Monday, 15 October 2018

Aplikasi Sipindo Sahabat Para Petani


Indonesia terkenal dengan tanah yang subur, yang penghasilan sebagian masyarakatnya adalah dari pertanian. Ingat tidak pelajaran sejarah dulu Belanda dan Portugis menyerang Indonesia karena ingin menguasai hasil pertanian Indonesia yang subur. Maka setelah merdeka wajiblah bagi kita untuk mempertahankan Indonesia sebagai negara dengan penghasil pertanian yang maju. Walaupun sekarang banyak gedung-gedung dan perumahan yang menggeser tanah pertanian hingga menyempit sedemikian rupa.

Hal itu disebabkan karena mahalnya untuk mengolah sebuah  sawah dan sulitnya mencari bibit unggul, juga hampir rata-rata sawah di Indonesia adalah sawah tipe tadah hujan, yang mengandalkan hujan untuk memulai menanam. Perubahan iklim yang kadang menyulitkan para petani dalam membuat rencana tanan secara konsisten. Di Crebon kebetulan adik saya adalah seorang petani, hampir mengeluh karena harus mengeluarkan uang begitu banyak untuk mengolah sawah, membeli bibit, pupuk  tetapi kemudian setelah panen harga menjadi murah meriah.  Melihat hal- hal yang dialami para petani. PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bersama mitra dalam konsorsium G4AW SMARTseeds meluncurkan penambahan fitur terbaru pada aplikasi Sistem Informasi Pertanian Indonesia (Sipindo). Untuk menjadikan Aplikasi Sipindo sebagai sahabat para petani.

Aplikasi Sipindo Sahabat Para Petani

flickcom
Managing Director PT East West Seed Indonesia Bpk Glenn Pardede mengatakan, peluncuran penambahan aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds ini diharapkan mampu membantu petani memprediksi cuasa secara detail di derah mereka. Peluncuran aplikasi ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani, ujarnya saat peluncuran Sipindo Powered by Smartseed di Jakarta, pada hari Jumat tanggal 12 Oktober 2018.

Aplikasi berbasis android ini merupakan salah satu upaya perusahaan yang dikenal dengan nama Cap Panah Merah ini memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan petani sayuran di Indonesia. Sejak diluncurkan tahun 2017, aplikasi ini telah dimanfaatkan lebih dari 14.000 petani yang mengaksesnya secara gratis. Ewindo menargetkan pada tahun 2019, jumlah petani yang dapat mengakses dan memanfaatkan aplikasi ini bisa mencapai 100.000 petani.

Selain itu, lewat aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds, petani bisa memperoleh informasi seputar tata cara penanganan hama dan penyakit tanaman, pola dan musim tanam, estimasi waktu panen dan perkiraan jumlah produksi, perkiraan iklim dan cuaca, hingga forum jual beli hasil panen dari pedagang pasar tradisional, serta ritel modern untuk mengantisipasi permainan harga oleh para tengkulak. Aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds ini juga bermanfaat buat penyuluh pertanian dan pedagang. Keuntungan bagi mitra penyuluh adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan petani sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam menganalisa suatu masalah yang dihadapi, kemudian segera memberikan solusi serta penyuluhan dengan cepat dan tepat kepada masing-masing petani.

Peluncuran Sipindo hadir  Ibu Dr, Ir Musdhalifah Machmud, MT selaku Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Petanian Kemenko Perekonomian RI dan  Ibu Ir Sri Wijayanti Yusuf selaku Direktur Perlindungan Tanaman Direktorat Jenderal Hortikultura Kmentrian RI, yang menyambut baik dengan peluncuran Sipindo ini berharap hasil-hasil dari petani Indonesia sekamin membaik dan dapat memenuhi kebutuhan pokok seluruh masyarakat Indonesia.
Bpk Gleen Pardede, Ibu Musdhalufah dan Mr Kees
Picute by Timo
Sementara, pedagang bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari dan membeli produk-produk pertanian sesuai kebutuhan mereka dari petani langsung. Menurut Mr Kees de Ruiter selaku Regional Manager dari ICCO Cooperation Asia Tenggara yang merupakan project leader dari konsorsium SMARTseeds menambahkan, melalui konsorsium kemitraan ini, pihaknya berupaya menyediakan layanan informasi pertanian berbasis data yang akurat dan sesuai dengan lokasi lahan petani.Ini adalah pencapaian baru dan kontribusi kami dalam pengembangan Sipindo melalui fitur Sipindo Powered by Smartseeds, kami berharap layanan informasi pertanian ini menjadi dukungan yang bernilai bagi petani hortikultura Indonesia sehingga mereka mampu meningkatkan produksi secara lebih efektif sekaligus lebih efisien dalam merespon tantangan baru seperti perubahan iklim.

