Saturday, 29 December 2018

Tips Menjaga Rumah Ketika Ditinggal Saat Liburan



Assalamualaikum,…

Sudah siap untuk berlibur bareng keluarga? Libur natal dan tahun baru tentunya identik juga dengan kumpul bareng keluarga besar, menikmati kebersamaan karena sudah lama tidak saling berjumpa. Tentunya jika semua keluarga ikut otomatis rumah ditinggal dalam keadaan kosong. Nah, agar liburan nyaman dan tidak khawatir dengan rumah yang akan ditinggalkan ada beberapa tips menjaga rumah ketika ditinggal saat liburan.

Biasanya sebelum meninggalkan rumah H-1 saya bersih-bersih rumah sedekian rupa, agar nanti ketika berangkat liburan tidak terlalu berantakan, dan selama liburan rumah tetap bersih sehingga setelah kembali pulang ke rumah bisa langsung istirahat.

Tips  Menjaga Rumah ketika Ditinggal Saat Liburan

Pastikan semua jendela dan pintu terkunci
Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika hendak berangkat liburan. Bukan hanya pintu-pintu yang harus dikunci, kadang jendela lupa untuk ditutup. Beberapa orang beralasan agar udara di dalam rumah dapat tetap berganti. Hati-hati! Sekecil apa pun celah jendela yang terbuka, itu dapat memancing pencuri untuk masuk ke dalam.

Cabut semua aliran listrik dan tabung gas.
Nah, yang inipun tidak kalah pentinnya. Sudah sering terjadi kebakaran akibat hubungan arus pendek. Lebih baik mencegah, bukan? Lagipula, mencabut listrik dapat menghemat pengeluaran listrik selama kita tidak di rumah. Jadi matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran. Jika mudik cukup lama, misalnya: 2 minggu, sebaiknya kosongkan isi lemari es, kemudian matikan aliran listriknya. Selain dapat menghemat uang, juga tidak akan menimbulkan bau setelah lama tidak digunakan, serta menghilangkan kekhawatiran. Cabut juga regulator tabung gas, karena meskipun tidak dipakai gas akan tetap mengalir ke selang regulator yang terpasang pada tabung.

Kosongkan Tempat Penampungan Air dan Bersihkan Rumah
Kosongkan bak mandi, ember atau tempat penampungan air lainnya. Jika harus tetap terisi, maka tutup dengan rapat dan taburi bubuk abate untuk mencegah rumah menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Selain itu, jangan meninggalkan sampah organik karena akan mengundang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya. Sebaiknya tutup tempat sampah atau telungkupkan supaya tidak menjadi sarang semut, kecoa dan hewan kecil lainnya.

Pastikan semua barang berharga sudah diamankan
Ini bukan lebay, ya tapi kehati-hatian diperlukan juga, Jika kita  memiliki benda yang cukup berharga seperti surat-surat tanah, koleksi emas atau perhiasan, serta uang tunai di dalam rumah, pastikan semua benda itu tersimpan dalam tempat paling aman. Jangan diletakkan sembarangan! Jika perlu, milikilah brankas yang dipasang kode pengaman agar semua benda berharga punya tempat yang aman. Sembunyikan sebaik yang kita bisa, di tempat yang tidak akan diduga oleh orang selain kamu dan keluarga.

Beri tahu tetangga bahwa kita akan bepergian
Biasanya saya memberitahu ke tatangga H-1, alhamdulillahnya saya mempunyai tetangga yang tidak punya kampung halaman, jadi rumah bisa sesekali dilihat-lihat dan kadang menitipkan kunci serep pintu gerbang agar dia bisa memakirkan mobilnya di halaman rumah saya. Atau jika memang tetangga saya juga ingin pergi alternativ lainnya saya memberi tahu ke Pak RT atau security, bahwa rumah akan ditinggalkan beberapa hari.

Ikut sertakan asuransi rumah/asuransi kebakaran
Bagi saya rumah yang saya miliki ini, adalah salah satu asset dan merupakan impian selama hampir 12 tahun menikah,  walaupun sederhana ada sejarah yang tidak kami lupakan memiliki rumah ini, mengumpulkan tabungan bertahun-tahun akhirnya bisa membeli secara tunai. Nah karena merupakan asset yang penting, saya ikut asuransi kebakaran/asuransi rumah dari HappyOne.id yaitu Happy Home, walaupun masih banyak orang yang berpikir bahwa asuransi rumah adalah hal yang sia-sia akan tetapi sebenarnya mengasuransikan rumah berarti mengalihkan segala resiko dan beban finansial kepada perusahaan asuransi. Tentu saja, kehilangan rumah sama saja kehilangan aset paling berharga jika tidak ada yang menanggung biaya perbaikannya.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan ketika ikut HappyHome dari HappyOne.id yaitu :
Asuransi rumah memproteksi kita dengan memberikan ganti rugi kepada kita, sebagai pemilik rumah. Adapun ganti rugi tersebut berupa, perbaikan total dan pembangunan kembali, apabila terjadi masalah dengan rumah kita. Untuk asuransi rumah dasar disesuaikan dengan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia mencakup segala resiko-resiko umum, seperti kebakaran, petir, ledakan, asap, dan kejatuhan pesawat terbang.
 
HappyHome picture by web HappyOne.id
HappyHomePlus

Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :
Memberikan perlindungan bagi rumah tinggal akibat terjadi FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of aircraft, smoke) berupa biaya pergantian resiko. Dilengkapi manfaat tambahan lainnya, yaitu
  • Biaya tempat tinggal sementara
  • Biaya pembersihan puing biaya pemadam kebakaran’
  • Santunan pembelian perobatan kembali akibat kebakaran
myhome
Banyak sekali manfaatnyakan untuk lebih jelasnya silahkan mengunjung web Happyone.id, Lakukan perlindungan sejak dini bagi rumah kita, mengingat betapa pentingnya tempat tinggal bagi saya dan keluarga, maka langkah ini saya ambil. Karena asuransi kebakaran dari HappyHome  yang dapat dilakukan tidak hanya semata memberi perlindungan secara fisik, melainkan juga secara non fisik atau finansial. Karena sesungguhnya kita tidak tahu apa yang terjadi saat kita sedang liburan, mungkin kita sudah waspada dan hati-hati sekali ketika rumah akan ditinggal liburan. Tetapi kita tidak tahu bagaimana dengan tetangga yang lain jika ada yang ceroboh, Kemungkinan terjadi kebakaran misalnya, maka kita sudah merasa aman sebelum kejadian itu menimpa, Walaupun kita tetap berdoa semoga tidak terjadi apa-apa

Semoga Bermanfaat ya.

No comments :

Post a comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, Jangan tinggalkan Link URL BlogPost ya,,, makasih­čÖĆ