Sunday, 28 October 2018

Menikmati Jogjakarta 3 Hari 2 Malam


Assalamualaikum.

Jarak memang tidak memisahkan untuk terus berhubungan, begitupun saya dengan sahabat kuliah yang sudah hampir 15 tahun bersahabat. Setelah menamatkan kuliah di Perancis Zee teman saya menetap di Jogjakarta, membuka butik kecil-kecil hasil rancangannya. 2 bulan lalu tepatnya bulan Agustus, Zee diundang untuk mengadakan show tunggal diacara event fashion di Jakarta, sebagai rasa syukur dia mengundang saya untuk syukuran ke Jogjakarta sekaligus menikmati Jogjakarta 3 Hari 2 Malam.

Berhubung acaranya bertepatan dengan long weekend, jadi harus hunting tiket lebih awal ini, karena suka banget naik kereta api akhirnya mencoba pesat lewat pegipegi.com dan ternyata yeaay dapat tiket pulang pergi sekaligus. Travelling  dengan kereta api selain menghemat budget juga nyaman menurut saya. Ternyata tidak sulit untuk memesan tiket kerata lewat pegipegi.com hari senin saya pesat tiket untuk keberangkatan jumat pagi dan balik kembali ke Jakarta Minggu pagi dengan mudah saya bisa lakukan, intinya kalau pesan tiket online ada spare waktu jangan dadakan. Kalau misalkan musim mudik lebaran mungkin harus spare waktu selama 1 bulan, kalau long weekend spare antara 4 hari sampai 1 mingguan kuncinya.



Cara mudah memesan kereta api lewat pegipegi.com

Cara memesan tiket kereta api di pegipegi.com sangat praktis dan mudah. Cukup mengakses situs pegipegi.com dari PC/laptop. Pembelian tiket secara online dapat menjadi alternatif bagi kita yang memiliki kesibukan padat sehingga tidak sempat mengantri tiket di stasiun. Cukup kunjungi situsnya dan dapatkan tiket sesuai dengan jadwal traveling yang sudah dibuat.

Pilih Tiket Sesuai Kebutuhan
Setelah sukses masuk ke dalam situsnya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih kelas yang diinginkan (Eksekutif, Bisnis, Ekonomi), jumlah tiket yang dipesan, dan klik tombol Cari Tiket. Tunggu beberapa saat hingga muncul hasil pencarian. Pengguna juga bisa memilih stasiun tujuan terdekat dengan lokasi menginap. Ada keuntungan tersendiri yang bisa diperoleh pengguna jika memesan tiket lewat pegipegi.com, yaitu bisa memilih kursi yang diinginkan. Caranya sangat mudah. Setelah mengisi data Kontak dan data Penumpang, akan muncul pembayaran. Nah, kta bisa memilih opsi pindah Kursi untuk menentukan mana kursi yang paling nyaman selama perjalanan.

Pembayaran Mudah
Setelah berhasil booking tiket yang diperlukan, kita  bisa melakukan pembayaran dengan metode Bank Transfer atau Kartu Kredit. Jangan lupa lakukan konfirmasi pembayaran. Pihak pegipegi.com akan mengirimkan e-mail balasan mengenai pembayaran yang sudah dikonfirmasikan.

Menukarkan E-Ticket
Jika konfirmasi pembayaran sukses dilakukan, e-ticket akan dikirim secara otomatis ke alamat email kita. Selanjutnya, harus menukarkan e-ticket dengan tiket kereta api di stasiun keberangkatan dengan cara menunjukkan kode booking yang tertera kepada petugas loket. Pilihan lain, kita  bisa mencetak tiket secara mandiri di mesin pencetak tiket kereta api dengan cara mengetikkan kode booking pada mesin tersebut.


