Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika hendak berangkat liburan. Bukan hanya pintu-pintu yang harus dikunci, kadang jendela lupa untuk ditutup. Beberapa orang beralasan agar udara di dalam rumah dapat tetap berganti. Hati-hati! Sekecil apa pun celah jendela yang terbuka, itu dapat memancing pencuri untuk masuk ke dalam.

Cabut semua aliran listrik dan tabung gas.
Nah, yang inipun tidak kalah pentinnya. Sudah sering terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek. Lebih baik mencegah, bukan? Lagipula, mencabut listrik dapat menghemat pengeluaran listrik selama kita tidak di rumah. Jadi matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran. Jika mudik cukup lama, misalnya: 2 minggu, sebaiknya kosongkan isi lemari es, kemudian matikan aliran listriknya. Selain dapat menghemat uang, juga tidak akan menimbulkan bau setelah lama tidak digunakan, serta menghilangkan kekhawatiran. Cabut juga regulator tabung gas, karena meskipun tidak dipakai gas akan tetap mengalir ke selang regulator yang terpasang pada tabung.

Kosongkan Tempat Penampungan Air dan Bersihkan Rumah
Kosongkan bak mandi, ember atau tempat penampungan air lainnya. Jika harus tetap terisi, maka tutup dengan rapat dan taburi bubuk abate untuk mencegah rumah menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Selain itu, jangan meninggalkan sampah organik karena akan mengundang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya. Sebaiknya tutup tempat sampah atau telungkupkan supaya tidak menjadi sarang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya.

Pastikan semua barang berharga sudah diamankan
Ini bukan lebay, ya tapi kehati-hatian diperlukan juga, Jika kita  memiliki benda yang cukup berharga seperti surat-surat tanah, koleksi emas atau perhiasan, serta uang tunai di dalam rumah, pastikan semua benda itu tersimpan dalam tempat paling aman. Jangan diletakkan sembarangan! Jika perlu, milikilah brankas yang dipasang kode pengaman agar semua benda berharga punya tempat yang aman. Sembunyikan sebaik yang kita bisa, di tempat yang tidak akan diduga oleh orang selain kamu dan keluarga.

Beri tahu tetangga bahwa kita akan bepergian
Biasanya saya memberitahu ke tatangga H-1, alhamdulillahnya saya mempunyai tetangga yang tidak punya kampung halaman, jadi rumah bisa sesekali dilihat-lihat dan kadang menitipkan kunci serep pintu gerbang agar dia bisa memakirkan mobilnya di halaman rumah saya. Atau jika memang tetangga saya juga ingin pergi alternativ lainnya saya memberi tahu ke Pak RT atau security, bahwa rumah akan ditinggalkan beberapa hari.

Ikut sertakan asuransi rumah/asuransi kebakaran
Bagi saya rumah yang saya miliki ini, adalah salah satu asset dan merupakan impian selama hampir 12 tahun menikah,  walaupun sederhana ada sejarah yang tidak kami lupakan memiliki rumah ini, mengumpulkan tabungan bertahun-tahun akhirnya bisa membeli secara tunai. Nah karena merupakan asset yang penting, saya ikut asuransi kebakaran/asuransi rumah dari HappyOne.id yaitu Happy Home, walaupun masih banyak orang yang berpikir bahwa asuransi rumah adalah hal yang sia-sia akan tetapi sebenarnya mengasuransikan rumah berarti mengalihkan segala resiko dan beban finansial kepada perusahaan asuransi. Tentu saja, kehilangan rumah sama saja kehilangan aset paling berharga jika tidak ada yang menanggung biaya perbaikannya.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan ketika ikut HappyHome dari HappyOne.id yaitu :
Asuransi rumah memproteksi kita dengan memberikan ganti rugi kepada kita, sebagai pemilik rumah. Adapun ganti rugi tersebut berupa, perbaikan total dan pembangunan kembali, apabila terjadi masalah dengan rumah kita. Untuk asuransi rumah dasar disesuaikan dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia mencakup segala resiko-resiko umum, seperti kebakaran, petir, ledakan, asap, dan kejatuhan pesawat terbang.
 
