Sunday, 28 October 2018

Film 3 Dara 2, Antara Belajar Menghargai dan Rasa Solidaritas



Pekerjaan seorang istri dara mulai bangun tidur hingga kembali tidur diantaranya mencuci, memasak, membersihkan rumah dan mengurus anak-anak adalah rutin yang dilakukan setiap hari pekerjaan yang begitu banyak akan tetapi mampu dilakukan seorang diri, mungkin sekilas dianggap enteng, dianggap sebelah mata, bahkan terkesan istri yang bekerja dirumah itu adalah “Tidak Bekerja” dalam artian tidak bisa menghasilkan uang.

Film 3 Dara 2, Antara Belajar Menghargai dan Rasa Solidaritas 

Nah dalam film 3 Dara 2 ini, ada yang pesan yang dibawa oleh sutradara Monty Tiwa. Bahwa pekerjaan rumah tangga itu adalah sulit tidak ada yang bisa melakukannya kecuali seorang perempuan. Film 3 Dara 2 bercerita tentang sebuah keluarga kecil dari Grace (Ovi Dian) dan Jay (Adipati Dolken) yang sudah menginjak usia tiga tahun pernikahannya. Sementara itu ada juga dua pasangan lainnya yang juga sudah mempunyai hubungan romantis dan harmonis dengan keluarganya masing-masing. Aniek (Fanny Fabriana) dan Affandy (Tora Sudiro) telah menikah serta sedang asyik dalam menggeluti bisnis online. Ada juga Kasih (Rania Putri) dan Richard (Tanta Ginting) yang sudah mendapatkan sebuah restu untuk menuju ke jenjang pernikahan.

Disisi lain ada sebuah kejadian atau kutukan yang menimpa Affandy, Richard dan Jay. Kutukan tersebut menimpa ke tiga cowok tersebut lantaran menganggap remeh perkerjaan rumah tangga yang biasanya sering istri mereka lakukan. Hal yang anggap sepele oleh ketiga suami ini  malah membuat mereka bangkrut. Akhirnya Jay, Affandy dan Richard memutuskan untuk tinggal di rumah Eyang Putri (Cut Mini), ibu Anie

Semua kejadian tersebut bermula ketika 3 Dara ini mencoba untuk berbisnis dengan pak Bowo (Dwi Sasono), yang akhirnya membuat mereka menjadi bapak rumah tangga, terpaksa 3 Dara tersebut tinggal bersama keluarganya di rumah Eyang Putri (Cut Mini). Eyang Putri memiliki sifat yang galak dan tidak menyukai Afandi, dia juga mempunyai ajudan yang tidak kalah menyebalkan bernama Jentu (Soleh Silihun). 
 
Tora Sudir0, Tanta Ginting dan Adipati Dolken

Perpaduan Karakter
Film 3 Dara 2, berhasil mengkombinasikan 3 aktor yang punya penggemarnya sendiri dibelantika perfilman tanah air. Pamor Tora Sudiro yang pada jamannya selalu hits, saya adalah salah satu penggemarnya, identik dengan peran komedinya. 
Adipati Dolken bukan sekedar aktor muda yang namanya terus berkibar tahun ini, basis penonton muda terutama remaja adalah target untuk menjangkau jumlah penonton agar tertarik ke bioskop. Nama terakhir, Tanta Ginting adalah aktor baru yang namanya semakin melejit. Tahun ini, entah sudah berapa banyak kesuksesan yang berhasil ia perankan menjadi modal utama bagi pihak film untuk menggunakan jasanya sebagai pendobrak baru pemain yang masih segar.

Kekuatan cerita
Film ini tidak memasukkan unsur komedi berlebihan dan tidak ada pemain dengan karakter khusus yang spesialis membuat penonton tertawa. Cukup Tora Sudiro yang dikenal penonton Indonesia punya personal branding sebagai aktor komedi. Saya menikmati film ini dengan sangat baik. Bahkan tceritanya sangat kuat. Seperti film petualangan yang tidak melewatkan bagian-bagian penting dari cerita sebenarnya. Penampilan lain yang membuat kita tertawa adalah peran Cut Mini sebagai Eyang Putri

Unsur edukasi belajar menghargai dan rasa solidaritas
Rasa penghormatan terhadap kaum perempuan sebagai ibu rumah tangga  adalah garis besar kesimpulan film ini. Jangan meremehkan mereka dan jika sudah berumah tangga hendaknya komunikasi yang perlu diantara suami istri, jangan pernah menyimpan rahasai apalagi jika itu masalah keuangan. Kemudian rasa persahabtan yang solid diantara mereka bertiga, ketika susah senang mereka tetap ada. Saling membantu walaupun kadang ide yang mereka keluarkan sebenarnya salah.

NoBar di Blom M square picture by Mba Ela

Film sangat cocok untuk yang sudah berumah tangga ataupun yang akan mulai, agar kelak bisa mengambil contph bagaimana nanti jika mengahadapi istri, begitupun sebaliknya. Selain Tora Sudiro, Adipati Dolken, dan Tanta Ginting, film 3 Dara 2 dibintangi oleh Rianti Cartwright, Ayushita, Sarah Aryo, Hengky Solaiman, Indra Birowo, Lembu Jati, Richard Oh dan DJ Yasmine. Bagaiman ending dari film 3 Dara 2 ini, teman bisa saksikan dibioskop-bioskop terdekat mulai tanggal 25 Oktober 2018

Selamat menyaksikannya ya, ditunggu tanggapannya setelah nonton!

Film 3 Dara 2.

Tora Sudiro sebagai Afandi
Adipati Dolken sebagai Jay
Tanta Ginting Sebagai
Cut Mini Sebagai Eyang Putri
Fanny Febriana sebagai Aniek
Ovi dian sebagai Grace
Rania Putri sebagai Kasih
Soleh Solihun sebagi Jentu
Dwi Sasono sebagai Bowo
Sutrada Monty Tiwa.




No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,