Malioboro Jogjaku
Malioboro

Setelah sampai stasiun Jogjakarta langsung di ajak ke rumahnya yang sekaligus menjadi tempat butiknya setelah isitirahat sebentar mulai explore Jl. Malioboro, Malioboro sekarang banyak berubah banyak bangku berukir cantik di pinggir jalan trotoar lebih luas dan rapi. Jl Malioboro ini yang membentang dari Tugu Jogjakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Jogjakarta secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro dan Jalan Margo Mulyi. Jalan Malioboro merupakan poros garis imajiner keraton Jojakarta. Penamaan Malioboro konon berasal dari nama seorang anggota kolonial Inggris yang dulu pernah menduduki Jogja bernama Marlborough.

Kolonial Belanda membangun Malioboro di pusat kota Jogjakarta pada abad ke-19 sebagai pusat aktivitas pemerintahan dan perekonomian. Secara simbolis juga bermaksud untuk menandingi kekuasaan Keraton atas kemegahan Istananya yang mendominasi kawasan tersebut. Apa sih kestimewaan di Jalan Malioboro dibanding dengan jalan lain di Jogjakarta mungkin karena pusatnya pedagang kaki lima disini yang menjajakan kerajikan khas Jogja dan warung-warung lesehan dimalam hari yang menjadi ciri khas juga tempat berkumpulnya seniman yang sering mengekspresikan seni. Setelah puas berjalan dan kemudian menikmati Mie Jawa yang selalu bikin kangen. akhirnya kembali kerumah karena tidak sadar sudah pukul 12 malam.
Candi Boribudur
Candi Borobudur

Kesekon harinya menuju Candi Borobudur  jarak tempuh dari Maliboro ke candi Borobudur 40 kilometer berangkap pagi sekali agar tidak terlalu panas-panas di Candi Borobudur. Hanya 1 jam sudah sampai  dan, pesan tiket paket Candi Borubudur – Candi Prambanan Rp 75,000 untuk dewasa kalau anak kecil Rp 35.000. Tidak bosan-bosan datang kesini 1 dari yang termasuk 7 keajaiban dunia hanya campuran batu dan pasir candi Borobudur ini kokoh sampai sekarang. Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama. Di setiap stupa terdapat patung Buddha. Sepuluh tingkat menggambarkan filsafat Buddha yaitu sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha di nirwana. Kesempurnaan ini dilambangkan oleh stupa utama di tingkat paling atas. Struktur Borobudur bila dilihat dari atas membentuk struktur mandala yang menggambarkan kosmologi Buddha dan cara berpikir manusia.

Arti nama Borobudur yaitu biara di perbukitan, yang berasal dari kata bara (candi atau biara) dan beduhur (perbukitan atau tempat tinggi) dalam bahasa Sansekerta. Karena itu, sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini sejak dulu digunakan sebagai tempat ibadat penganut Buddha.

Semakin siang semakin panas jangan lupa kalau kesini memakai sunblock atau membawa payung. Dan sabtu ini banyak sekali pegunjung, karena sudah terlalu siang akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke Jogja, sesampai Jogjakarta mampir dulu ke daerah jalan Wijilan sebelah timur Alun-Alun Utara Jogjakarta  daerah tempat pertama awal mulanya muncul Gudeg Jogja. Setelah  makan kita jalan kaki sekitar alun-alun dan naik becak menuju Tugu Jogjakarta dan Benteng Vredeburg,  yang didirikan pada tahun 1765. Sekarang benteng tersebut dikenang menjadi sebuah museum.
Tugu Jogjakarta
Puas jalan-jalan akhirnya pulang kerumah karena besok pagi harus balik ke Jakarta. Kalau mau explore Jogjakarta tidak cukup kalau hanya 1 harian, karena masih banyak tempat-tepat yang menarik yang harus dikunjungi.

Setelah menulis ini jadi kepingin ke Jogjakarta lagi, kengen suasana malam di Malioboro terlebihsih kangen ngobrol sampai pagi bersama Zee, oh iya teman sebelum pesan tiket kereta api lewat pegipegi.com jangan lupa spare waktu keberangkatan usahakan jangan mendadak, siapkan dokumen seperti KTP, kemudian melakukan pembayaran paling enak sih pakai mobile bangking agar tidak usah ke ATM, Nah setelah mendapatkan kode booking segera print.

Sampai bertemu lagi dikisah travelling selanjutnya semoga bermanfaat ya.