HappyHome picture by web HappyOne.id
HappyHomePlus

Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :
Memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadi FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of aircraft, smoke) berupa biaya pergantian resiko. Dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu
  • Biaya tempat tinggal sementara
  • Biaya pembersihan puing biaya pemadam kebakaran’
  • Santunan pembelian perobatan kembali akibat kebakaran
myhome
Banyak sekali manfaatnyakan untuk lebih jelasnya silahkan mengunjung web Happyone.id, Lakukan perlindungan sejak dini bagi rumah kita, mengingat betapa pentingnya tempat tinggal bagi saya dan keluarga, maka langkah ini saya ambil. Karena asuransi kebakaran dari HappyHome  yang dapat dilakukan tidak hanya semata memberi perlindungan secara fisik, melainkan juga secara non fisik atau finansial. Karena sesungguhnya kita tidak tahu apa yang terjadi saat kita sedang liburan, mungkin kita sudah waspada dan hati-hati sekali ketika rumah akan ditinggal liburan. Tetapi kita tidak tahu bagaimana dengan tetangga yang lain jika ada yang ceroboh, Kemungkinan terjadi kebakaran misalnya, maka kita sudah merasa aman sebelum kejadian itu menimpa, Walaupun kita tetap berdoa semoga tidak terjadi apa-apa

Semoga Bermanfaat ya.

53 comments :

  1. yang paling sering lupa itu cabut gas, padahal itu penting banget ya hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya kalo mau tinggalin rumah selalu melakukan hal 1,2 & 4. Jarang banget memberitahu tetangga kalo berpergian, ternyata hal itu juga ada manfaatnya yaa. Mulai saat ini, kalo tinggalin rumah, saya beritahu tetangga ahhh, makasih tipsnya, Mba ��

    ReplyDelete
  3. Tipsnya bener semua itu, Mbak. Kayaknya udah pernah aku praktikkan semua. Rumah pun sekarang bisa punya asuransi ya. Aku kira cuma pendidikan aja yang ada asuransi.

    ReplyDelete
  4. Yaah, terkadang memang lupa ya, persiapan meninggalkan rumah adalah persiapan bagaimana rumah aman juga ya.
    Aku pergi sebentar juga aku pastikan api dan air dalam keadaan aman, jaga kewaspadaan deh.
    Apalagi ada asuransi ya, pergi makin tenang deh

    ReplyDelete
  5. Ini bermanfaat banget, terlebih kalau ditinggal mudik lebaran ya, sudah sepi sering ada kejadian rumah dibobol maling ya.
    Bahkan saya berpikir, kalau mau tinggalin rumah pas mudik, mau saya tulis di depannya, bahwa rumah ini dikontrakan/dijual, biar gak dibobol karena dipikir ga ada barangnya hahaha

    ReplyDelete
  6. Setuju mba, kalau bepergian dan rumah kosong yang penting itu cabut semua aliran listrik dan matiin lampu. Yang paling penting lagi asuransi kan rumah di happy one id

    ReplyDelete
  7. Wah poin terakhir yang mengasuransikan rumah ini belum saya lakukan. Padahal penting sekali ya.... Kalau yang lainnya, syukurlah sudah saya praktikan selama ini.

    ReplyDelete
  8. aku belum mengasuransikan rumah ku mbk.. palingan asuransi kerusakan btas aktu dr kpr nya.. hppy one bagus mbk.. asuransinya lengkaap

    ReplyDelete
  9. Liburan kali ini nggak ke mana-mana, yang sering lupa kalau mau bepergin yaitu mencabut semua kontak aliran listrik, padahal penting banget ya, aku pun belum pernah asuransikan rumah

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah kami keluarga yang termasuk jarang bepergian lebih dari semalam Mbak, soalnya keluarga dalam kota semua, hahahaha. Seringnya malah dititipin tetangga disuruh matiin lampu jalannya, diminta tolong juga nyapuin halaman rumahnya. Ini nitip atau nyuruh bebersih sih ya sebenarnya? >.<

    ReplyDelete
  11. Saya termasuk sering nih ninggalin rumah kosong. Klo ke pesantren tpr anak mondok semuanya pengen ikut yasud rumah kosong..tapi ga pernah lama2 sih paling dua hari. Tp siap2 ninggalin rmh kosong jd sdh terbiasa :)

    ReplyDelete
  12. Wah memang penting tuh nitipin ke tetangga biar tau kita pergi jd mereka ikut mengawasi rumah kita juga hehe

    ReplyDelete
  13. Saya sedang tertarik dan dan mencari tahu tentang macam asuransi. Karena jujur saja bagi saya lebih baik mencegah daripada mengobati. Dari blog kak utie saya tau ada happy home.

    ReplyDelete
  14. Kalau mamaku selalu membiarkan radio tetap hidup saat rumah kosong mba, memang sih boros listrik, tapi mama merasa lebih aman karena orang yang lewat mikir di dalam rumah ada orangnya :)

    ReplyDelete
  15. Aku kalo mau mudik pasti woro woro ke tetangga samping kanan kiri depan belakang. Sebelum pergi memastikan semua sudah aman, mulai dari kran, kompor, sampai yang terakhir matikan listrik. Kalo sudah oke semua baru deh mudik ya tenang

    ReplyDelete
  16. Wah iya, gas itu sering lupa dicabut. Kalau liburannya gak lama sih mungkin masih gapapa ya, tapi kalau liburan lebih dari 3 hari kayanya bakalan jadi hal yang diinget inget banget urusan gas ini.