Peluncuran Sipindo apps
Picture by Timo
Kemudian ada penambahan fitur ini untuk mendukung sektor pertanian di Indonesia. Sejumlah fitur baru yang ditambahkan seperti prediksi cuaca dengan resolusi spesial hingga 5 kilometer (km), rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan hasil tes laboratorium, dan rekomendasi pemupukan. Dalam aplikasi ini, informasi yang diberikan berbasis lokasi sesuai dimana lahan petani berada. Dengan ini petani bisa lebih cepat akan menanam apa karena tahu akan cuaca dan kandungan tanah yang akan ditananmnya.

Jadi Manfaat Aplikasi Sipindo
  • Dapat mengetahui peta penanaman sayur di Indonesia
  • Dapat mengetahui informasi harga sayuran di daerah kita maupun wilaya lain di Indoensia
  • Mengetahui rekomendasi pemupukan untuk lahan yang ingin kita tanami
  • Dapat melihat prediksi curah hujan 6 bulan di lokasai lahan kita
  • Dapat melihat perbandingan prediksi curah hujan dengan data CH 30 tahun.
Semoga saja dengan aplikasi Sipindo ini, para petani Indonesia bisa lebih berkembang dan memungkin bisa ekspor hasilnya ke negara lain. Kemarin juga hadir Pak Jaman petani asal daerah Malang setelah memakai aplikasi Sipindo hasil pertaniannya meningkat 20%. Hal ini tentu saja membuktukan bahwa Sipindo bisa membantu para petani. Dan untuk kita Ibu rumah tanggapun bisa memanfaat tanah yang di depan rumah untuk menanam, silahkan download Sipindo melalui playstore disana kita bisa mendapatkan informasi apa yang baik yang harus kita tanam untuk manfaatkan tanah disekitar rumah.

Semoga bermanfaat ya.









12 comments :

  1. Wah keren nih Sipindo. Saya baru tahu ada aplikasi yang bisa bantu para petani ini. Saya mau instal juga ah. Biar banyak ilmu dan wawasan baru terkait dunia sayur mayur. Siapa tahu dapat info solusi hama kebun cabe di rumah saya bisa diatasi...

    ReplyDelete
  2. Saya baru banget dengar tentang aplikasi Sipindo ini. Inovatif banget ya kak, bisa melihat perkiraan cuaca yg dimana sangat penting untuk para petani kita.

    ReplyDelete
  3. Baru denger ini sipindo, mudah2an bisa menjadi jembatan keberhasilan para petani Indonesia yah

    ReplyDelete
  4. Luar biasa aplikasi ini dari peta sampai curah hujan aja tahu. Ini kan berkaitan juga dengan hasil bumi di satu wilayah ya. Petani zaman now wajib tahu ini juga

    ReplyDelete
  5. zaman sekarang makin mudah ya sampe untuk pertanian aja ada aplikasinya. menurutku sipindo pasti bermanfaat banget buat para petani karena fiturnya lengkap serta informatif. kalo kayak gini para petani ga kesulitan untuk mencari informasi dan lebih bisa menghasilkan hasil panen yg baik untuk masyarakat

    ReplyDelete
  6. Ini sangat bermanfaat banget mbak Utie untuk membantu petani, karena ada fitur bisa buat melihat prediksi curah hujan 6 bulan. Dengan begitu kan bisa antisipasi dan menata waktu

    ReplyDelete
  7. Keren ya aplikasinya jadi kita bisa tau juga nih info-info harga sayuran hehe.

    ReplyDelete
  8. Wah, ini aplikasi bagus banget untuk petani kita.. Banyak manfaatnya ya, setidaknya untuk memberikan berbagai informasi seputar giat pertanian di tanah air.. Semoga petani kita makin maju dan bangkit kembali kejayaannya seperti era sebelum ini..

    ReplyDelete
  9. Aplikasi keren. Petani juga melek teknologi dan bisa mendapatkan banyak informasi. Petani tak hanya bergulat dengan pacul, tanah dan pupuk namun smartphone. Potensi seperti ini harus dikembangkan karena kita negara agraris

    ReplyDelete
  10. wah keren banget aplikasinya aku baru tau lho mba. makin maju teknologinya, makin canggih juga buat tau informasi mengenai para petani di Indonesia. saluuut

    ReplyDelete
  11. Aplikasi seperti ini bisa mempermudah para petani yang juga bisa mengaksesnya secara gratis. Petani sudah saatnya maju, semoga para petani yang sudah 'berumur' juga bisa memanfaatkannya dengan kuota internet mencukupi.

    ReplyDelete
  12. Waah kemajuan teknologi informasi uda nyentuh sektor agraris ya.. Udah ada aplikasi untuk petani. Wiih. .Teronasan yang sangat bermanfaat bgt ini, tak hanya bagi petani ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak di blog saya mudah-mudahan bermanfaat, nanti insyaAllah saya akan balik meninggalkan jejak,,, salam persahabatan selalu,