*sejarah Jogjakarta diambil dari buku jogjaku




  












16 comments :

  1. Aku baru aja balik dua minggu lalu dari Jogja, dan udah main ke sana lagi. Terlalu kangen!

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ke Yogyakarta tapi belum pernah ke Borobudur hehehe... Kalo pesen kamar hotel di pegipegi.com kena biaya tambahan lagi ga ya?

    ReplyDelete
  3. aku pernaaah naek kereta api sama Raya, dan menurut aku salah milih jam hahahaha, karena berangkat malem dan lampu kereta ngga dimatiin, raya ngga bisa tidur, jadi rewel.. udah gitu saking lamanya nanya mulu, udah nyampe apa belom... cape deeeh hahaha :D next time pengen nyoba naek kereta api lagi, tapi yg deket aja ke Bandung biar ngga ada pertanyaan.. udah nyampe belum (sampe ratusan kali) :D

    ReplyDelete
  4. Kangen Jogjaaa banyak yang baru di sana

    ReplyDelete
  5. Aku baru tau artinya Borobudur hehe
    Anakku dong protes keras pas lihat foto-foto emaknya di Borobudur, gak ada dia soalnya
    Lha pas aku ke sana dia belum lahir, piye jal
    Sekarang punya hutang sama dia, suatu hari mau ajak ke Borobudur

    ReplyDelete
  6. Saya terakhir kali ke Jogja menginap di jalan Wijilan. Udah pengen banget cobain gudegnya, tapi malah enggak beli sama sekali. Sampai rumah jadinya menyesal :D

    ReplyDelete
  7. Aku penyuka kereta Dan paling senang Naik kereta kalau bepergian via darat, Dari jogja ke magelang lumayan ya jaraknya, cuma aku gak kuat di Candi borobudur soale panas Salah sendiri sih waktu itu datengnya pas siang terik banget

    ReplyDelete
  8. Jadi kangen sama Yogya. Entah kenapa, sekeping hati saya kayak keitnggalan di sini, yang bikin mau ke sini dan ke sini lagi...padahal ngga pernah punyan kisah asmara di sini hahahahahhaa

    Apalagi kalau pas subuh-subuh sampai di stasiun kereta bYogya, duh..langsung dengar lagunya Katon bagaskara, baperrrrrr....

    ReplyDelete
  9. Iya ke jogja ga cukup cuma 1 hari, dulu saya 3 hari tetep aja banyak yg belum dieksplor

    ReplyDelete
  10. Jogja emang ada aja yg bisa di-explore ya mbak. Aku aja bolak-balik Jogja pasti ketemu hal baru yg seru.

    ReplyDelete
  11. Jogja emang ngangenin. Aku mah pengen banget bisa seminggu di sana biar puas. Soalnya suami aku mah ga terlalu suka ke Jogja, jadi kalau sukses geret suami nyampe Jogja kudu lama.

    ReplyDelete
  12. Jogja...selalu bikin kangen .. Ah, setelah baca ini jadi pengen jalan2 ke sana lagi deh. Capcus ke PegiPegi ah...

    ReplyDelete
  13. Udah 2 kali main ke Borobudur tapi blom bosan2 hehe. Next kalo mampir jogja lagi mau sempetin main ke Borobudur lagi lah wkwk

    ReplyDelete
  14. Baca artikel ini jadi kangen Yogyakarta, kangen Candi Borobudur, kangne jalan-jalan di Maliobor, bisa liburan diYogyakarta tuh sesuatu banget ya, mba

    ReplyDelete
  15. Jogya itu magis hahaha bikin betah dan romantis bawaannya. Pulkam kemarin nggak stay. Tapi singgah beberapa jam aja udah senang.

    ReplyDelete
  16. perjalanan antar daerah, seperti ke Yogyakarta, aku juga suka menggunakan kereta. Lebih menikmati perjalanan, apapun kelas yang dipilih : ekesekutif, bisnis ataupun ekonomi. Bertemu dengan kawan dan berjalan-jalan wisata. Siap-siap booking tiket.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,