    ReplyDelete
  17. Ya ampun, idem sama mba Kartika, aku tuh paling lupa cabut selang gas pas lama keluar dari rumah.
    Padahal itu penting banget yak.
    Takutnya pas ditinggal, gas bocor ya, mba.

    ReplyDelete
  18. Semuanya selalu dilakukan kalau lagi bepergian lama. Pernah ada kejadian lupa menutup jendela. Eh, kemasukan tikus sampai mati di dalam rumah. Kapok deh abis itu. Harus benar-benar teliti kalau mau meninggalkan rumah

    ReplyDelete
  19. Aduh, bagus banget ino infonya yg berkenaan dengan saranbyg harus diterapkan ketika kita akan meninggalkan rumah utk berlibur. Alhamdulillah asuransivrumah sudah ada

    ReplyDelete
  20. Jadi nyaman ya sudah ada asuransi tapi tetap waspada matiin listrik klo pergi lama pas liburan

    ReplyDelete
  21. Aku kalo pergi tuh cuman ngunci pintu dan jendela aja hahahaha. Titip rumah sama tetangga. Mbah titip omah yo bar kuwi bablas pulangnya bawa oleh2 yang banyak buat tetangga. Malah sering kubci rumah ta tinggal sama tetangga atau sodara jadi mereka bisa ngecek rumah.

    ReplyDelete
  22. Kalau mau pergi berlibur dan meninggalkan rumah memang harus disiapkan dengan baik. Aku selalu cek and ricek sebelum pergi..dan listrik juga harus hati-hati yaaa

    ReplyDelete
  23. Tips menjaga rumah juga mpo lakukan , mpo suka minta tolong tetangga buat jagain rumah. Maklum rumah mpo banyak hewan periharaan yang perlu di kasih makan. Biar binatang tetap sehat dan terawat walau kita sedang liburan.

    ReplyDelete
  24. Aku baru dua tahun ini ikut asuransi kebakaran untuk rumah. Tipsnya setuju semua, dan aku lakukan juga kalo mau pergi lebih dari dua hari. Karena ada orang tua yang rumahnya dekat, jadi ada yang bantuin nengok untuk ngecek ada kiriman surat atau barang pesanan kami. Atau kadang ngecek lampu jalan, takutnya suka mendadak mati

    ReplyDelete
  25. Makasih tipsnya Mbaa. Hampir semua tips yang Mba jabarkan biasanya saya lakukan, kecuali asuransi. Sampe lupa, kalo aauransi juga penting ya buat jaga jaga, gak hanya saat liburan saja, tapi setiap saat, soalnya yang namanya musibah gak tau kapan dtgnya. Semoga sih jangan sampe ya, Mba :)

    ReplyDelete
  26. selain tips di atas, kalo aku dulu ga biasa share gambar selama di perjalanan apalagi kalau rumah kosong. Tapi kalau rumah ada yang jaga si gapapa

    ReplyDelete
  27. semua tipsmu selalu aku terapkan jika akan melakukan traveling kecuali yang asuransi kayaknya. Makasih ya infonya

    ReplyDelete
  28. sekarang di saat banyak bencana alam terjadi, punya asuransi all risk kayaknya perlu juga ya agar lebih tenang pas bepergian

    ReplyDelete
  29. Kalau bepergian suka lupa sama antara matiin kompor dan air. soalnya kan banyak kejadian gara-gara dua hal itu. Untungya ada asuransi ya bunda tenang deh liburannya. btw ada pinaltynya enggak bunda klau asurasni gitu?

    ReplyDelete
  30. tipsnya bermanfaat banget. aku tuh sering was2 kalau ninggalin rumah. ketularan Alm. mamaku. kalau pergi tanpa ada orang dirumah pasti cek semuanya. menjaga keamanan rumah sangat penting.

    ReplyDelete
  31. Demi keamanan, sebelum pergi ke luar rumah, memang baiknya mengechek-nya berulang kali ya,,,Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan

    ReplyDelete
  32. Beri tau tetangga ini yang suka bingung kalo pas mudik lebaran, soalnya pan pada mudik juga. Jadinya ya ke satpamnya deh laporannya 😂

    ReplyDelete
  33. Wow happyone ada asuransi rumahnya to. Sekarang di rumah Depok udh ada gerbang sama satpamnya jadi mereka gantian jaga gitu. Zaman blm ada satpam beneran was2 kalo ditinggal mudik atau liburan

    ReplyDelete
  34. Beritahu tetangga itu penting banget baik yg paling deket maulun yang agak jauh kenapa?biar bisa saling mengawasi zaman sekarang itu beuh maling suka n kad n kasih tau tetangga juga bisa minta tolong buat jetrekin listrik jd rumah ga gelap klo mlm gitu sih klo aku mba

    ReplyDelete
  35. Betul banget nih kudu hati-hati bepergian yang meninggalkan rumah berhari-hari. Senangnya kalau rumah sudah diasuransikan untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi.

    ReplyDelete
  36. Syaa sudah melakukan itu semua juga mba kecuali yang asuransi. Boleh lah kapan2 dicoba wehehe

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah kalau prg selalu jaga2 sih, nah utk asuransi memang belum kayaknya memang perlu juga nih ..

    ReplyDelete
  38. Bagus bgt tipsnya. Sangat berguna buat yg mau bepergian lama. Terimakasih ya sdh mengingatkan ��

    ReplyDelete
  39. Aku juga kalau ninggal rumah Kendal, saklar aku cabutin semua dan juga ngecek tabung gas. Soalnya bakalan ditinggal lama dan ruamah ga ada orang. Aku jadi pengen ya make asuransi gitu biar rumah aman. Sekarang ada happyhome jadi aman ya Mba

    ReplyDelete
  40. Ya ampun rumah mba Utie cakep banget, tapi aku gak pernah diajakin sih ke rumahnya. Mau atuh diajakin ke rumah.

    ReplyDelete
  41. Sama sebelum bepergian aku pastiin semua colokan listrik tercabut. Trus kalau bisa memang pamitan sama tetangga, biar ada yg nengok2 rumah kalau ada apa2. Punya asuransi rumah emang penting ya biar lbh tennag ninggalin rumah.

    ReplyDelete
  42. Aku belum pernah bepergian mudik yang lama. Paling sehari, tapi tetep jaga2 biar aman jaya. Bersyukur ya punya tetangga yang baik

    ReplyDelete
  43. Ini nih yang suka lupa. Padahal saat ini risiko mengintai kita kapan saja di mana saja. Termasuk rumah. Kecelakaan yang terjadi di luar kemampuan kita bisa tetap ada. Kayak korsleting gitu yang bisa bikin kebakaran. Dan asuransi happyHome bisa jadi pilihan untuk meminimalisir risiko yang kita tanggung. Preminya terjangkau, proses belinya pun mudah. Kudu jadi pertimbangan nih.

    ReplyDelete
  44. Setiap mau mudik atau ke luar kota, biasanya semua kabel memang saya cabut, kecuali kulkas yaa.. Tabung gas juga saya lepas.

    Nah, untuk asuransi saya belum pakai. Tapi sambil tutup pintu saat akan berangkat pergi, saya titipkan semuanya pada Yang Mahakuasa. :)

    ReplyDelete
  45. Tipsny aku bgtsss
    Bener mb aplg klo ditinggal lama, bulanan aplg taunan
    Pengalaman pribadi pas ikut dinas suami
    Kalau memungkinkan sama pasang cctv 😂

    ReplyDelete
  46. Aku pengen banget nih mba daftarin happyHome. Biar rumahku terproteksi. Aku jga udh daftar yg HappyMe lho.

    ReplyDelete
  47. Bener banget nih, kalau sudah ada proteksi seperti yang ditawarkan happyone.id ini rasanya jadi enggak was-was lagi ya saat harus bepergian cukup lama gitu dan ninggalin rumah.

    ReplyDelete
  48. Bener banget ya kita perlu informasi agar rumah kita aman saat kita pulang mudik atau perjalanan jauh meninggalkan rumah yang cukup lama nah informasi ini sangat membantu aku Makasih ya Mbak

    ReplyDelete
  49. asuransi kebakaran itu kadang terlewat ya Mbak, diskip begitu aja padahal ini juga penting, kita gak tahu apa yg terjadi di kemudian hari.
    keren yaaa Happyone.id bisa ngasih klaim yg penting2 itu, secara kan ya biaya beli perabotan baru itu juga lumayan menguras, huhuhuh

    ReplyDelete
  50. Dari semua tips yang Mba Utie tuliskan, keluarga saya sudah menerapkannya, kecuali poin yang ikut sertakan asuransi rumah/asuransi kebakaran. Hehehehe. Tapi bagus sih kalau pakai asuransi bisa meminimalisir kerugian hehehehe

    ReplyDelete
  51. Listrik sama tabung gas nih yang jangan kelupaan.
    Berabe urusannya kalau terjadi hal2 yg tidak diinginkan, tetangga juga bisa kena dampak buruknya :(

    ReplyDelete
  52. Ada juga ya ternyata asuransi rumah mba. Penting banget nih untuk jaga2 kalau2 rumah kita terjadi apa2.

    ReplyDelete
  53. Asik yaa sekarang ada asuransi rumah juga. Jadi merasa aman kalau berpergian agak lama untuk liburan atau mudik lebaran. Boleh banget nih asuransinya jadi salah satu referensi buat aku

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih🙏